Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Sebelum Subuh, Penyebab Allah Bangunkan Rumah di Surga

Amalan Sebelum Subuh, Penyebab Allah Bangunkan Rumah di Surga

Amalan sebelum subuh adalah sesuatu hal yang sangat menguntungkan bagi kehidupan manusia semasa dunia. Sebab, dengan menjalankan beberapa amalan ini, bisa menjadi penyebab kita masuk surga.

Perihal surga sudah menjadi cita-cita bagi semua orang. Mungkin, ibadah ini bukanlah wajib. Tetapi jika kita mampu menjalankannya, pahala yang yang akan kita dapatkan.

Tugas manusia semasa hidup di dunia itu hanya beribadah kepada Allah. Apakah beribadah itu hanya perihal salat saja?

Salat adalah ibadah yang wajib untuk kita lakukan. Ibadah ini juga merupakan amalan yang menjadi penentu. Salat itu tiang agama.

Beribadah yang harus dilakukan itu tidak hanya salat dan segala jenis amalan wajib. Meskipun ini adalah hal yang paling utama, tetapi amalan sunnah juga menjadi anjuran dalam kehidupan kita.

baca juga: Amalan yang Meringankan Hisab, Amalkan Sebelum Menyesal

Inilah Amalan Sebelum Subuh yang Perlu Anda Ketahui

Apakah selama ini kita sudah menjalankan amalan-amalan yang diajarkan sebelum kita melakukan salat subuh menurut agama Islam?

Bagi Anda yang belum pernah melakukan amalan ini atau malah belum mengetahui apa saja amalannya, Anda bisa menyimak informasi berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih detail.

Salat Fajar

Untuk amalan sebelum subuh yang pertama ada salat fajar. Mungkin amalan yang satu ini terdengar sangat familiar. Apalagi keutamaannya lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Secara logika, dunia ini luasnya seberapa sekian dengan banyak bangunan megah dan lainnya yang jika kita jual itu kita akan mendapatkan keuntungan.

Meskipun begitu, keuntungan tersebut tidak sebanding dengan pahala yang akan kita dapatkan apabila mampu menjalankan amalan sunnah sebelum datangnya waktu subuh ini.

Seperti halnya dalam hadis riwayat Muslim nomor 725, 2 rakaat fajar lebih baik ketimbang dunia serta isinya.

Dari hadis ini, sudah menjadi dasar supaya kita melaksanakan anjuran yang nantinya akan memberikan keuntungan untuk kita sendiri.

Selain itu, siapapun yang mengerjakan amalan ini dengan niat yang ikhlas dan mengharap rida dari Allah SWT, tidak hanya pahala yang akan ia dapatkan. Akan tetapi, kelak di surga akan dibangunkan rumah yang di bawahnya terdapat sungai mengalir.

baca juga: Amalan Saat Gerhana Bulan, Menambah Pahala dan Timbangan Kebaikan

Tata Cara Melaksanakannya

Bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah sebelum subuh ini? Perlu Anda ketahui bahwa amalan sunnah ini mempunyai tata cara pelaksanaan sama halnya ketika kita akan melaksanakan salat fardu.

Apabila kita akan melaksanakan amalan ini, sudah pasti syarat utamanya harus wudhu terlebih dahulu. Wudhu seolah sudah menjadi syarat saat kita akan melaksanakan ibadah salat.

Selain itu, hendaknya kita juga niat lillah dan hanya mengharap rida dari Allah SWT. Jangan mengharap pujian dari manusia atau pamer saja.

Karena sesungguhnya hal inilah yang menyebabkan adanya penghalang terhadap imbalan dari Allah yang akan kita terima.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa amalan sebelum subuh ini mempunyai cara sama saat kita akan melaksanakan salat fardu.

Perbedaan yang menonjol terletak pada niat. Sudah tahukah Anda bagaimana niat saat akan melaksanakan salat fajar ini?

baca juga: Sedekah untuk Orang yang Sudah Meninggal dengan Beberapa Amalan

Keutamaan Salat

Apa saja keutamaan yang akan kita dapatkan ketika menjalankan amalan sebelum subuh ini? Sangatlah beragam keutamaannya.

Bukan hanya lebih baik daripada dunia dan seisinya saja, melainkan dengan kita melaksanakan salat fajar ini berarti kita juga mengikuti apa yang Nabi Muhammad amalkan.

Salah satu keutamaan dari salat fajar ini adalah salah satu upaya guna mengikuti teladan dari Nabi Muhammad SAW.

Seperti apa yang sudah kita ketahui bahwa Nabi Muhammad itu merupakan uswatun hasanah kita. Dalam diri Rasul terdapat banyak contoh kebaikan yang wajib untuk kita teladani dan mengaplikasikan dalam kehidupan.

Selain itu, salat ini juga menutup kekurangan saat kita menjalankan ibadah salat fardhu. Sebagai manusia, pastinya kita juga tidak akan luput dari kesalahan.

Dalam hal ini juga bukan tidak mungkin apabila saat kita salat, terdapat kekurangan pada bagian tertentu. Tetapi tidak hanya itu saja amalan sebelum subuh.

Sebab, kita juga mengisi waktu tersebut dengan memperbanyak dzikir dan menyebut nama Allah. Dengan kita melakukan beberapa amalan sebelum subuh ini, Allah akan melimpahkan pahala. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -