Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita NasionalYana Prank Hilang di Cadas Pangeran, Netizen: Lari dari Utang?

Yana Prank Hilang di Cadas Pangeran, Netizen: Lari dari Utang?

Yana Supriatna (40) prank jadi trending topic di Twitter sejak Kamis (18/11/2021) malam, ribuan akun mencuit kejadian hilangnya Yana di Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Belakangan Yana ditemukan sedang berada di Dawuan, Kabupaten Majalengka dalam keadaan sehat walafiat.

Awalnya Yana dilaporkan hilang pada Selasa (16/11/2021) lalu. Hanya ada motor dan helm Yana yang tertinggal di lokasi sekitar Cadas Pangeran, Sumedang.

Istri Yana, Kurniasih juga datang ke lokasi Cadas Pangeran, di lokasi ia berdoa agar suaminya segera ditemukan.

Baca Juga: Viral Miliki Nama 19 Kata, Anak di Tuban Ini Akhirnya Punya Akta Lahir

Kejadian tersebut cukup menghebohkan, Tim SAR gabungan dari Polisi, TNI, dan petugas BPBD dikerahkan dalam pencarian Yana. Polisi bahkan membawa anjing pelacak dalam upaya mencari Yana.

Selain itu banyak juga yang mengaitkannya dengan mistis. Memang, lokasi hilangnya Yana, Cadas Pangeran terkenal sebagai tempat angker.

Seorang paranormal yang disebut kuncen Cadas Pangeran menyebut Yana dibawa oleh Oray Koneng (Ular Kuning). Video lain memperlihatkan seorang ibu kesurupan dan menyebut Yana dibawa ke alam gaib.

Sementara foto lain memperlihatkan sekumpulan orang sedang berdo’a di lokasi Cadas Pangeran. Captionnya menyebutkan mereka sedang berdo’a agar Yana segera ketemu.

Dalam akun BPBD Sumedang sempat mengunggah pencarian Yana melibatkan anjing pelacak dan ahli spiritual. Hal itu dalam rangka ikhtiar agar Yana segera ditemukan.

Kronologi Yana Prank Hilang di Cadas Pangeran

Yana memang sempat memberi kabar kepada istrinya. Pada voice note yang dikirim ke nomor WhatsApp istri, Yana mengatakan ia sedang istirahat di Masjid wilayah Simpang, Pamulihan.

Saat itu, Yana mengaku ada seorang pria ikut menumpang karena sama-sama akan pulang ke Sumedang sehabis dari Bandung.

Tak berapa lama, Yana kembali mengirim voice note, kali ini Yana merintih seperti kesakitan. Sontak saja Kurniasih merasa khawatir, ia pun melaporkan Yana hilang di Cadas Pangeran ke polisi.

Baca Juga: Petugas Kebersihan Ini Kembalikan Cek Bernilai 35,9 Miliar ke Pemiliknya

Pencarian terhadap Yana pun berlangsung sejak Kurniasih melaporkan suaminya itu hilang. Namun pada hari Kamis (18/11/2021), pencarian berhenti lantaran hujan lebat sehingga ada kekhawatiran berbahaya bagi tim gabungan.

Yana Ditemukan di Majalengka

Pada Kamis (18/11/2021), netizen heboh. Berita Yana telah ditemukan jadi gunjingan netizen. Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto  membenarkan warga Babakan Regol, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat itu telah ditemukan.

Beberapa foto yang beredar di media sosial memperlihatkan Yana dalam keadaan sehat walafiat. Lokasi penemuan Yana pun bukan di Cadas Pangeran, melainkan di Dawuan Majalengka.

Akun Twitter Bandung Fess @bdngfess mencuit pak Yana melakukan prank guys. Yana bukan hilang tapi kabur karena terlilit utang. 

“Asli ieu mah euy di prank sa indonesia.” tulis akun @bdngfess. Cuitan tersebut diretweet sebanyak 3.459 kali dan diberi tanda love 13 ribu.

Sementara akun Sundafess @Sundafess_ mengunggah tangkapan layar perbincangan dalam WhatsApp. Isinya juga senada dengan informasi dari akun Bandung Fess. Yana kabur terlilit utang.

Hanya saja tidak ada konfirmasi terkait informasi yang menyebutkan Yana kabur terlilit utang. Begitu juga dengan pihak Kepolisian belum memberikan keterangan apapun terkait motif Yana menghilang dan membuat heboh.

Namun hingga Jumat (19/11/2021) cuitan tentang Yana telah mencapai 39 ribu lebih cuitan. Bukan hanya bergunjing, netizen juga mengunggah berbagai meme lucu terkait prank yang dilakukan Yana.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Maut di Sumedang yang Tewaskan 4 Orang

Mulai dari meme perkumpulan paranormal yang akan melaporkan Yana karena merasa ditipu, sampai Ular Kuning yang dituduh telah menculik Yana dari Cadas Pangeran.

Yana Bisa Terjerat Pidana

Kejadian Yana prank hilang di Cadas Pangeran  bisa jadi urusan pidana. Analis SAR Basarnas Joshua Banjarnahor menyebut kasus Yana berpotensi berlanjut sampai ke ranah hukum.

Hal itu lantaran ada dugaan tindak pidana penipuan dan penyalahgunaan laporan pada Tim SAR. “Bila disalahgunakan tanggung akibatnya karena dapat dijerat pidana,” kata Banjarnahor dikutip dari akun Instagramnya.

Banjarnahor juga mengatakan kasusnya sudah dilimpahkan dari Basarnas kepada pihak Kepolisian. Hanya saja netizen masih penasaran apa motif Yana melakukan prank dengan pura-pura hilang di Cadas Pangeran?

Apakah benar karena niat kabur akibat terlilit hutang? Sampai berita ini diunggah tidak ada keterangan dari pihak kepolisian maupun konfirmasi dari Yana dan keluarga. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)