Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita BisnisCara Beli Saham Mitratel Melalui e-IPO yang Disediakan BEI

Cara Beli Saham Mitratel Melalui e-IPO yang Disediakan BEI

Cara beli saham Mitratel kini sudah bisa Anda pesan melalui e-IPO. Sejak bulan lalu masa penawaran saham perusahaan Mitratel sudah dimulai.

Sahamnya PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk ini juga telah berakhir beberapa hari setelahnya. Pemesanan saham bisa melalui e-IPO dengan akun investor itu sendiri.

Untuk jumlah penawaran saham perdananya sebanyak 2.920.512.000 atau setara dengan 27,63%. Hal ini modal yang ditempatkan dan disetor oleh perusahaan setelah penawaran umum dilakukan.

Harga penawaran saham tersebut senilai Rp 800 per saham. Perusahaan itu akan mendapatkan dana dari penawaran sebesar Rp 18,33 triliun.

Bahkan apabila terjadi kelebihan pemesanan dengan cara beli saham, maka dana dari IPO sebesar Rp 20,43 triliun.

Baca Juga: Cara dan Tips Membeli Saham untuk Pemula

Panduan Cara Beli Saham Mitratel di e-IPO

e-IPO atau (Electronic Indonesia Public Offering) merupakan sistem elektronik berbasis web. e-IPO ini sudah disediakan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia).

Tujuannya yaitu memberikan informasi terkait penawaran umum perdana saham IPO. Bahkan mampu melakukan pemesanan dengan cara beli saham Mitratel IPO dari emiten yang sedang melakukan penawaran.

Dengan adanya kemudahan yang BEI berikan ini, membantu nasabah dapat melakukan pemesanan saham yang akan listing. Proses yang ada yaitu bookbuilding dan pooling.

Bookbuilding dan pooling ini membantu nasabah mudah dalam melakukan pemesanan melalui sistem e-IPO yang BEI sediakan.

Baca Juga: Cara Beli Saham Blue Chip Agar Untung Besar Risiko Kerugian Kecil

Hasil Penawaran Saham Mitratel

Cara beli saham Mitratel kini memang lebih mudah. Sebab pihak BEI sendiri sudah menyediakan layanan yang tepat. Mitratel ialah perusahaan kelola menara telekomunikasi.

Bahkan Mitratel juga menjadi anak usaha dari PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM). Dana yang ada dari penawaran saham tersebut untuk belanja modal organik.

Perusahaan menggunakan dana sebesar 44% untuk kebutuhan pembangunan menara dan penambahan site. Selanjutnya dana sebesar 56% untuk belanja modal anorganik.

Mulai dari akuisisi menara telekomunikasi, akuisisi strategi produk, teknologi, dan layanan baru yang bersinergi.

Sisa dari dana yang sudah ada tersebut bermanfaat untuk kebutuhan modal kerja dan peningkatan sistem teknologi informasi.

Baca Juga: Diversifikasi Investasi Saham, Inilah Tips untuk Melakukannya

Tujuan dari e-IPO

Seperti yang sudah Anda ketahui jika saham Mitratel kini pemesanan bisa melalui e-IPO. Adapun tujuan e-IPO sendiri yaitu:

  1. Mampu memperluas partisipasi sebuah perusahaan efek sebagai selling agent dalam proses penawaran umum
  2. Meningkatkan kemudahan akses investor saat berpartisipasi dalam pasar perdana
  3. Likuiditas perdagangan saham di pasar sekunder pasca penawaran umum meningkat
  4. Meningkatkan kesempatan investor dalam memperoleh alokasi penjatahan.

Memiliki saham dengan harga tinggi tentu menjadi incaran para investor. Bahkan kini juga muncul kemudahan dalam pembelian saham Mitratel.

Sebab saat ini cara beli saham Mitratel bisa Anda lakukan melalui e-IPO dengan tujuan yang baik. Bahkan lebih mudah dan dapat memberikan keuntungan yang besar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -