Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaTeknologiAplikasiBug WhatsApp di iPhone Trending di Twitter, Apa penyebabnya?

Bug WhatsApp di iPhone Trending di Twitter, Apa penyebabnya?

Bug WhatsApp di iPhone menyebabkan para penggunanya kesulitan untuk mengakses WhatsApp. Mereka tidak mengetahui apa penyebab aplikasi WhatsApp tidak bisa terbuka.

Aplikasi iOS ini mulai mogok tak lama setelah pengguna membukanya. Masalah ini tentunya sudah mempengaruhi banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia beberapa jam terakhir.

Bug WhatsApp di iPhone, Kenapa?

Pada Rabu (15/12/21) lalu, ramai trending tagar di aplikasi Twitter tentang masalah bug yang terjadi di pengguna WhatsApp iOS.

Aplikasi pesan instan itu berhenti bekerja secara tiba-tiba di iPhone. WhatsApp akan mogok dan macet sesaat setelah penggunanya mengetuk ikon aplikasi.

Bug WhatsApp di iPhone membuat para pengguna tidak bisa mengakses daftar percakapan maupun, mengirim pesan dan menikmati fitur WhatsApp lainnya.

Memang bukan rahasia umum bahwa aplikasi WhatsApp iOS akhir-akhir ini sering mengalami bug atau macet. Akan tetapi memang belum pernah separah ini.

Baca Juga: Fitur Pesan Sementara WhatsApp Maksimalkan Privasi, Simak Caranya!

Hanya Terjadi di Pengguna iPhone

Sejauh ini laporan yang masuk menunjukkan hanya pengguna WhatsApp iOS yang merasakan kendala di aplikasinya.

Memang WhatsApp memiliki beberapa versi. Versi tersebut berupa Android, iOS dan Web.

Versi WhatsApp tersebut tergantung dari di mana pengguna mengunduh. App Store untuk versi iOS, Google Play Store sebagai Android.

Sedangkan pada WhatsApp web pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi. Mereka hanya perlu membuka WhatsApp web melalui browser pada perangkat komputernya.

Selain whatsApp reguler, aplikasi WhatsApp Business juga mengalami crash atau gangguan. Sama seperti yang lainnya, gangguan tersebut berupa aplikasi yang tidak bisa terbuka.

Penyebab Bug yang Terjadi

Hingga saat ini masih belum ada kepastian apa yang menjadi penyebab errornya aplikasi WhatsApp. Akan tetapi, sudah muncul beberapa dugaan.

iOS merupakan sistem operasi seluler khusus yang menjalankan iPhone. Pihak iPhone selalu memperbarui sistem tersebut demi kenyamanan penggunanya.

Baru-baru ini Apple, selaku perusahaan pembuat iPhone baru saja meluncurkan sistem iOS terbarunya, yaitu iOS 15.2.

Pembaruan iOS tersebut dibarengi beberapa fitur andalan. Tetapi, kenyataannya bisa juga memunculkan masalah pada aplikasi eksternal.

Sebelumnya juga pengguna iPhone mengeluhkan notifikasi penyimpanan penuh yang terus muncul setelah pembaruan iOS. Padahal, ruang penyimpanan pada ponselnya masih sangat besar.

Beberapa pengguna yang melaporkan gangguan di whatsApp mereka mengatakan bahwa masalah muncul sesaat setelah melakukan update iOS.

Namun, beberapa pengguna mengalami masalah yang serupa bahkan sebelum mereka memperbarui sistem iOS nya.

Dugaan penyebab bug WhatsApp di iPhone adalah karena adanya masalah di server Facebook.

Baca Juga: Fitur Preview Voice Note WhatsApp Terbaru, Ini Kegunaannya!

Cara Memperbaikinya

Error yang ada terjadi pada aplikasi WhatsApp ini tentunya sangat mengganggu. Terlebih saat ini aplikasi pesan tersebut sudah seperti kebutuhan pokok.

Semua komunikasi terjadi di sana. Belum lagi masalah ini juga terjadi pada pengguna WhatsApp Business yang tentunya mempengaruhi proses berjualan.

Oleh karena itu beberapa pihak sudah mulai mencari cara agar WhatsApp mereka cepat pulih.

Beberapa orang di aplikasi Twitter memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan. Mereka melaporkan bahwa masalah bug WhatsApp di iPhone mereda dapat teratasi dengan mengaktifkan mode pesawat.

Sementara itu, pihak WhatsApp berpendapat bahwa masalah bug di aplikasi mereka disebabkan karena masalah jaring.

Mereka juga memberikan sebuah solusi sementara untuk para penggunanya.

  • Matikan ulang telepon seluler Anda.
  • Buka aplikasi WhatsApp pada iPhone.
  • Nyalakan Mode Pesawat dan matikan kembali.
  • Pergi ke Pengaturan iPhone.
  • Pilih menu Seluler dan aktifkan Data Seluler.
  • Kembali ke laman awal pengaturan.
  • Pilih menu Wifi dan aktifkan.
  • Matikan Wifi dan nyalakan kembali.

Pengguna juga bisa coba menyambungkan dengan jaringan Wifi lain atau matikan sebentar router Wifi.

Cara lainnya untuk mengatasi bug WhatsApp di iPhone adalah dengan membuka pengaturan di iPhone dan pergi ke Umum. Pilih menu Atur Ulang Jaringan Ini.

Dengan itu maka jaringan Wi-Fi yang tersimpan akan terhapus. Pengguna bisa memasukkan kembali secara manual.

Jika pengguna menggunakan menggunakan kartu SIM prabayar, kemungkinan harus melakukan penyesuaian pengaturan APN pada ponsel. Untuk tahap ini bisa menghubungi operator jaringan yang digunakan.

Hingga saat iniĀ  belum ada cara pastiĀ  yang bisa menghilangkan bug WhatsApp di iPhone. Namun pengguna bisa sedikit bernafas lega karena saat ini pihak WhatsApp tengah melakukan pembaruan aplikasi khusus untuk pengguna iPhone. (R10/HR-Online)