Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita CiamisAntisipasi Sekolah Ambruk, Disdik Ciamis Minta Kepsek Cek Bangunan

Antisipasi Sekolah Ambruk, Disdik Ciamis Minta Kepsek Cek Bangunan

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Atap ruangan SMP Negeri 1 Cimaragas ambruk, Kamis (9/12/2021) malam. Guna antisipasi sekolah ambruk, Dinas Pendidikan Ciamis meminta agar sekolah secara rutin mengecek kondisi bangunan.

Kadisdik Ciamis Asep Saeful Rahmat menyatakan telah mengirimkan surat edaran kepada seluruh sekolah untuk waspada pada musim hujan ini. Potensi bencana bisa terjadi kapan saja akibat curah hujan tinggi.

“Kepada Kepala Sekolah (Kepsek) dan jajarannya bisa mengecek fisik bangunan sekolah setiap saat. Supaya dapat mengetahui kondisi bangunan,” ujar Asep, Jumat (10/12/2021) usai mendampingi Bupati Ciamis meninjau sekolah ambruk.

Apabila menemukan kondisi bangunan yang lapuk, bocor dan berpotensi ambruk, pihak sekolah bisa segera melakukan langkah antisipasi. Salah satunya dengan mengosongkan ruangan tersebut.

Baca Juga: Akibat Lapuk dan Hujan Deras, Atap Ruangan Multimedia SMPN 1 Cimaragas Ambruk

Tujuannya untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan ketika tiba-tiba ambruk, mencegah adanya korban. Kemudian sekolah dapat melaporkan kondisi bangunan itu ke Dinas Pendidikan.

“Sekolah harus menata lingkungan, bila ada pohon besar mohon untuk memangkasnya. Khawatir ketika ada hujan serta angin kencang, bisa tumbang dan menimpa sekolah. Ini juga sebagai antisipasi mencegah sekolah ambruk,” jelasnya.

Asep pun menjelaskan terkait dengan satu bangunan SMPN 1 Cimaragas ambruk karena kondisinya sudah lama dan lapuk. Waktu pembangunan yaitu tahun 2008, sehingga sudah sekitar 13 tahun bangunan tersebut berdiri.

“Ruang yang ambruk itu merupakan tempat multimedia bukan sebagai ruang kelas. Tempat belajar komputer,” ungkapnya.

Asep mengatakan sebelum ambruk, pihak sekolah sudah mengosongkan bangunan tersebut. Mengingat potensi bangunan ambruk sudah terlihat sejak lama.

“Tadi pak Bupati minta segara menyikapi kejadian ini. Bangunan secepatnya mendapat perbaikan, agar pihak sekolah dapat kembali menggunakan ruangan itu. Sedang menghitung anggaran yang diperlukan. Semoga awal tahun sudah bisa melaksanakan perbaikan,” pungkasnya. (ES/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -