Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita CiamisAlumni Pelatihan KLK Ciamis Sabet Juara 3 Vokasi Award Kemnaker 2021

Alumni Pelatihan KLK Ciamis Sabet Juara 3 Vokasi Award Kemnaker 2021

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Yuninda Sholikhah, alumni pelatihan Kursus Latihan Kerja (KLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil meraih juara tiga dalam Pelatihan Vokasi Award Tahun 2021.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis, Asep Dedi mengatakan, Yuninda mendapatkan piagam penganugerahan pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

“Yuninda berhasil meraih kategori Alumni Terbaik ke 3 tingkat nasional,” katanya kepada HR Online, Senin (20/12/2021).

Lebih lanjut Asep Dedi menambahkan, raihan tersebut sebuah bukti nyata, bahwa dari pelatihan KLK Dinas Tenaga Kerja Ciamis melahirkan orang-orang yang berkompeten.

“Buktinya alumni pelatihan KLK Ciamis bisa mendapatkan juara 3 tingkat nasional kemarin,” ucapnya.

Yuninda sendiri merupakan alumni pelatihan program menjahit Kursus Latihan Kerja Disnaker Ciamis angkatan 2021.

Setelah mengikuti pelatihan, Yuninda membuka jasa bordir secara pribadi di rumahnya. Bahkan, ia sampai mempekerjakan beberapa orang menjadi pegawainya. 

Menurut Asep Dedi, alumni pelatihan KLK Disnaker Ciamis ini bisa mengimplementasikan secara serius hasil dari pelatihan.

“Sehingga apa yang menjadi target latihan kerja ini, yaitu melahirkan orang-orang yang berkompeten untuk membuka lapangan pekerjaan maupun penyerapan tenaga kerja, sudah terpenuhi,” ujarnya.

Asep mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan lokal maupun luar daerah. Kerja sama tersebut untuk menyalurkan para pencaker, yang sudah terlatih melalui program KLK. 

Dalam KLK tersebut, katanya, ada beberapa jenis pelatihan yang pihaknya berikan kepada masyarakat. Yaitu mulai dari pelatihan menjahit, rias, tata boga, komputer maupun otomotif.

“Nantinya masyarakat kita berikan pelatihan sesuai bidangnya, untuk mempersiapkan bekerja secara profesional ataupun berwirausaha secara pribadi,” katanya.

Oleh karena itu, tahun depan pihaknya akan membuka kembali pelatihan tenaga kerja. “Jika berminat bisa mendaftarkan langsung ke KLK Ciamis. Dan latihan ini secara gratis,” ucapnya.  

“Saya harap, apa yang Yulinda raih bisa memotivasi para alumni pelatihan KLK ataupun masyarakat Ciamis,” harapnya. (Fahmi/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -