Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Engine Brake Motor Kopling, Pengertian dan Keefektifannya

Cara Engine Brake Motor Kopling, Pengertian dan Keefektifannya

Cara engine brake motor kopling membantu meringankan kinerja rem. Mengingat kini sepeda motor semakin diminati membuat para produsen mampu menghadirkan kendaraan dengan kinerja yang bagus.

Bahkan hadir berbagai fitur menarik dan modern untuk menunjang keselamatan berkendara. Dari sekian banyaknya komponen yang bertanggung jawab menggerakkan kendaraan, ada juga sistem untuk mengurangi kecepatan.

Salah satu komponen vital dalam kinerja kendaraan yaitu pengereman. Jika tidak ada sistem keselamatan yang satu ini, tentu akan mudah terjadi kecelakaan.

Untuk itu, sebagai pemilik sepeda motor, lebih memperhatikannya. Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan secara berkala. Apalagi kini sepeda motor hadir dengan berbagai tipe menarik.

Baca Juga: Cara Menetralkan Rem Kopling yang Mudah, Berikut Tutorialnya

Sehingga bisa sesuai dengan keinginan dan kepiawaian pengendara sendiri. Salah satunya yaitu kendaran dengan cara kopling. Cara engine brake motor kopling pun berbeda dengan jenis yang lainnya.

Hanya saja, untuk tujuan penggunaannya hampir sama. Kondisi sistem pengereman baik tentu akan memberikan keselamatan yang lebih juga bagi pengendara.

Maka dari itu, dengan melakukan perawatan, membuat kinerja sistem tersebut bisa berjalan dengan optimal. Namun yang namanya juga mesin, tentu bisa saja mengalami masalah.

Bahkan saat kondisinya bagus, rem juga masih kurang. Bahkan sudah dilakukan penekanan dan menginjak secara tepat.

Salah satu solusi tepat yang perlu Anda lakukan yaitu menggunakan engine brake. Dengan menggunakannya, dipercaya mampu menghambat laju kendaraan.

Pengertian dan Cara Engine Brake Motor Kopling

Melakukan pengereman secara mendadak pada sepeda motor, membutuhkan teknik yang tepat. Hal ini bertujuan agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Engine brake itu sendiri adalah suatu proses untuk memperlambat laju kendaraan menggunakan mesin. Cara yang dilakukan dengan menurunkan speed atau percepatan.

Misalnya ketika Anda mengendarai pada posisi gigi 4 dan akan melakukan pengereman, sebaiknya kurangi gigi menjadi posisi 3.

Secara garis besar penurunan gigi ke posisi rendah ini akan membantu Anda dapat melakukan pijakan rem dengan lebih baik.

Sehingga bisa bekerja secara optimal. Bahkan cara ini banyak juga dilakukan pada motor kopling.

Tidak hanya untuk pengereman mendadak saja, engine brake juga banyak terpakai ketika berada pada jalanan ekstrim atau jalan menurun tajam.

Sebenarnya cara engine brake motor kopling tidak sulit. Namun Anda harus bisa menyesuaikan antara penurunan gigi dan pelepasan gas.

Dengan begitu, putaran mesin secara otomatis akan menurun. Bahkan laju kendaran juga lebih lambat.

Baca Juga: Cara Merawat Kopling Mobil Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Penggunaan Engine Brake

Cara engine brake motor kopling sebaiknya dengan penurunan posisi gigi secara berurutan. Jangan langsung dari posisi 4 ke 1 yang justru akan membuat komponen terkait mengalami kerusakan.

Jika kondisinya cukup mendadak, jangan hanya memanfaatkan engine brake. Sebaiknya lakukan pengereman dengan baik.

Jika pada kendaraan transmisi manual, sebaiknya lepas gas, tekan kopling, turunkan gigi, dan lepas kopling secara perlahan sambil menekan rem. Sebenarnya untuk berbagai motor tipe apa saja bisa menggunakan engine brake.

Hanya saja, cara untuk menggunakannya yang berbeda. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan kopling, bisa menggunakannya dengan tepat.

Keefektifan Penggunaan Engine Brake

Cara engine brake motor kopling memang mampu bekerja dengan lebih optimal. Bahkan fungsinya cukup terasa dan tinggi peran yang bisa Anda dapatkan.

Pengereman dan penurunan putaran mesin tersebut mampu bekerja hingga 50%. Namun dengan catatan, pengendara harus bisa memperhatikan RPM pada panel speedometer motor.

Saat engine brake Anda lakukan, pastikan posisi RPM berada pada putaran rendah. Hal ini perlu Anda lakukan untuk tetap menjaga keamanan mesin, pengendara, dan orang lain.

Dapat kesimpulan jika fungsi dari engine brake itu sendiri teknik yang membantu pengereman lebih optimal. Sehingga mampu menghambat RPM mesin pada posisi gigi terendah.

Dengan begitu, sistem pengereman akan cukup terbantu. Bahkan dalam posisi pengereman mendadak sekalipun. Adanya bantuan teknik ini, risiko terjadinya kecelakaan juga akan kecil.

Pastikan Anda tahu bagaimana cara engine brake motor kopling yang tepat. Sebaiknya jangan lakukan penurunan gigi dari posisi tinggi ke paling rendah. Sebab jika Anda lakukan, justru akan merusak komponen lainnya. (R10/HR Online)

- Advertisment -