Senin, Mei 16, 2022
BerandaTeknologiAplikasiCara Melakukan Panggilan Internasional Gratis WhatsApp yang Aman

Cara Melakukan Panggilan Internasional Gratis WhatsApp yang Aman

Cara melakukan panggilan internasional gratis WhatsApp sangat wajib Anda ketahui. Sebelum teknologi berkembang pesat seperti saat ini, untuk melakukan panggilan internasional perlu membayar biaya yang lebih mahal.

Ketika internet hadir, masalah ini langsung teratasi. Internet memberikan kemudahan untuk berhubungan. Tidak hanya dengan orang yang ada di dalam negeri, tetapi di seluruh dunia.

Selagi mereka terhubung dengan internet, maka Anda bisa terus berhubungan tanpa kendala yang berarti. Nah, untuk melakukan panggilan internasional di internet tidaklah sama dengan saat di telepon seluler biasa.

Anda memerlukan sebuah platform yang menyediakan layanan bertukar pesan dan telepon suara seperti WhatsApp.

Baca Juga: Amazon, Facebook dan Twitter Undur Diri Dalam CES Las Vegas Tahun Ini

Panduan Cara Melakukan Panggilan Internasional Gratis WhatsApp

WhatsApp saat ini menjadi aplikasi pesan instan terpopuler di Indonesia dan bahkan di dunia. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya saling berkomunikasi dalam jarak jauh sekalipun.

Anda hanya perlu jaringan internet agar bisa menggunakan aplikasi ini. Jika dikalkulasikan, tentunya biaya penggunaan WhatsApp jauh lebih murah daripada menggunakan aplikasi pesan seluler seperti dahulu kala.

Jika menggunakan jasa kirim pesan SMS atau telepon biasa, Anda memerlukan pulsa untuk setiap pesan dan panggilan suara yang terkirim. Selain itu, fitur di dalamnya juga sangat terbatas.

Seperti contoh, Anda tidak bisa mengirim foto dan video dengan sesuka hati. Dalam melakukan panggilan pun sangat terbatas karena mengambil banyak pulsa seluler.

Lain cerita jika Anda menggunakan WhatsApp. Mengirim foto, video, hingga telepon suara bisa Anda lakukan dengan bebas.

Selain fitur dasar, WhatsApp juga terus berkembang sehingga menghadirkan berbagai terobosan baru, seperti video call, voice note, gif, status WhatsApp, dan lainnya.

Tidak ada biaya tambahan yang berarti. Hanya perlu membeli satu kali paket internet yang bisa Anda gunakan untuk membuka aplikasi apa saja.

Begitu pula ketika ingin berkirim pesan atau telepon dengan orang di luar negeri. Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp karena gratis.

Baca Juga: Fitur Instagram Batasi Embed Foto Demi Lindungi Hak Cipta

Langkah-Langkah

Berikut ini cara melakukan panggilan internasional gratis WhatsApp.

  1. Pastikan Anda sudah menyimpan kode dial orang yang ingin dihubungi.
  2. Cari kontak WhatsApp tersebut.
  3. Klik menu ikon panggilan suara dan video pada bagian kanan atas layar.
  4. Panggilan akan mulai berdering dan otomatis tersambung jika orang yang Anda hubungi mengangkatnya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Kode dial sangatlah penting agar cara melakukan panggilan internasional gratis WhatsApp mengetahui dari negara mana orang tersebut berasal sehingga bisa menyambungkan segera.
  • Jika belum mengetahui kode negara, Anda bisa mencarinya di mesin pencarian dengan mengetik kode awal panggilan negara X.

Ketika panggilan suara berlangsung, Anda bisa mengubah mode dari panggilan biasa menjadi video call dan sebaliknya.

Keunggulan Panggilan Internasional WhatsApp

Cara melakukan panggilan internasional gratis WhatsApp memberikan banyak keunggulan untuk penggunanya. Tentunya keunggulan utamanya adalah lebih hemat.

Seperti yang diketahui, tarif panggilan suara ke luar negeri sangatlah mahal. Bahkan Anda tidak bebas karena setiap detik panggilan akan memotong pulsa seluler.

Dengan menggunakan WhatsApp sebagai platform, Anda menghemat biaya pulsa dan bahkan bisa melihat wajah kerabat atau teman yang jauh di sana via fitur video call.

Keunggulan lainnya adalah Anda tetap bisa kapan saja berkabar dengan orang-orang terkasih yang tinggal jauh di luar negeri. Meskipun tidak dapat bertemu langsung, tetapi setidaknya Anda bisa bertukar rasa rindu.

Baca Juga: Cara Mematikan TalkBack Vivo, Hindarkan Suara yang Menganggu di HP

Cara Menghemat Paket Internet Saat Panggilan Internasional

Meskipun panggilan internasional di WhatsApp tidak mengambil pulsa atau biaya apapun, tetapi jumlah internet data ketika melakukan panggilan suara dan berkirim pesan berbeda.

Paket internet biasanya akan lebih boros saat panggilan suara. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan cara ini untuk mengatur jumlah paket data internet yang dikeluarkan.

  1. Buka pengaturan di aplikasi WhatsApp.
  2. Pergi ke menu Penyimpanan Data.
  3. Selanjutnya Anda bisa alihkan ke opsi Gunakan Lebih Sedikit Data untuk Panggilan.

Dengan mengaktifkan pengaturan tersebut, maka WhatsApp secara otomatis akan mengambil lebih sedikit data di setiap panggilan yang Anda lakukan.

Jika mengaktifkan pengaturan data, maka Anda akan lebih menghemat paket data internet ketika mengikuti cara melakukan panggilan internasional gratis WhatsApp. (R10/HR-Online)

- Advertisment -