Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita CiamisHendak Makamkan Tetangganya, Warga Ciamis Sampai 3 Kali Gali Kubur

Hendak Makamkan Tetangganya, Warga Ciamis Sampai 3 Kali Gali Kubur

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Saat hendak memakamkan tetangganya yang meninggal dunia, warga di Kabupaten Ciamis, Jabar, harus sampai 3 kali gali kubur.

Kejadian tersebut terjadi di Desa Sirnabaya, Kecamatan Rajadesa dan sempat membuat heboh di kalangan masyarakat setempat.

Kepala Desa Sirnabaya Kecamatan Rajadesa Mamat Rohmat membenarkan kejadian tersebut.

Kata Mamat, warga yang hendak memakamkan tetangganya harus berulang kali menggali liang lahat.

“Proses pemakaman salah seorang warga kami yang meninggal memerlukan waktu yang cukup lama, karena beberapa kendala saat penggalian liang kubur,” ujar Mamat Senin (22/11/2021).

Baca Juga: Peternak Kelinci Hias di Ciamis Untung Jutaan, Pesanan dari Malaysia

Menurutnya, penggali kubur harus berulang kali membuat liang lahat, lantaran lubang kuburan yang mereka gali ditemukan tulang belulang orang yang meninggal sebelumnya.

“Setelah itu penggali kubur mencari tempat lain, namun pada penggalian liang lahat yang kedua juga warga temukan tulang belulang yang sama seperti pada lubang pertama,” katanya.

Barulah pada penggalian ketiga, warga tidak menemukan tulang belulang pada liang kuburnya.

“Alhamdulillah pada galian yang ketiga kalinya tidak kita temukan apa-apa, sehingga proses pemakaman jenazah berjalan lancar,” ungkapnya.

Mamat menambahkan, kejadian gali kubur sampai beberapa kali tersebut lantaran warga tidak mengetahui adanya makam terdahulu.

“Tidak ada batu nisan atau penanda lainnya di lokasi gali kubur, sehingga warga harus beberapa 3 kali membuat liang lahat,” pungkas Mamat Rohmat. (Edji/R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -