Jumat, November 26, 2021
BerandaBerita TerbaruWiper Kaca Mobil Seret dan Berdecit, Ini Penyebab Hingga Solusinya

Wiper Kaca Mobil Seret dan Berdecit, Ini Penyebab Hingga Solusinya

Wiper kaca mobil seret bisa terjadi karena adanya beberapa faktor. Namun Anda juga bisa mengatasinya sendiri dengan mudah. Wiper menjadi salah satu komponen penting pada mobil.

Adanya komponen ini berfungsi untuk menyeka kaca bagian depan dan belakang saat musim hujan. Sehingga kotoran dan air yang menghalangi pandangan pengemudi bisa diusap hingga bersih.

Semua komponen mobil memiliki fungsi yang tidak sama. Namun semuanya memiliki masa pemakaian hingga perawatan yang harus dilakukan. Begitu juga dengan wiper. Komponen yang satu ini juga bisa mengalami masalah.

Seiring pemakaiannya yang cukup sering, maka wiper mobil bisa mengalami masalah. Karet wiper bisa menimbulkan bunyi yang berdecit. Selain bunyi decitan yang akan mengganggu, fungsinya pun akan berkurang.

Karena alasan inilah, tentu Anda harus melakukan pengecekan dan perawatan dengan tepat. Jika wiper dalam kondisi baik, tentu akan membuat fungsinya semakin baik.

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan sebaiknya selalu cek kondisinya. Dengan begitu Anda bisa mengatasi wiper kaca mobil seret.

Baca Juga : Perawatan Power Window Mobil Agar Tidak Seret Saat Digunakan

Penyebab Wiper Kaca Mobil Seret

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika memiliki mobil. Kendaraan roda empat ini memang mampu menjadi alat transportasi pribadi. Selain tipenya yang banyak, cara perawatannya pun tidak mudah.

Anda harus melakukan pengecekan pada setiap komponen. Apalagi saat musim hujan tiba, tentu banyak perawatan komponen yang harus dilakukan. Mengingat jika hujan, berkendara pun kurang nyaman.

Agar pandangan pengemudi bisa melihat kondisi luar dengan mudah, maka adanya wiper sangat berpengaruh. Saat hujan pun Anda juga harus mengeceknya.

Terkadang ada beberapa masalah yang muncul ketika wiper hendak digunakan. Salah satunya seret atau bahkan memiliki bunyi berdecit. Jika terjadi hal ini, maka wiper akan kurang aktif.

Wiper jika tidak bekerja dengan efektif akan mengganggu penglihatan pengemudi sehingga akan membahayakan pengendara. Agar tidak mengganggu pengemudi, sebaiknya cari tahu apa saja sebenarnya penyebab wiper kaca mobil seret.

Penyebabnya karena lapisan minyak pada kaca mobil. Saat mobil berjalan cukup lama, maka asap dan debu akan menempel. Ini yang mengakibatkan wiper seret.

Baca Juga : Mengatasi Masalah pada Mobil dengan Cuka, Ampuh dan Murah

Cara Mengatasi Wiper Berdecit

Minyak yang ada pada asap kendaraan justru membuat kinerja wiper berkurang. Bahkan selain seret, masalah yang sering terjadi yaitu wiper berdecit.

Jika Anda tidak melakukan perawatan, kondisi wiper berdecit akan terjadi. Kalau sudah seperti ini sebaiknya gunakan tips tepat mengatasi decitan pada wiper mobil.

Cuci Kaca Mobil

Tips pertama untuk mengatasi wiper berdecit yaitu dengan mencuci kacanya hingga bersih. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi wiper kaca mobil seret.

Sebaiknya cuci bersih kaca bagian depan menggunakan cuka. Jika tidak, Anda bisa gunakan soda kue dan windex. Anda bisa memilih salah satu produk tersebut untuk mencuci kaca agar bersih.

Isi Ulang Cairan Penyemprot Kaca

Wiper kaca mobil seret akan membuat pengemudi merasa kurang nyaman. Anda bisa mengatasinya dengan mencoba mengecek cairan isi ulang penyemprot kaca.

Baca Juga : Filter Oli Mobil, Ketahui Fungsi dan Waktu Ideal untuk Mengganti

Saat kaca dalam keadaan kotor dan kering, sebaiknya jangan gunakan wiper. Cara ini justru bisa mengakibatkan wiper berdecit. Sebaiknya isi cairan wiper pada tabungnya. Hindari penggunaan sabun karena dapat membuat karet wiper rusak.

Ganti Wiper Secara Teratur

Sebaiknya untuk bisa mendapatkan fungsi wiper secara maksimal, Anda harus ganti karet secara teratur. Setidaknya Anda harus menggantinya kurang lebih satu tahun sekali. Pastikan Anda mengganti dengan wiper berkualitas bagus.

Saat yang tepat Anda harus menggantinya yaitu ketika bentuk lengkungan kaca depan tidak pada posisinya. Jika kondisinya bagus, risiko wiper kaca mobil seret akan terhindari.

Melembutkan Karet Wiper

Wiper yang mengeluarkan bunyi decitan akan membuat pengemudi merasa kurang nyaman. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengecek wiper apakah sudah lentur atau masih kaku.

Jika Anda menemukannya masih dalam kondisi kaku, sebaiknya lembutkan dengan cara menyemprotkan cairan WD40. Gunakan secara hati-hati karena termasuk barang keras. Setelah itu, penggunaan alkohol bisa membuat wiper terhindar dari minyak dan kotoran.

Sebaiknya Anda selalu cek kondisi wiper saat musim hujan hendak tiba. Hal ini bertujuan agar fungsinya bisa Anda gunakan secara efektif. Bahkan bisa mengurangi risiko wiper kaca mobil seret maupun berdecit. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru