Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita BanjarAplikasi SP4N LAPOR, Layanan Pengaduan Masyarakat Kota Banjar

Aplikasi SP4N LAPOR, Layanan Pengaduan Masyarakat Kota Banjar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat, membuka layanan penyampain aspirasi dan pengaduan secara online lewat aplikasi SP4N LAPOR.

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) ini, tujuannya agar masyarakat mempunyai satu pintu atau saluran pengaduan secara nasional.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar, Wawan Gunawan mengatakan, bahwa aplikasi SP4N LAPOR ini, adalah langkah nyata untuk mempercepat akses dan meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat secara digital atau online.

“Termasuk dalam hal ini pelaporan pelayanan masyarakat berbasis elektronik secara terintegrasi,” katanya, Senin (6/12/2021).

Lebih lanjut Wawan menuturkan, aplikasi pengaduan layanan publik 1 pintu ini sudah terintegrasi berjenjang secara nasional.

Selain itu, aplikasi tersebut mengacu pada Perpres Nomor 95/2018 tentang SPBE atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Jadi, aplikasi SP4N LAPOR saat ini jadi bagian dari SPBE,” tutur Wawan.

Wawan menjelaskan, masyarakat bisa menyampaikan semua aspirasi ataupun pengaduan dengan cara lewat beberapa kanal pengaduan.

Kana tersebut antara lain bisa melalui website www.lapor.go.id, Twitter #LAPOR. “Atau masyarakat juga kirim pesan singkat ke SMS1708. Selain itu, bisa juga mengunduh aplikasi ini via Play Store,” jelasnya.

Lebih lanjut Wawan menambahkan, membentuk SP4N LAPOR untuk menjamin hak masyarakat.

Hal tersebut supaya aspirasi maupun pengaduan jenis apapun atau dari manapun, bakal disalurkan kepada penyelenggara yang berwenang menangani.

Menurutnya, langkah tersebut adalah upaya nyata untuk meningkatkan kualitas serta akses pelayanan online atau digital bagi publik.

Oleh karena itu, Kadis Kominfo Kota Banjar mengajak kepada masyarakat untuk salurkan aspirasi maupun pengaduannya lewat jalur resmi pemerintah.

“Ayo, manfaatkan aplikasi SP4N LAPOR,” pungkasnya. (R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -