Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruBusi Mobil Iridium, Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Kerjanya

Busi Mobil Iridium, Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Kerjanya

Busi mobil iridium hadir dengan beberapa keunggulan jika dibanding dengan jenis lainnya. Namun tidak hanya hadir dengan keunggulan, jenis busi yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Sama seperti komponen lainnya yang hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui jika mobil memiliki berbagai komponen untuk menunjang performa agar bisa berfungsi dengan optimal.

Salah satu yang memiliki peran cukup vital yaitu busi. Busi menjadi komponen penting dalam sistem pembakaran sebuah kendaran. Busi yang berkualitas tentu akan menghasilkan tenaga yang bagus.

Maka dari itu, ketika komponen tersebut bermasalah tentu akan menghasilkan performa yang kurang bagus. Bahkan justru akan semakin buruk jika tidak segera Anda ganti.

Performa kendaraan salah satunya memang tergantung dari kualitas busi yang dikenakan. Selain itu, bahan bakar dan udara yang masuk juga memiliki peran yang cukup penting.

Karena alasan inilah ada baiknya jika Anda memilih busi yang bagus dan berkualitas. Di pasar otomotif tentu busi hadir dengan berbagai pilihan. Ada yang jenis standar dan ada juga yang namanya iridium.

Baca Juga : Efek Peredam Kap Mesin, Mampu Menjaga Suhu Komponen Kendaraan

Busi mobil iridium memang banyak dijadikan pilihan karena hadir dengan banyak kelebihan. Namun sebelum menggunakannya ada baiknya jika Anda mengenal apa itu busi iridium dan kelebihannya.

Pengertian Busi Mobil Iridium dan Kelebihannya

Busi menjadi komponen pengapian dalam kendaraan. Ada beberapa jenis busi yang dijual di pasaran. Namun dari sekian banyaknya jenis busi perbedaannya terletak pada bahan baku dan spesifikasinya.

Salah satu yang biasa dijadikan pilihan yaitu busi iridium. Busi iridium itu sendiri terbuat dari bahan logam iridium.

Dimana bahan tersebut memiliki tekstur yang sangat keras, anti karat bahkan tahan terhadap suhu panas. Sehingga hadir dengan keunggulan yang cukup bagus.

Logam iridium memiliki titik didih yang cukup tinggi. Hal ini membuktikan percikan api yang dihasilkan tentu akan lebih fokus meski permukaan lebih kecil.

Sehingga busi iridium sangat tepat pada kendaran yang membutuhkan percikan api tinggi. Karena alasan inilah mengapa sebagian besar orang memilih menggunakan busi yang satu ini daripada jenis lainnya.

Baca Juga : Komponen Gardan dan Fungsinya pada Mesin Kendaraan Roda Empat

Keunggulan Busi Iridium

Mengingat busi menjadi komponen vital, pastikan Anda harus bisa memilih yang tepat. Pastikan busi mobil iridium menjadi pilihan.

Hal ini karena jenis busi yang satu ini hadir dengan keunggulan dari jenis lainnya. Adapun keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan busi iridium antara lain:

  1. Memiliki gas buang yang lebih ramah lingkungan
  2. Bahan berkualitas, keras, tahan api, dan ujung elektroda lebih kecil yaitu 0,4 mm
  3. Umur pemakaian lebih lama 20-50 km dan bisa disesuaikan dengan gaya setiap pengendara
  4. Lebih mudah dalam menghidupkan mesin kendaraan
  5. Memiliki anti carbon fouling, sehingga bisa membersihkan karbon sendiri saat memercikan api, dan
  6. Akselerasi kendaraan jadi lebih spontan.

Kekurangan Busi Mobil Iridium

Selain memiliki kelebihan tentu ada juga kelemahannya. Hal ini sama seperti jenis busi lainnya.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Busi iridium bisa dengan mudah melelehkan mesin karena mampu menghasilkan suhu panas yang tinggi. Hal ini akan mengakibatkan mesin menjadi turun drastis.

Cara Kerja Busi Iridium

Selain Anda tahu pengertian dan kelebihan dari busi mobil iridium, perlu tahu juga bagaimana cara kerjanya.

Fungsi dari busi memang cukup vital yaitu sebagai penghasil percikan daripada ruang pembakaran kendaraan.

Cara kerja busi iridium pada mobil maupun motor sama. Busi dapat terpasang pada kepala silinder untuk menghasilkan percikan api pada ruang bakar mesin.

Tujuannya yaitu untuk membakar udara dan mengkompresi bahan bakar kendaraan. Setelah itu, mesin akan mengeluarkan energi yang kemudian kendaraan dapat Anda jalankan.

Busi jenis yang satu ini akan meminimalisir timbulnya keausan pada elektroda. Rata-rata penggunaan hingga mencapai 100.000 mil.

Setelah itu, Anda bisa mengganti busi dengan yang baru. Sebaiknya pilih busi yang sesuai dengan tipe kendaraan agar busi dapat berfungsi secara optimal.

Memiliki kendaraan tidak hanya menggunakannya saja. Akan tetapi Anda juga perlu melakukan perawatan dan pengecekan beberapa komponen. Salah satunya yaitu busi.

Ada baiknya jika Anda memilih busi yang tepat sesuai tipe kendaraan salah satunya busi mobil iridium. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -