Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruAki Mobil Sering Drop, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Aki Mobil Sering Drop, Penyebab dan Cara Pencegahannya

Aki mobil sering drop padahal selalu dirawat memang bisa saja terjadi. Masalah ini disebabkan oleh beberapa hal. Oleh karena itu, pemilik kendaraan wajib tahu apa penyebabnya, dan bagaimana cara mencegahnya.

Merawat mobil menjadi hal wajib bagi Anda yang memilikinya. Karena tanpa melakukan perawatan yang baik tentu mesin kendaraan akan mendapatkan masalah dan menyebabkan kegiatan Anda pun terganggu.

Aki menjadi salah satu bagian dari komponen mobil yang harus Anda perhatikan. Memiliki fungsi sebagai pemicu kelistrikan sehingga tanpa aki, mesin mobil tidak akan dapat menyala.

Penyebab aki mobil yang sering mengalami drop padahal sudah merawatnya penting untuk Anda ketahui. Termasuk cara pencegahannya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebabnya.

Penyebab Aki Mobil Sering Drop

Penggunaan Mobil Intens atau Jarang Digunakan

Baca Juga : Fungsi Stabilizer Link Mobil Hingga Tipenya, Anda Wajib Tahu!

Kedua hal tersebut sama-sama bisa menjadi penyebab aki menjadi drop. Karena pada saat penggunaan mobil intens, maka mesin pun membutuhkan daya yang besar.

Secara langsung aki mobil akan terus bekerja sehingga dayanya pun akan cepat habis. Oleh sebab itu, Anda wajib rutin melakukan pemeriksaan ketika Anda menggunakan mobil secara intens.

Sedangkan, pada sisi lainnya ketika mobil jarang Anda gunakan juga tetap akinya bisa tekor atau drop. Sebab tidak pernah beroperasi.

Kalau sudah terlalu kelamaan, aki mobil bisa juga tidak dapat berfungsi dengan normal dan sulit untuk menyalakan mesinnya.

Untuk mencegahnya agar masalah tersebut tidak sampai terjadi, sebaiknya gunakan mobil dengan normal. Jangan lupa panaskan mesin mobil setidaknya seminggu sekali saat sedang tidak Anda gunakan.

Baca Juga : Busi Mobil Iridium, Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Kerjanya

Pemasangan Aksesoris Berlebihan

Penyebab aki mobil sering drop bisa juga karena pemasangan aksesoris yang berlebihan. Sebenarnya aki didesain mempunyai kapasitas ideal guna operasional mobil.

Meski begitu, masih terdapat sisa cadangan daya atau kapasitas yang dapat Anda gunakan untuk mendukung pemasangan aksesoris atau modifikasi.

Namun, jika aksesoris yang Anda gunakan terlalu berlebihan, maka aki mobil dengan sendirinya akan habis atau drop.

Oleh sebab itu, selalu lakukan pemeriksaan beban daya yang mobil butuhkan dalam modifikasi.

Imbangi pula dengan memasang aki yang memiliki daya lebih besar. Hal ini untuk menghindari masalah aki yang tiba-tiba drop.

Baca Juga : Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat, Lakukan 6 Langkah Awal Ini!

Terlambat Periksa Air Aki

Penyebab aki mobil sering drop penting Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang menggunakan aki basah. Anda harus rutin memeriksa keadaan air aki dalam unit yang Anda gunakan.

Hal itu karena air aki penting dalam mendukung fungsi aki itu sendiri, sehingga ketika airnya habis maka fungsinya pun tidak akan optimal.

Menggunakan mobil maka otomatis akan mengurangi volume air yang ada pada bagian dalamnya, Oleh sebab itu, lakukan pengisian secara reguler agar air aki yang kering tidak lagi bikin mesin tak hidup.

Itulah beberapa informasi terkait penyebab aki mobil sering drop, sehingga mesinnyal tidak dapat menyala. Semoga bermanfaat! (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -