Kamis, Mei 19, 2022
BerandaBerita CiamisAtap Bangunan SD di Ciamis Ambruk, Diduga Ini Penyebabnya

Atap Bangunan SD di Ciamis Ambruk, Diduga Ini Penyebabnya

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Atap bangunan SD Negeri 2 Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, pada Minggu (26/12/2021) malam hari. Ambruknya atap bangunan yang terbuat dari baja ringan tersebut, tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Kepala Desa Cimaragas, Aan Rohyandi mengatakan, satu ruangan SDN 2 Cimaragas bagian atapnya ambruk. Pihak Desa sendiri baru menerima laporan dari sekolah pada hari ini, Senin (27/12/2021).

“Kami langsung cek ke lokasi, dan memang benar atap bangunan SD tersebut ambruk. Atapnya terbuat dari baja ringan, mungkin tidak kuat menahan beban berat seperti genteng,” katanya.


Atap bangunan SD Negeri 2 Cimaragas yang ambruk pada Minggu (26/12/2021). Foto : Feri/HR

Ia menduga, ambruknya atap bangunan tersebut karena hujan deras yang terus mengguyur Cimaragas dan sekitarnya akhir-akhir ini. Sehingga, atap bangunan SD Negeri 2 Cimaragas tidak kuat menahan beban berat.

“Sepertinya pemasangan baja ringannya juga carang. Sehingga tidak kuat menahan genteng yang cukup berat,” tuturnya.

Lebih lanjut Aan menambahkan, saat ini pihaknya belum bisa menaksir kerugiannya dari kejadian tersebut. Namun, saat ini pihak desa sedang melakukan koordinasi dengan pihak sekolah.

“Pada tahun 2011 juga, katanya atap bangunan ini pernah ambruk akibat gempa. Karena dulu menggunakan atap kayu, sehingga diganti pakai baja ringan. Namun saat ini ambruk lagi. Mudah-mudahan bangunan lainnya aman tidak ambruk,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -