Jumat, Januari 28, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan yang Meringankan Hisab, Amalkan Sebelum Menyesal

Amalan yang Meringankan Hisab, Amalkan Sebelum Menyesal

Amalan yang meringankan hisab menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk kita ketahui. Sebab, amalan inilah yang nantinya akan memberi pertolongan kepada kita.

Di antara orang Islam yang masuk surga, ada yang bisa langsung masuk. Tetapi ada pula yang harus menunggu dalam waktu cukup lama. Tetapi ada juga yang harus mampir terlebih dahulu ke neraka.

Jika kita bisa memilih, sudah pasti kita ingin langsung masuk ke surganya Allah. Namun, apa dayalah kita sebagai manusia yang penuh dengan dosa.

Sudah menjadi pengetahuan umum untuk umat Islam bahwa kelak ketika kita sudah meninggal, kita akan berada di sebuah waktu. Waktu tersebut adalah Yaumul Hisab. Yaumul Hisab mempunyai arti, peristiwa perhitungan amal manusia selama hidup di dunia.

baca juga: Cara Masuk Surga dengan Amalan Ibadah yang Sesuai Anjuran Agama

Beberapa Amalan yang Meringankan Hisab

Ketahuilah, pada saat itu kita tidak bisa melakukan kebohongan. Karena, kelak anggota tubuh kitalah yang akan berbicara dan menjadi saksi atas segala perbuatan kita. Walaupun sebagai manusia, kita sudah tidak mengingat lagi semua itu.

Hisab adalah suatu hal yang nantinya akan menampakkan semua kebaikan kita, baik itu yang buruk maupun baik sekalipun.

Hal tersebut juga merupakan hal yang sangat memberatkan. Sebab kita tidak bisa melakukan apapun untuk menutupinya guna masuk surga.

Sebelum memasuki Yaumul Hisab, umat manusia nantinya akan berkumpul terlebih dahulu di Padang Mahsyar. Di tempat ini juga manusia akan menunggu panggilan untuk menghadapi hari perhitungan tersebut.

Tetapi, ternyata terdapat beberapa amalan yang meringankan hisab. Penasaran bukan dengan beberapa amalan tersebut? Sudah pasti setiap orang juga menginginkan bahwa hisabnya itu ringan.

Nah, untuk mengetahui hal tersebut, silakan Anda simak penjelasannya berikut ini.

baca juga: Amalan Penghapus Dosa, Lakukan untuk Mengurangi Kesalahan

Berbuat Baik Kepada Orang Lain

Untuk amalan yang meringankan hisab pertama adalah berbuat baik kepada orang lain. Mungkin hal ini sudah terbilang sangat familiar kita lakukan.

Akan tetapi, sesungguhnya hal ini lebih baik jika kita lakukan kepada orang lain yang tidak pernah berbuat baik kepada kita. Apakah ada di lingkungan sekitar Anda?

Jika memang ada, lakukan hal tersebut dengan ikhlas dan tulus mengharap rida dari Allah SWT. Entah bagaimanapun akhirnya, orang tersebut mau menerima atau tidaknya.

Pada intinya, niatkan semua itu hanya untuk mendapat ganjaran. Khususnya, ganjaran yang bisa meringankan hisab saat di akhirat kelak.

Selain itu, jangan pernah mengungkit kebaikan yang Anda lakukan meskipun orang tersebut memaki, mencemooh, memberikan respon yang tidak kita harapkan, dan tidak seharusnya.

baca juga: Sholat Sunnah Fajar, Amalan yang Mampu Memberikan Rumah Megah

Menyambung Tali Silaturahmi

Kemudian yang kedua adalah menyambung silaturahmi sesama saudara muslim. Amalan yang meringankan hisab ini mungkin juga sudah familiar di telinga. Tepat sekali, dampak dari amalan ini memang sangat banyak.

Apabila Anda pernah mendengarkan bahwa salah satu manfaat dari menyambung tali silaturahmi sesama saudara muslim, akan membuat kita kaya. Hal ini juga kisah katakan benar.

Jika Anda ingin mengetahuinya, silakan cari buku yang membahas tentang dahsyatnya silaturahmi. Anda juga bisa menanyakan kepada ustadz.

Selain itu, Anda juga bisa membuktikannya sendiri. Bukan hanya pada event lebaran saja kita harus mengunjungi sanak saudara, melainkan tiap hari juga lebih baik.

Saling menanyakan kabar, berjabat tangan, memberi, juga bertukar pikiran, maka jika kita mampu melakukan amalan tersebut dengan ikhlas, mengharap pahala, serta rida dari Allah SWT, hal inilah yang nantinya akan meringankan hisab kita.

Terhindar dari Syirik

Selanjutnya adalah hendaknya kita juga terhindar dari syirik. Baik syirik yang kecil maupun besar. Nah, sebenarnya inilah yang harus kita perhatikan semasa hidup di dunia. Kebanyakan orang itu menganggap bahwa syirik merupakan hal sepele.

Tapi kenyataannya adalah dalam Al-Qur’an menjelaskan, Allah SWT tidak akan mengampuni dosa syirik. Jika kita menyelami kehidupan lebih dalam, pasti ada saja yang melakukan hal ini.

Misalnya saja adalah dalam rangka mencari kekayaan, memikat hati perempuan, dan yang sejenisnya. Bodohnya manusia, justru meminta itu semua kepada dukun, kuburan, juga pohon yang besar.

Sudah tahu hal tersebut dilarang dalam agama Islam, tapi masih saja melakukannya. Padahal hanya Allah semata yang akan mengabulkan keinginan kita. Hal buruk tersebut biasanya dilakukan oleh mereka yang hanya mengaku Islam di KTP saja.

Memaafkan Kezaliman Orang Lain

Bukan hanya berbuat baik kepada orang lain, tetapi kita juga harus memaafkan mereka yang sudah menyakiti. Dengan kita melakukan amalan yang meringankan hisab, nantinya Allah akan memberikan pertolongan kepada kita.

Bukan hanya itu saja, melainkan banyak amalan lainnya yang bisa kita lakukan. Misalnya saja adalah sebelum meninggal membaca syahadat, meninggal dalam keadaan sudah bertaubat, tawakal, serta selalu melakukan apa yang sudah Allah dan Nabi Muhammad SAW ajarkan.

Dengan kita melakukan beberapa amalan yang meringankan hisab tersebut, dapat memberikan pertolongan kepada kita di akhirat kelak. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -