Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita CiamisTingkatkan Mutu Pendidikan, Dua SD di Panawangan Ciamis Ikuti ANBK

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dua SD di Panawangan Ciamis Ikuti ANBK

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer  (ANBK) untuk siswa Kelas V SD di SMP Negeri 3 Panawangan, Senin (22/11/2021).

Ketua Penyelenggara Samsu mengatakan, pelaksanaan ANBK tahun 2021 diikuti dua SD di Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis yang dinilai telah mandiri. Kedua SD tersebut adalah  SDN 1 Sagalaherang dan SDN 2 Nagarajaya. Sedangkan Peserta ANBK merupakan siswa Kelas V dari masing-masing sekolah. 

Samsu, menjelaskan ANBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah serta bertujuan memperbaiki kualitas belajar sekaligus memantau perkembangan sekolah. 

“Inti dari pelaksanaan ANBK tidak lain untuk meningkatkan mutu pendidikan baik dari segi input, proses dan outputnya,” kata Samsu, Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Peternak Kelinci Hias di Ciamis Untung Jutaan, Pesanan dari Malaysia

Ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Panawangan Maman menjelaskan, ANBK merupakan pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah pada tingkat dasar dan menengah. 

“Tujuannya untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi maupun karakter siswa,” katanya. 

Orientasi dari ANBK sendiri, kata Samsu menyangkut pada aspek literasi dan numerasi. 

“Aspek literasi, lebih mengacu pada problem solving (pemecahan masalah) sedangkan aspek numerasi menguji kemampuan untuk mengaplikasikan keterampilan,” tandasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -