Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Beli Mobil Cash Tanpa Ribet dan Cepat, Ini Prosedurnya

Cara Beli Mobil Cash Tanpa Ribet dan Cepat, Ini Prosedurnya

Cara beli mobil cash akan jauh lebih untung daripada membeli secara kredit. Pembelian dengan cara tunai membutuhkan biaya lebih sedikit daripada total saat kredit. Hanya saja, tabungan Anda akan terkuras dalam jumlah besar sekali waktu.

Dalam pembelian kendaraan baru terdapat prosedur yang perlu Anda ikuti. Masih bingung dengan prosedur pembelian mobil secara tunai? Simak ulasannya.

Bingung Beli Mobil Cash? Ikuti Cara Ini!

Membeli secara tunai memang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya tidak terbebani angsuran bulanan. Ikuti cara ini untuk dapatkan kemudahan dalam pembelian kendaraan.

Pilih Jenis Mobil Sesuai Keinginan

Pertama, Anda tentukan terlebih dahulu jenis mobil apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa mencari referensi dari berbagai situs di internet terkait mobil beserta harganya.

Cara beli mobil cash perlu Anda pertimbangkan dari segi kebutuhan. Sehingga membeli tak hanya karena keinginan bergaya saja.

Sebagai contoh membeli mobil untuk keluarga, maka Anda pilih jenis mobil MPV yang memiliki kabin luas.

Baca Juga : Tips Beli Mobil Keluarga, Dapatkan Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Menyesuaikan Budget yang Dimiliki

Mengingat pembelian mobil membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka sangat penting untuk menghitung kembali keuangan Anda dan budget tersebut apakah sesuai keinginan.

Budget yang Anda miliki berhubungan langsung dengan jenis dan model yang dibutuhkan. Hitung kembali secara detail anggarannya.

Jangan sampai membeli kendaraan dengan harga terlalu mahal. Akibatnya hanya akan menyusahkan diri sendiri.

Persiapan anggaran tidak hanya terfokus pada harga unitnya saja. Namun Anda perlu persiapkan anggaran untuk asuransi, pajak, servis rutin, dan lainnya.

Lakukan Survey

Cara beli mobil cash alangkah baiknya Anda mencari informasi atau melakukan survey beberapa tempat. Usahakan jangan buru-buru. Mendapatkan mobil yang pas dengan harga terbaik akan lebih menguntungkan Anda.

Baca Juga : Tips Membeli Mobil Bekas dengan 5 Cara Ampuh dan Efisien

Selain itu, penting Anda ketahui kelebihan dan kekurangan dari tipe yang Anda inginkan. Baik kualitas dan perawatannya. Terlebih harga jual yang nantinya Anda dapatkan setelah penggunaan.

Siapkan Booking Fee

Beli mobil secara cash juga membutuhkan tanda jadi atau uang muka pembayaran. Hal ini sebagai tanda jadi dari pembelian yang akan dilakukan.

Besaran nilai booking tergantung dari setiap dealer dan tergantung jenis kendaraannya. Kebijakan showroom berbeda-beda. Mulai dari 1 atau 5 juta.

Jika Anda telah memberikan uang muka pembayaran, maka Anda mendapatkan Surat Pemesanan Kendaraan.

Negosiasikan terlebih dahulu kepada pihak dealer untuk mendapatkan penawaran terbaik, baik diskon, bonus, maupun aksesoris dengan beragam promo menarik.

Cara beli mobil cash, lakukan pengecekan Surat Pemesanan Kendaraan. Mulai dari tanggal pemesanan berupa tanggal Anda memberikan booking fee.

Baca Juga : Tips Memilih Mobil Sesuai Kepribadian, Kamu Termasuk yang Mana?

Selain itu, terkait harga baru adalah harga mobil mengalami kenaikan di kemudian hari. Bahkan untuk warna mobil baru, apakah sudah mengikat atau mengubah warna lain setelah booking.

SPK mencakup tanda tangan kedua belah pihak. Syarat dan ketentuan sudah tertulis di dalamnya. Untuk lembar customer harus dipegang oleh pembeli sebagai bukti booking fee.

Sementara masalah lain yang terjadi adalah pembatalan dari pelanggan. Jika benar terjadi, maka pastikan Anda mendapatkan uang kembali 100%. Begitu juga pembatalan dari pihak dealer, tidak ada masalah di kemudian hari.

Pengiriman Unit ke Pelanggan

Jika Anda telah mendapatkan SPK, maka tinggal menunggu unit dikirim dari pihak dealer dan tipe mobil dipesan kondisinya ready stock. Cara beli mobil cash umumnya, pelanggan diminta menunggu adanya unit kendaraan.

Apabila telah tiba saat penerimaan kendaraan, sebaiknya Anda cek ulang secara detail serah terima kendaraan tersebut.

Hal ini untuk menghindari kecacatan dari dealer terkait kondisi fisik kendaraan. Usahakan dengan teliti. Jika menemukan kecacatan, maka utarakan pada pihak dealer.

Serah Terima Surat Kendaraan

Setelah melakukan pengecekan kendaraan, maka Anda wajib melakukan tanda tangan penerimaan unit. Hal ini sebagai kepastian bahwa konsumen telah melakukan pemeriksaan unit.

Biasanya surat kendaraan yang akan pembeli terima adalah STNK. Paling lama 1 hingga 1,5 bulan setelah serah terima unit yang Anda pesan.

Sementara BPKB dapat Anda terima sekitar 6 bulanan sejak serah terima unit kendaraan. Cara beli mobil cash tersebut dapat menjadi petunjuk untuk Anda sehingga tidak ada hal terlewat nantinya. (R10/HR-Online/Editor-Eva) 

- Advertisment -