Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita BanjarTPT di Cibulan Kota Banjar Ambruk, Lurah Minta Secepatnya Diperbaiki

TPT di Cibulan Kota Banjar Ambruk, Lurah Minta Secepatnya Diperbaiki

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Ambruknya Tembok Penahan Tebing (TPT) di lingkungan Cibulan, RT 03 RW 04, Kelurahan/Kecamatan Banjar, Jabar, ditanggapi serius oleh Lurah Banjar.

Lurah Banjar Budi Kuswandani mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari warga tentang hal itu, pihaknya langsung merespon dengan mengajukan permohonan perbaikan.

“Itu merupakan kewenangan pihak BBWS Citanduy dan Dinas PUPR Kota Banjar. Tapi kita juga sudah mengajukan permohonan untuk segera diperbaiki,” kata Budi, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Warga Kota Banjar Ini Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan

Selain itu, Budi menjelaskan, penyebab ambruknya TPT di Cibulan tersebut diakibatkan intensitas hujan cukup tinggi, sehingga debit air di Citanduy meningkat.

“Karena intensitas hujan di hulu cukup tinggi dan debit air meningkat, sehingga terjadilah abrasi kurang lebih setinggi 4 meter,”¬†jelasnya.

Budi melanjutkan, dari adanya kejadian tersebut dua rumah milik warga yang persis berada di atas tebing terancam.

Sebab jika tidak segera diperbaiki kemungkinan besar akan terjadi longsor.

“Jadi jika tidak secepatnya diperbaiki takutnya terjadi longsor, mengingat debit air di sungai Citanduy terus meningkat karena hujan deras,” tandasnya.

Oleh karena itu, ia berharap TPT di lingkungan Cibulan tersebut segera diperbaiki supaya warga yang rumahnya berada di dekat lokasi bisa merasa tenang.

“Harapannya pihak terkait agar memperbaikinya supaya warga yang disekitar lokasi tentunya yang 2 rumah itu bisa merasa tenang. Karena kemungkinan itu akan semakin luas abrasinya,” pungkas Budi.

Sebelumnya, tembok penahan tebing itu ambruk pada hari Kamis (18/11/2021) sekitar pukul 01.30 WIB, dan diketahui oleh warga setempat. (Sandi/R8/HR Online/Editor Jujang)