Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita TerbaruUrutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Urutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Urutan planet tata surya menunjukkan jauh dekatnya mereka dengan matahari. Tak hanya planet saja, tata surya dikelilingi oleh sekumpulan komet, 146 bulan, batuan antariksa, dan masih banyak lagi.

Ada 9 planet yang terkenal dan bergerak mengelilingi matahari dalam gerak revolusi. Tentunya setiap planet memiliki lintasan masing-masing. Sehingga tidak ada pergerakan yang saling bertabrakan satu dengan lainnya.

Menurut IAU atau Badan Persatuan Astronomi Internasional terdapat 9 planet dalam tata surya. Dalam hal ini, planet Merkurius menjadi yang paling dekat dengan matahari.

Baca Juga: Matahari Terbit Lebih Awal Beberapa Hari Kedepan di Daerah Tertentu

Sedangkan planet terjauh dari matahari adalah Neptunus dengan ukuran yang besar. Agar lebih jelasnya, simak penjelasan berikut.

Ketahui Urutan Planet Tata Surya dari Terdekat ke Terjauh

Berikut adalah urutannya mulai dari yang terdekat dengan matahari.

Merkurius

Planet yang terdekat dengan matahari adalah Merkurius. Mengelilingi matahari hanya dengan menempuh waktu selama 88 hari. Planet Merkurius memiliki ukuran yang sangat kecil daripada planet lainnya.

Merkurius yang dekat dengan matahari mengalami perubahan sangat dramatis pada suhu siang dan malam. Ketika siang suhunya mencapai 840 Fahrenheit (450 derajat Celcius). Suhu tersebut sangatlah panas, bahkan bisa melelehkan timah.

Namun, suhu saat malam hari turun dengan signifikan. Suhunya turun hingga minus 290 derajat Fahrenheit atau setara 180 derajat Celcius. Merkurius juga memiliki atmosfer berupa oksigen, natrium, hidrogen, helium, dan kalium.

Baca Juga: Bintang Terbesar di Alam Semesta, Kalahkan Raksasa Matahari Kita

Venus

Kemudian urutan planet tata surya yang kedua adalah Venus. Planet ini merupakan kembaran dari Bumi dari segi ukurannya. Terdiri dari kawasan gunung dan gunung berapi.

Atmosfer dari planet ini sangat berbeda, yakni mengandung asam sulfat beracun dan tebal. Suhu rata-rata dari planet tersebut mencapai 900 derajat Fahrenheit. Venus berputar perlahan dari timur ke barat berlawanan dengan arah kebanyakan planet lain.

Bumi

Rupanya planet Bumi yang satu-satunya memiliki kehidupan berada di urutan ketiga. Bumi merupakan planet yang dua per tiga bagiannya adalah air atau lautan. Atmosfer pada Bumi kaya akan nitrogen dan oksigen.

Bumi berputar pada porosnya dengan kecepatan 1.532 kaki per detik. Planet ini mampu mengelilingi matahari dengan kecepatan lebih dari 18 mil per detik.

Mars

Urutan planet tata surya berikutnya adalah Mars dengan tempat yang dingin. Kawasannya terdiri dari gurun yang tertutup debu. Bedanya, debu dari planet ini berasal dari oksidasi besi yang memberikan warna merah ikonik.

Ada beberapa kesamaan Mars dengan Bumi yaitu memiliki kawasan batuan, gunung, lembah, dan ngarai. Bahkan sistem badai mulai dari setan debu, tornado, dan badai debu. Ilmuwan mengatakan planet Mars pernah menjadi dunia pada miliaran tahun lalu yang lebih hangat dan basah.

Jupiter

Pada urutan kelima ada planet Jupiter yang merupakan dunia gas raksasa. Ukurannya sangatlah besar dengan putaran awan warna-warni karena berbagai jenis jejak gas. Jupiter memiliki medan magnet yang sangat kuat dalam urutan planet.

Baca Juga: Laut di Bawah Bulan Jupiter Ganymede, Temuan Hubble

Dalam waktu kurang lebih 75 bulan, planet ini layaknya miniatur tata surya. Walaupun berada pada urutan planet tata surya kelima, memiliki badai raksasa dengan lebar lebih dari 10.000 mil. Biasanya planet ini disebut sebagai bintik merah besar.

Saturnus

Kemudian ada planet Saturnus yang jauh dari matahari. Ciri khas dari planet tersebut memiliki cincin besar yang cantik. Perlu diketahui bahwa cincin Saturnus terbuat dari es dan batu.

Atmosfer planet ini berupa hidrogen dan helium. Bahkan termasuk salah satu planet dengan banyak bulan.

Uranus

Selanjutnya ada Uranus yang menduduki urutan planet tata surya ketujuh. Planet tersebut memiliki awan yang terbuat dari hidrogen sulfida. Uranus merupakan planet yang pernah bertabrakan dengan benda lain.

Akibatnya membuat planet tersebut miring dan menyebabkan musim ekstrem berlangsung dalam kurun waktu 20 tahun. Metana pada atmosfer planet tersebut memberikan warna biru dan 13 set cincin samar-samar.

Neptunus

Pada urutan terakhir tata surya ada planet Neptunus yang sangat jauh dari matahari. Ini merupakan planet dingin yang jauhnya 30 kali dari matahari dan Bumi.

Pluto

Ada planet Pluto yang cukup jauh dari matahari. Namun planet ini berukuran lebih kecil dari Bumi dengan orbit sangat elips. Orbit planet ini berbeda dengan lainnya karena tidak jatuh pada bidang sama. Menjadikan urutan planet tata surya terakhir ini pernah menghilang keluar dari orbitnya. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -