Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat Kop Surat di Word dengan Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Kop Surat di Word dengan Mudah dan Sederhana

Cara membuat kop surat di Word bisa dibilang cukup mudah. Sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, surat dinas merupakan surat resmi.

Maka dari itu, surat tersebut harus menurut kaidah pembuatan dan rincian yang sempurna. Mulai dari bahasanya yang baku dan efektif. Sehingga kejelasan tujuan dari surat akan mudah dimengerti.

Pada umumnya, surat resmi biasa untuk keperluan formal. Maka dari itu, pastikan jika Anda tahu apa saja struktur pembuatan surat resmi. Salah satu hal utama dan tidak bisa tertinggal yaitu kop surat.

Kop surat atau kepala surat adalah salah satu antara struktur paling penting dalam pembuatan surat resmi. Bagian surat yang satu ini mampu mewakili identitas sebuah organisasi, perusahaan, atau lembaga tertentu.

Karena perannya yang cukup penting, membuat siapa saja harus tahu bagaimana cara membuatnya. Terutama cara membuat kop surat di Word. Dengan tahu cara ini, Anda harus bisa membuatnya menggunakan Microsoft Word.

Sebenarnya cara membuatnya bisa dibilang cukup sederhana. Dalam pembuatannya, Anda bisa menggunakan Ms Word versi apa saja. Adapun fitur yang perlu Anda ketahui ketika hendak membuat kop surat yaitu Header dan Footer.

Baca Juga: Cara Membuat Grafik di Word HP Melalui Fitur Chart, Simak Tutorialnya!

Panduan Cara Mudah Membuat Kop Surat di Word

Ada banyak jenis surat yang biasa ada dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang namanya surat resmi dan tidak resmi. Saat ini kita akan membahas tentang struktur surat resmi yaitu kop atau bagian kepala.

Kop surat menjadi identitas jika surat tersebut bersifat resmi atau tidak. Oleh karena alasan inilah Anda harus bisa tahu cara untuk membuatnya. Salah satunya membuatnya menggunakan Ms Word.

Cara ini bisa dibilang cukup mudah dan sederhana. Apalagi jika Anda tahu apa itu fitur Header pada lembar kerja. Agar tidak salah dalam membuat, berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan.

Cara membuat kop surat di Word cukup sederhana. Dengan catatan Anda tahu dulu apa fitur Header dan Footer hingga fungsinya.

Baca Juga: Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word HP dengan Mudah

Pengertian Header dan Fungsinya

Jika Anda ingin membuat surat resmi, sebaiknya kenali dulu fitur Ms Word yang satu ini. Header merupakan area yang terdapat pada margin atas dalam halaman Ms Word.

Area kosong inilah yang bisa Anda jadikan kop surat. Sedangkan untuk fungsinya sendiri, Header yaitu cukup beragam. Salah satunya sebagai cara membuat kop surat di Word.

Dalam bagian ini, Anda bisa memasukkan informasi terkait alamat, nomor kontak, nama, dan masih banyak yang lainnya.

Ada fitur lain yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui yaitu Footer. Footer adalah area kosong dengan posisi berada pada bagian bawah margin halaman.

Sedangkan untuk fungsinya sendiri yaitu untuk menambahkan teks pada area tersebut. Misalnya menuliskan nomor halaman. Perbedaan Header dan Footer hanya terlihat dari letaknya saja. Sehingga akan cukup mudah untuk memahami.

Langkah Membuat Kop Surat di Word dengan Header

Saat Anda ingin membuat kop surat, jangan khawatir. Kini semua Ms Word memiliki fitur tersebut. Bahkan biasanya sudah menyediakan template kop surat gratis yang bisa Anda gunakan.

Namun sayangnya, karena setelahnya diatur secara default membuatnya jarang terpakai. Jika Anda bandingkan dengan pembuatan kop dengan cara lain, ternyata di Word semua akan terasa lebih mudah dan sederhana. Cara membuatnya dengan bantuan fitur Header yaitu:

Baca Juga: Update One UI 4 Resmi Diumumkan, Hadirkan Beragam Fitur Baru

  1. Buka menu Insert > Header dan Footer > Header.
  2. Selanjutnya Anda bisa memasukkan alamat, logo, nama bahkan informasi penting lainnya ke dalam Header.
  3. Dengan melakukan langkah sebelumnya Anda secara otomatis sudah bisa membuat kop surat dengan aman dan berhasil.

Header menjadi fitur baru yang membuat kop surat jauh lebih mudah. Menariknya lagi, kop surat dari lembaga terakhir masih bisa Anda gunakan kembali.

Menggunakan Ms Word membuat siapa saja bisa membuat kop surat. Saat itulah Anda perlu tahu cara membuat kop surat di Word. Semua bisa mudah asalkan Anda tahu fitur hingga fungsi dari Header dan Footer. (R10/HR-Online)

- Advertisment -