Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia Sipebi dari Kemendikbud

Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia Sipebi dari Kemendikbud

Aplikasi penyuntingan ejaan bahasa Indonesia Sipebi merupakan sebuah platform besutan Badan Pengembangan & Pembinaan Bahasa Kemendikburistek.

Aplikasi bernama Sipebi ini sifatnya luring dan mudah alih ataupun portabel dengan fungsi untuk melakukan perbaikan teks bahasa.

Sementara itu, Sipebi sudah bisa pengguna unduh dan Anda gunakan melalui sistem operasi Windows. Karena kabarnya Sipebi masih mempunyai keterbatasan, maka pihaknya juga masih terus mengembangkannya agar lebih baik.

Baca Juga: Antarmuka Baru Panggilan Suara Whatsapp, Masih Tahap Pengembangan

Review Aplikasi Penyuntingan Ejaan Bahasa Indonesia untuk Memudahkan Pengguna

Akhirnya Kemendikbud akan memudahkan para dosen atau akademisi dalam penyuntingan sebuah teks secara otomatis.

Sebab pemerintah telah menawarkan aplikasi Sipebi yang berguna untuk melakukan penyuntingan atau perbaikan teks bahasa.

Tentunya aplikasi ini akan menggunakan pangkalan data KBBI yang termutakhir serta memasukan pada ahli bahasa untuk basis datanya. Dengan demikian, aplikasi ini bermanfaat untuk menyunting karya tulis ilmiah secara mudah.

Aplikasi yang sudah resmi meluncur ini adalah salah satu bentuk atau wujud komitmen badan bahasa guna memartabatkan bahasa Indonesia. Tentunya dengan melalui sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia yang benar dan baik.

Baca Juga: Aplikasi Life+ Point Dari Hanwha Life Hadir Memudahkan Pengguna

Tentang Sipebi

Sipebi merupakan aplikasi penyuntingan ejaan bahasa Indonesia yang bermanfaat untuk melakukan perbaikan teks secara otomatis. Seperti pembahasan awal, aplikasi ini telah menggunakan pangkalan data KBBI pemutakhiran.

Selain itu, Sipebi untuk Windows OS bisa kita jalankan menggunakan NET Framework 4.6.2 bersama Windows 10 1607.

Apabila akan menjalankan aplikasi ini pada Windows OS, maka Anda harus menginstal NET Framework 4.6.2 pada perangkat komputer.

Aplikasi besutan Kemdikbud ini juga mempunyai 4 menu utama, seperti tentang Sipebi, ruang kerja, pengaturan, dan keluar.

Sehingga perbaikan ejaan bahasa Indonesia di aplikasi Sipebi akan lebih cepat karena otomatis. Pengguna tidak perlu repot-repot lagi untuk memperbaiki tulisannya.

Baca Juga: Aplikasi OSS Online Permudah Pengurusan Izin Usaha, Begini Aksesnya!

Memiliki Banyak Fitur

Aplikasi penyuntingan ejaan bahasa Indonesia Sipebi ternyata memiliki fitur histori diagnosa yang sangat berguna untuk penggunanya.

Bagaimana tidak, sebab fitur ini mampu memberi penjelasan dan perbaikan pada kesalahan yang terjadi.

Para pengguna hanya cukup mengklik ikon lokasi warna biru untuk bisa mengetahui teks yang mengalami kesalahan penulisan.

Tentunya hal ini sangat memudahkan pengguna ketika akan memperbaiki tulisan mereka yang salah.

Selain itu, aplikasi ini juga lebih cocok untuk seorang content writer ataupun para pelajar yang tengah mengerjakan berbagai tugas.

Tidak hanya itu, melainkan dosen atau mungkin Anda pun juga bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Dalam istilah lain, aplikasi Sipebi ini merupakan salah satu platform pelengkap KBBI. Selain itu, Sipebi adalah akronim dari sebuah aplikasi penyuntingan ejaan bahasa Indonesia.

Sehingga keberadaan aplikasi ini mampu membuat para penggunanya lebih mudah untuk menyunting tulisan atau karya ilmiah mereka. (R10/HR-Online)

- Advertisment -