Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruTombol Home Rusak, Simak Penyebab dan Solusinya

Tombol Home Rusak, Simak Penyebab dan Solusinya

Tombol home rusak bisa terjadi pada perangkat smartphone yang Anda gunakan. Peristiwa ini terjadi karena beberapa hal, namun juga bisa kita siasati, maka coba simak ulasan berikut ini.

Dalam Android biasanya terdapat tiga tombol yang kita gunakan untuk berselancar. Mulai dari undo untuk kembali, lalu tombol tengah sebagai home.

Kemudian terakhir untuk membuka halaman yang sempat kita buka. Ketiga tombol ini tentu sangat penting bukan?

Maka dari itu, ketika terjadi kerusakan kita akan bingung harus melakukan apa. Oleh karena itu, coba simak berikut ini langkah tepatnya.

Baca Juga: Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mudahnya!

Pahami Penyebab Tombol Home Rusak

Jika Anda sedang mengalami hal ini, kami akan memberikan beberapa kemungkinan yang sedang terjadi. Pertama, bisa jadi sistem operasi pada perangkat tersebut sedang error.

Hal seperti ini biasa terjadi sebenarnya. Hanya saja, kita mudah panik dan bingung harus melakukan apa maupun bagaimana kelanjutannya.

Ketika sedang melakukan upgrade sistem, biasanya akan terjadi crash semacam ini. Maka dari itu, perhatikan hal seperti ini untuk menghindari kerusakan.

Ingat, pemicunya juga bisa berasal dari kejadian yang membuat layar Android Anda terkena air. Pasalnya, beberapa smartphone akan mudah rusak dan bahkan komponennya terjadi masalah, termasuk tombol home. Bisa juga dari kerusakan tekanan yang terlalu keras pada layar.

Bagaimana Cara Mengatasi Tombol Home Rusak?

Berikut ini adalah tips untuk Anda yang sedang mengalami tombol home rusak. Maka dari itu, kami berikan beberapa langkah simple dan anti ribetnya. Sebagai penanganan pertama sebelum Anda bawa langsung ke tempat service.

Baca Juga: Tombol Power Rusak pada HP, Begini Cara Mengatasinya!

Reset HP

Pertama, coba untuk melakukan reset pada Android yang Anda gunakan tersebut. Hal seperti ini akan membantu kita dalam mengatasi eror yang sedang terjadi.

Karena itu, perangkat akan secara otomatis beristirahat sementara. Sehingga sistem akan kembali ke setelan awalnya. Anda tidak perlu khawatir, pengaturan seperti ini akan membuat perangkat tetap aman.

Cek Aplikasi Baru

Tombol home bisa rusak juga karena aplikasi yang baru saja kita jalankan dan instal. Hal seperti ini bisa saja terjadi dan akan lebih baik jika cek terlebih dahulu.

Lalu Anda bisa melakukan uninstall dan penginstalan ulang pada aplikasi baru tersebut. Tindakan seperti ini cukup sepele, namun penting untuk kita perhatikan.

Unroot

Terakhir, coba untuk menghilangkan akses dari root tersebut. Karena fitur seperti ini bisa membantu kita mengoptimalkan HP. Sehingga nantinya akan membuat HP lebih mudah dan nyaman untuk kita gunakan kembali.

Hindari Custom ROM

Tahukan Anda jika menggunakan custom ROM bisa membuat stabilitasnya terganggu. Karena biasanya HP tidak akan mudah kita gunakan pada fitur pentingnya.

Sehingga nantinya ROM akan mudah jika kita kembalikan ke versi biasanya. Tindakan seperti ini akan membantu kita dalam membuat home kembali berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Aplikasi Pengganti Tombol Power Untuk Semua Merk HP Tanpa Root

Bantuan Aplikasi

Home memiliki fungsi yang cukup penting. Namun ketika tidak bisa kembali ke fungsi semula, kita dapat menggunakan beberapa aplikasi bantuan.

Sekarang ini semakin banyak aplikasi sebagai bantuan yang efektif. Oleh karena itu, kami akan membahas aplikasinya.

Tombol home rusak bisa teratasi jika Anda menggunakan aplikasi Assistive Touch. Fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap dan bisa menggantikan tombol home.

Pasalnya, kita bisa mendapatkan bantuan mulai dari tombol back, home, volume, dan masih banyak lagi. Semua tersedia dalam tampilan yang mirip dengan pengguna iOS.

Sehingga kita hanya perlu menekan bola bantuan tersebut. Lalu kita bisa mendapat beberapa fitur yang akan membantu ke mana saja.

Aplikasi seperti ini bisa kita download melalui Google Playstore. Maka dari itu, jangan lupakan untuk mencobanya lebih jelasnya. Mudah dan gratis tentu saja tanpa membayar itemnya.

Tombol home rusak bisa terjadi karena sistem bermasalah dan sibuk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir atau panik. Cukup lakukan beberapa tips dari kami tersebut. Namun jika masih tetap tidak bisa, baru kita ke tempat service untuk penanganan lebih seriusnya. (R10/HR-Online)