Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruBatuk Kering Berdahak, Ini Bahan Alami untuk Mengobatinya

Batuk Kering Berdahak, Ini Bahan Alami untuk Mengobatinya

Batuk kering berdahak merupakan jenis gangguan yang cukup sering terjadi. Penyakit ini biasanya menyertai serangan flu meski tidak selalu.

Untuk mengatasi gangguan saluran pernafasan ini bisa dengan bahan alami yang tidak kalah efektifnya.

Batuk, mengutip dari laman Smarter Health, pada dasarnya bukanlah sebuah penyakit. Mekanisme ini sesungguhnya merupakan cara kerja tubuh dalam menyingkirkan berbagai benda asing yang masuk ke dalam tubuh.

Melalui batuk inilah tubuh sedang melakukan sistem imunitas guna melindungi sistem pernapasan maupun paru-paru kita. Benda asing yang masuk bisa berupa debu atau makanan yang beracun.

Mekanisme batuk memang mirip dengan bersih dalam menolak penetrasi benda asing yang berbahaya untuk tubuh.

Namun jika batuk terjadi secara berulang atau terus menerus, maka bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan.

Batuk merupakan salah satu kondisi saat kesehatan organ pernapasan terganggu. Untuk batuk sendiri umumnya terdiri dari dua kelompok kondisi. Masing-masing adalah batuk kering dan juga yang berdahak.

Baca Juga : Cara Mengobati Flu dan Batuk Secara Alami yang Efektif

Faktor Penyebab Batuk Kering Berdahak

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu gangguan batuk kering berdahak. Kedua gangguan ini memang berbeda, walaupun sama-sama jenis batuk.

Batuk kering memiliki banyak faktor penyebabnya. Seperti misalnya karena adanya infeksi pernafasan, dan juga adanya peningkatan asam pada lambung Anda. Batuk ini juga bisa menjadi tanda adanya penyakit yang berbahaya.

Sedangkan untuk kondisi batuk berdahak, ternyata juga memiliki sejumlah faktor penyebab yang sebaiknya Anda tahu.

Beberapa pemicu batuk jenis ini antara lain seperti karena infeksi saluran pernafasan atau flu yang timbul akibat berlebihan asap rokok. Bisa juga karena adanya peradangan pada saluran pernafasan atau inflamasi.

Selain itu, faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab batuk kering dan berdahak ada banyak.

Seperti karena lendir (postnasal drip), asma, alergi, gangguan pernapasan saat tidur, hingga karena efek samping konsumsi obat-obatan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Berdasarkan Penyebabnya

Cara Mengobati Batuk Kering Berdahak

Dalam mengatasi penyakit batuk bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara. Termasuk dengan menggunakan cara alami. Bahan-bahan alami yang kita gunakan pun cukup mudah untuk kita temukan.

Berikut ini adalah beberapa cara dalam mengobati batuk kering berdahak secara alami yang bisa anda coba lakukan.

Menggunakan Buah Anggur

Buah anggur memiliki kandungan yang bersifat ekspektoran, yaitu zat yang sangat baik untuk meredakan batuk berdahak.

Maka dari itu, mengonsumsi buah dengan rasa yang manis dan segar ini bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk mengatasi batuk berdahak secara alami.

Cara kerja dari buah anggur ini adalah mampu mengeluarkan lendir yang tersimpan dalam saluran pernafasan. Untuk mengolahnya, Anda bisa membuat jus anggur atau bisa mengkonsumsi anggur secara rutin.

Baca Juga : Batuk Tak Kunjung Sembuh, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Memanfaatkan Jahe

Gangguan batuk kering berdahak juga bisa Anda redakan menggunakan jahe. Karena jahe juga memiliki kandungan yang mampu mengatasi gangguan batuk secara alami.

Rebus jahe menggunakan air sebanyak 3 gelas, kemudian tunggu hingga airnya agak menyusut. Lalu minumlah rebusan jahe ini secara teratur agar nantinya batuk bisa Anda redakan secara alami.

Jeruk Nipis dan Kecap

Campuran jeruk nipis menggunakan kecap bisa menjadi kombinasi bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi batuk kering berdahak secara alami.

Kandungan anti radang dari jeruk nipis memang sangat baik untuk Anda gunakan dalam pengobatan penyakit batuk secara alami. Gunakan kecap sebagai bahan campurannya.

Dengan Daun Mint

Anti inflamasi yang ada pada daun mint secara efektif bisa meredakan batuk kering sekaligus berdahak. Efek hangat dari daun mint ini bisa Anda gunakan untuk menghangatkan tenggorokan secara alami.

Otot halus pada trakea bisa Anda lemaskan menggunakan daun mint ini. Teh daun mint bisa Anda coba untuk meredakan kedua jenis batuk tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu ke dalam ramuan teh daun mint agar hasilnya lebih berkhasiat lagi.

Itulah beberapa faktor penyebab batuk kering berdahak yang sebaiknya Anda waspadai. Anda bisa menggunakan sejumlah bahan alami untuk mengatasi gangguan batuk ini secara alami. Jika kondisi tidak membaik segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online/Editor-Eva)