Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisAncaman Geng Motor Samurai di Ciamis Viral, Foto Dicomot dari Google

Ancaman Geng Motor Samurai di Ciamis Viral, Foto Dicomot dari Google

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebuah akun Facebook mengunggah ancaman dengan menyertakan dua foto geng motor samurai. Dalam unggahannya disebut, mereka akan beraksi di sepanjang jalan Kawali-Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021).

Beberapa hari ini, warga Ciamis memang diresahkan ulah geng motor. Sejumlah warga menyebut geng motor yang membawa samurai beraksi di jalanan.

Sementara ancaman yang menyebut geng motor diunggah di laman Facebook sudah dibagikan 62 kali dan dikomentari oleh ribuan akun.

Baca Juga: Terekam CCTV, Geng Motor Serang Warga Ciamis yang Sedang Meronda

Akun yang membagikan bernama Yoga Af, diduga akun tersebut baru dibuat. Dalam satu unggahannya ia menulis caption, “Di babadan ku aing hiji hiji ciamis kawali beak ku aing.”

Dalam bahasa Indonesia, caption tersebut berarti, “dibasmi sama saya satu-satu Ciamis Kawali, habis sama saya.”

Yoga AF juga menambahkan tagar salam ngajoak. Caption bernada ancaman tersebut juga disertai dengan dua foto yang menunjukkan sekelompok remaja mengacungkan samurai.

Tangkapan layar unggahan akun Yoga Af berisi ancaman. Foto: Istimewa

Selain itu, akun Yoga AF juga mengunggah dua foto yang sama di grup Facebook lainnya. Namun dengan caption berbeda.

Ciamis Kawali gaskeun malam engke.”

Dalam bahasa Indonesia berarti, Ciamis gas malam nanti. Caption juga disertai tagar salam ngajoak.

Namun dari penelusuran HR Online, kedua foto tersebut dicomot dari Google Image. Kedua foto tersebut merupakan geng motor dari Sukabumi yang berhasil diamankan oleh kepolisian.

Ancaman Geng Motor Samurai di Ciamis, Polisi Tingkatkan Patroli

Sementara itu pihak kepolisian meningkatkan patroli untuk mencegah geng motor beraksi di wilayah Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, pada Selasa (14/12/2021) malam.

Kasat Samapta Polres Ciamis AKP Cecep Edi Sulaeman, S.IP mengungkapkan, patroli dilakukan untuk menjaga keamanan dari ulah para geng motor.

“Kegiatan ini untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melintas atau sedang bepergian pada malam hari,” katanya, Rabu (15/12/2021).

AKP Cecep juga berjanji akan terus meningkatkan patroli menjelang libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Mulai saat ini kita akan intensifkan patroli untuk pencegahan gangguan  geng motor, mengingat jelang Natal dan Tahun Baru,” lanjutnya.

Patroli tersebut juga melibatkan sejumlah personel Sat Samapta bersama Polsek Jajaran. AKP Cecep mengharapkan situasi kondusif saat natal dan Tahun Baru.

“Kami minta peran serta masyarakat ikut serta jadi polisi bagi dirinya sehingga tercipta situasi yang aman dan nyaman di wilayah hukum Polres Ciamis,” tandasnya. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)