Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Atasi Burnout Dengan Ponsel Kala WFH Pandemi Covid-19

Tips Atasi Burnout Dengan Ponsel Kala WFH Pandemi Covid-19

Tips atasi burnout dengan ponsel kali ini akan cocok untuk para pekerja WFH. Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak luar biasa pada kesehatan dan psikis manusia, seperti stres.

Pekerjaan yang awalnya kita kerjakan di kantor atau keluar rumah, kini mau tidak mau harus kita kerjakan secara online atau dari rumah saja.

Hal ini karena pembatasan skala besar yang sudah diterapkan oleh beberapa negara, termasuk Indonesia. Meski, belakangan ini kabar baik terus berdatangan bersamaan dengan penurunan level PPKM.

Beberapa profesi belum bisa bekerja kembali seperti sedia kala. Sehingga sekarang ini apapun masih serba daring atau online. Namun, tentu saja tekanan dari kanan kiri tetap masih berlanjut.

Baca Juga: Cara Cek Refresh Rate HP Untuk Semua Tipe, Mudah dan Praktis

Inilah Tips Atasi Burnout Dengan Ponsel

Istilah burnout kini semakin sering muncul dan digunakan oleh publik. Mengacu pada fenomena kondisi psikis seseorang yang terkena tekanan dari pekerjaan dan berakibat pada fisik.

Kita pasti pernah mengalami stres terkait dengan tekanan tertentu bukan? Kondisi burnout lebih mengarah pada emosional atau kelelahan secara mental dari stres yang berlarut-larut.

Pengaruhnya bisa berasal dari banyak hal yang awalnya sepele. Namun dinamikanya terus-menerus membayangi kita dan menyebabkan kelelahan pikiran.

Nah, bagi Anda yang ternyata sedang mengalami hal seperti ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk bisa mengurangi atau bahkan menyembuhkannya. Jadi, simak ulasan berikut.

Atur Jadwal

Ketika bekerja dari rumah, kita tentu akan beradaptasi ulang bukan? Tips atasi burnout dengan ponsel pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengatur jadwal.

Kita bisa menggunakan note dan alarm pada ponsel sebagai peringatan. Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, tentu kita tetap harus memberikan batasan bekerja.

Meski bekerja dari rumah, kita harus tetap profesional agar lebih efektif. Jangan menyepelekan jam kerja yang molor dan terkesan bisa diandalkan sepanjang waktu.

Hal ini akan berpengaruh pada tekanan fisik dan mental kita secara tidak langsung. Maka dari itu, kami memberikan saran pada Anda untuk mengatur waktu dengan baik. Kapan waktu bekerja dan beristirahat.

Baca Juga: Cara Membuat Link Zoom Meeting di HP Mudah, Ini Tutorial Lengkapnya

Atur Notifikasi dan Kelola Waktu Pribadi

Tips atasi burnout dengan ponsel yang selanjutnya bisa Anda siasati ini cukup penting. Karena kita biasanya aktif menggunakan ponsel sepanjang hari. Akan lebih baik jika mengatur notifikasi yang bisa mengurangi tekanan.

Pasalnya, ketika ada notifikasi masuk pada jam istirahat atau bahkan sudah tak pada jam kerja, biasanya kita akan terkena trigger atau tekanan tersendiri. Untuk meminimalisir hal tersebut, kita bisa mengelola waktu.

Dengan hal ini, kita tetap bisa bermain ponsel, namun tidak akan terkena teror dari notifikasi yang masuk. Atur penggunaan dan akses pada aplikasi tertentu yang Anda gunakan saat bekerja.

Kesadaran Kesehatan dan Berolahraga

Ketika menghabiskan hampir seluruh hari berada di rumah saja, tentu kita hanya bergerak minim. Hal seperti ini tentu akan berakibat buruk pada kesehatan tubuh secara fisik.

Oleh karena itu, manfaatkan ponsel untuk mengakses aplikasi dan konten mengenai kesehatan. Bahkan kita tetap bisa berolahraga sendiri ketika berada di rumah.

Hal seperti ini bisa kita akses dengan mudah bahkan gratis. Gunakan kata kunci yang sering muncul seperti olahraga rumahan atau olahraga from home.

Tips atasi burnout dengan ponsel bisa kita lakukan dengan mengakses hal bermanfaat seperti ini. Tetap terjangkau dan tentu saja mendukung kesehatan fisik secara baik.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Private Safe di HP, Simpan Data Penting Lebih Aman!

Berkomunikasi pada Kenalan

Hal penting yang tetap harus kita lakukan meski hanya di rumah saja adalah mengatur komunikasi secara berkala. Ketika berjauhan dengan rekan kerja, kerabat, bahkan keluarga, kita tetap perlu menjaga silaturahmi.

Dengan hal seperti ini, kita bisa membangkitkan positive vibes yang berangsur-angsur. Bahkan akan membantu kita meminimalisir tekanan yang bisa membuat mudah stres.

Tips atasi burnout dengan ponsel yang kita bahas tersebut bisa Anda praktikkan secara mudah. Selalu jaga pikiran agar mood tidak mudah terganggu. Pasalnya jika tekanan kecil bertumpuk dan signifikan akan berakibat buruk.

Tidak hanya pada fisik, namun mental kita yang bahkan tidak terlihat oleh orang lain. Tips atasi burnout dengan ponsel memang penting kita terapkan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -