Kamis, Januari 27, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi New Bimma Permudah Akses Layanan Disnaker Kota Bandung

Aplikasi New Bimma Permudah Akses Layanan Disnaker Kota Bandung

Aplikasi New Bimma merupakan salah satu bentuk inovasi yang telah Dinas Ketenagakerjaan kembangkan. New Bimma rilis di Kota Bandung di Hotel Papandayan, Bandung, Senin 29 November 2021 lalu.

Melalui aplikasi ini mampu memberi kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses layanan dari Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung lewat website disnakerbandung.go.id.

BIMMA merupakan singkatan dari Bandung Integrated Manpower Management Application. Tidak hanya menyediakan layanan bursa kerja, akan tetapi kurang lebih 30 layanan ketenagakerjaan dapat terakses secara online.

Mengenal Aplikasi New BIMMA

Sebagai salah satu solusi baru dalam membangkitkan dunia yang terdampak pandemi Covid-19, maka Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung pun menghadirkan aplikasi yang menarik. Aplikasi tersebut bernama New Bimma.

Arif Syaifudin selaku Kepala Disnaker menyatakan bahwa, New Bimma adalah inovasi baru yang mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan dari Disnaker Kota Bandung.

Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengoptimalkan sekitar 30 layanan yang terakses melalui perangkat HP. Seperti dalam hal uji kompetensi, pembuatan Kartu Pencari Kerja/AK-1.

Baca Juga : Aplikasi TrueID TV Hadir dan Banyak Meluncurkan Serial Drama Terbaik

Kemudian pelatihan dan pemagangan, pencatatan perselisihan, serta masih banyak lagi bentuk layanan lain yang berhubungan dengan ketenagakerjaan.

Pengembangan aplikasi ini memperoleh dukungan dan anggaran cukup besar, yakni dengan dana APBD kota Bandung.

Dengan demikian, harapan terbesar agar masyarakat mau memanfaatkan New Bimma sebaik-baiknya, terutama di masa pandemi saat ini.

Asal Mula Aplikasi New Bimma

Pada awalnya, nama aplikasi ini hanyalah Bimma saja. Ini merupakan sebuah aplikasi yang telah pemerintah Kota Bandung hadirkan.

Aplikasi ini hadir sebagai layanan pusat informasi dua arus, yakni antara pihak pencari kerja dan pihak pengusaha yang membuka lowongan kerja.

Sebagai informasi bahwa aplikasi Bimma pertama kali meluncur pada tahun 2016 silam. Aplikasi ini hadir dalam dua versi yakni website di http://disnaker.bandung.go.id/disnaker-bursakerja serta versi Android dengan Google Play Store.

Baca Juga : Aplikasi Hitungan Weton Paling Akurat dan Terbaik, Ini Daftarnya

Dalam aplikasi Bimma tersedia berbagai posisi lowongan kerja dari tingkat lulusan SMA hingga perguruan tinggi, bahkan posisi bagi masyarakat difabel.

Akan tetapi, kendala para difabel yang sedang mencari kerja adalah informasi masih sulit mereka peroleh. Selain itu, juga persyaratan yang sulit untuk mereka penuhi.

Dengan seiring berjalannya waktu, Disnaker Kota Bandung semakin mengembangkan aplikasi Bimma dan mengubahnya menjadi New Bimma.

Dengan adanya perubahan nama ini, tentu terdapat banyak pengembangan dan peningkatan ataupun pembaharuan dalam layanan yang aplikasi tawarkan.

Layanan Aplikasi New Bimma

Di era milenial saat ini, sangat penting untuk melakukan penyesuaian banyak hal dengan konsep digital. Hadirnya aplikasi New Bimma sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memerlukan AK-1 atau Kartu Pencari Kerja.

Dengan menggunakan aplikasi ini, mereka tanpa perlu repot antre mendatangi kantor Disnaker Kota Bandung untuk mengurus Kartu Pencari Kerja.

Baca Juga :  Aplikasi Video Bokeh HP Android Terbaik (Update 2021)

Dalam hal ini, para pencari kerja dapat membuat Kartu Kuning melalui aplikasi ini hanya menggunakan perangkat HP yang mereka miliki. Di dalam New Bimma juga terdapat kolom Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Kolom ini dapat masyarakat isi sesuai dengan testimoni serta pengalaman mereka ketika menggunakan aplikasi tersebut. Dengan demikian, besaran tingkat kepuasan masyarakat dapat terukur melalui fitur ini.

New Bimma juga turut memberikan pelayanan dalam hal keperluan perusahaan. Mulai dari kepengurusan Pencatatan Perselisihan, Pengesahan Perjanjian Kerjasama, dan lain sebagainya.

Selanjutnya terdapat pula layanan dalam mengurus Izin Lembaga Pelatihan Kerja, Izin Pelatihan Kerja Laporan, Pengesahan Perjanjian Perjanjian Pemagangan, dan lain yang lainnya.

Pelayanan yang tersedia dalam aplikasi New Bimma pun telah terukur bagi setiap masyarakat. Selain beberapa layanan yang telah terulas sebelumnya, aplikasi ini juga turut membuat informasi bursa kerja.

Terkait dengan adanya kendala dalam penyediaan layanan bagi para masyarakat difabel yang terjadi pada aplikasi sebelumnya, maka Disnaker tengah mematangkan dalam pembuatan Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi masyarakat penyandang disabilitas.

Hal ini nantinya akan menjadi jembatan akses informasi dalam mengakomodasi potensi para disabilitas.

Saat ini aplikasi New Bimma tersedia pada layanan Google Play Store. Dengan download dan install aplikasi tersebut, maka masyarakat pun akan lebih mudah dalam mengakses berbagai fiturnya. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -