Kamis, Mei 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Detektor AirTags Android dari Apple, Ketahui Cara Kerjanya!

Aplikasi Detektor AirTags Android dari Apple, Ketahui Cara Kerjanya!

Aplikasi Detektor AirTags Android akhirnya diumumkan oleh Apple beberapa hari yang lalu. Perisian aplikasi ini bertujuan untuk dapat membantu para pengguna Android dalam menemukan benda yang pengguna yakini terhubung dengan AirTags.

Sebagai informasi, AirTags adalah suatu perangkat kompatibel tambahan yang dapat dimanfaatkan untuk melacak benda. Seperti kunci, dompet, kalung hewan peliharaan, atau yang lainnya.

Ketika Anda kehilangan benda atau letak objek yang terpasang oleh AirTags, tentunya Anda dapat menemukan kembali dengan lebih mudah. Pasalnya, alat ini dapat menunjukkan lokasi benda atau objek tersebut.

Mengenal Aplikasi Detektor AirTags Android dari Apple

Perusahaan teknologi multinasional Apple mengumumkan akan meluncurkan sebuah aplikasi menarik yang bernama Tracker Detect.

Aplikasi ini tertuju bagi para pengguna Android, sehingga mereka akan lebih mudah dalam memindai AirTags dan melakukan pelacakan barang sekitar.

Berdasarkan laporan dari Reutes, berkat aplikasi besutan Apple ini maka para pengguna Android dapat dengan mudah dalam menemukan perangkat yang kompatibel dengan AirTags.

Baca Juga : Aplikasi Terbaru MyBlueBird Meluncur Pekan Depan, Ini Penjelasannya!

Selain itu, aplikasi ini mampu mendeteksi adanya penguntit yang menggunakan perangkat AirTags untuk mengintip tanpa izin.

Apple mengumumkan bahwa aplikasi detektor AirTags bagi para pengguna Android ini akan datang pada bulan Juni 2022 mendatang.

Aplikasi ini akan tersedia di Google Play Store. Seperti namanya, Tracker Detect dapat memberi kemudahan bagi pengguna ponsel Android untuk mengetahui apa seseorang secara diam-diam memanfaatkan Apple AirTags guna mematai-matai lokasi mereka.

Latar Belakang Hadirnya Aplikasi Detektor AirTags Android

Munculnya aplikasi ini tidak lepas dari adanya penggunaan Apple AirTags untuk memata-matai bahkan dalam hal pencurian.

Salah satu contohnya di Kanada beberapa waktu lalu. Polisi setempat belum lama ini berhasil menangkap kawanan pencuri yang menggunakan AirTags dalam pencurian mobil mahal.

Modus dalam pencurian tersebut, mereka akan menempelkan Apple AirTags pada mobil target di tempat parkir umum.

Baca Juga : Aplikasi Terbaru Android Tercanggih yang Wajib Dimiliki

Selanjutnya para pencuri akan memanfaatkan aplikasi FindMay untuk melacak mobil serta tempat tinggal pemiliknya.

Pada saat sang pemilik lengah, para pencuri mencoba masuk ke dalam dan mencuri mobil yang mereka intai.

Oleh karena itu, untuk mencegah kejahatan tersebut maka hadir aplikasi detektor AirTags ini bernama Tracker Detect di smartphone Android.

Aplikasi ini menyediakan fitur privasi serta keamanan terdepan dalam industri. Berdasarkan laporan terbaru, perusahaan akan memperluas kemampuan barunya ke perangkat Android.

AirTags Apple Sebagai Sarana Pelacakan

Sesuai dengan informasi resmi dari halaman website perusahaan Apple yang menyebutkan bahwa, AirTags merupakan cara mudah dalam melakukan pelacakan pada beberapa barang pengguna.

Dengan memasang AirTags pada kunci yang kita miliki, masukkan ke dalam ransel. Dengan demikian, kunci tersebut akan terpantau melalui aplikasi lacak.

Baca Juga : Aplikasi Vola Sports Terbaru, Saksikan Berbagai Program Olahraga Gratis

Selain itu, juga dapat menemukan perangkat Apple Anda lantas terhubung dengan teman dan keluarga.

Pada saat Anda kehilangan barang atau letak objek yang dipasangi dengan AirTags, maka para pengguna pun dapat mendeteksi alat tersebut.

Aplikasi Detektor AirTags Android akan menampilkan posisi barang atau objek tersebut. Sebelumnya aplikasi ini hanya dapat terlacak melalui perangkat Apple.

Namun sekarang, aplikasi ini akan rilis bagi pengguna Android sehingga mereka dapat terbantu secara proaktif pindai pelacakan barang.

Cara Kerja Aplikasi Detektor AirTags Android

Sebagai perangkat pelacakan, AirTags memperoleh kelengkapan speaker bawaan. Speaker ini memungkinkan para pengguna dalam memutar suara tertentu sebagai penanda.

Aplikasi ini dapat memudahkan dalam menemukan barang yang ada di sekitarnya. Apple mengklaim bahwa aplikasi detektor AirTags Android ini memungkinkan para pengguna secara proaktif memindai pelacak barang.

Pada saat pelacak tersebut telah gerak bersama pengguna dalam kurun waktu 10 menit, maka aplikasi akan bantu menemukannya.

Ini berjalan dengan cara memutar suara serta memberikan panduan untuk menonaktifkannya. Perusahaan meningkatkan standar privasi bagi pengguna serta industri Apple.

Setelah barang berhasil pengguna temukan, maka pengguna akan memperoleh instruksi mengenai bagaimana cara melepas baterai atau menonaktifkan AirTags pada aplikasi detektor.

Fitur dalam aplikasi ini tidak secara otomatis seperti yang terdapat pada perangkat iOS. Akan tetapi, fitur ini memberikan pengguna non-Apple sejumlah tingkat kontrol ketika merasa ada pelacak sudah tersemat pada barang-barang mereka.

Selain itu, aplikasi Detektor AirTags Android juga akan memberi pengguna akses ke nomor seri perangkat.

Mungkin ini sangat penting ketika menghubungi badan penegak hukum pada masing-masing negara pengguna AirTags. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -