Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuka File APK di HP Mudah dan Aman, Simak Tips Praktisnya!

Cara Membuka File APK di HP Mudah dan Aman, Simak Tips Praktisnya!

Cara membuka file APK yang tidak muncul di HP memang harus Anda perhatikan secara seksama. Tentu Anda pernah melihat file dengan ekstensi APK dan seringkali Anda merasa kebingungan dengan apa itu file APK.

Berikut ini dapat Anda simak tentang pengertian file APK dan bagaimana cara membukanya di smartphone Anda.

Baca Juga: Menggabungkan File PDF Secara Online

Panduan Cara Membuka File APK di HP Praktis

Pengguna smartphone akan selalu dimanjakan dengan kehadiran berbagai jenis aplikasi maupun game yang tersedia di Play Store.

Hal ini sangat memudahkan bagi para pengguna smartphone yang ingin downlod ataupun instal aplikasi yang mereka butuhkan.

Namun, seringkali pengguna merasa kebingungan jika ingin install aplikasi yang tidak terdapat di app store resmi tersebut. Sehingga mengharuskan para pengguna untuk melakukan download melalui pencarian di internet.

Terdapat berbagai jenis format yang akan kita temui ketika mendownload aplikasi atau game, sebagai contoh APK dan XAPK.

Untuk yang belum pernah install game atau aplikasi di luar Play Store, mungkin akan merasa kebingungan bagaimana cara membuka file apk di HP. Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat terpasang pada perangkat HP Anda.

Pengertian File APK

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara membuka file APK yang aman di perangkat HP, penting kita pahami tentang apa itu file APK. APK merupakan suatu berkas yang berisikan dengan paket aplikasi Android.

Dalam file tersebut, Anda akan menemukan berbagai jenis file yang telah melalui proses kompres dengan format zip atau lainnya. Untuk dapat membuka file APK, dapat kita download melalui situs yang menyediakannya.

Baca Juga: Cara Mengekstrak File RAR di HP Sangat Mudah, Berikut Tutorialnya

Dalam toko aplikasi resmi seperti Play Store, tentunya memiliki persyaratan untuk aplikasi baru yang akan masuk ke sini. Karena tidak memenuhi syarat itulah, maka Anda tidak akan menemukan suatu game atau aplikasi di sini.

Dengan kata lain, file APK adalah aplikasi ataupun game yang tidak resmi. Tidak menutup kemungkinan platform ini ada malware di dalamnya. Dengan demikian, Anda perlu berhati-hati pada saat mendownloadnya.

Langkah Membuka File APK Secara Aman

File APK dapat terbuka pada sejumlah sistem operasi, terutama pada perangkat Android. Untuk dapat membuka file APK pada perangkat Android, Anda hanya perlu mengunduh seperti saat unduh file apapun.

Selanjutnya dapat membukanya saat diminta. Namun file APK yang terpasang di luar Google Play Store mungkin tidak dapat langsung terpasang pada perangkat.

Hal ini karena adanya pemberlakukan blokir keamanan. Untuk dapat melewati pembatasan unduhan ini serta menginstall APK dari sumber tidak dikenal, Anda dapat melakukan dengan cara:

  1. Buka Settings pilih Security atau Setting > Application untuk perangkat yang lebih tua
  2. Pilih menu aplikasi dan cari Unknown Source atau Sumber Tidak Dikenal
  3. Kemudian beri tanda centang pada kontak yang berada di sebelah Unknown Source.
  4. Berikutnya Anda mungkin harus mengkonfirmasi tindakan ini dengan klik OK.
  5. Cara membuka file APK di HP selanjutnya adalah dengan membuka tempat penyimpanan folder download. Pilih APK yang akan Anda buka atau install. Tunggu hingga proses install selesai.

Baca Juga: Fitur Locked Folder Google Photos Rilis di Android, Privasi Lebih Aman!

Tips Membuka File APK yang Aman

Setelah mempelajari bagaimana cara membuka file APK di HP, maka Anda juga perlu mengetahui tips memperoleh file APK yang aman. Ini penting untuk Anda ketahui supaya file APK yang akan Anda gunakan tidak tersusupi oleh virus.

Tidak hanya virus saja yang dapat masuk ke perangkat HP, tapi juga spam. Hal ini apabila Anda mengunduh aplikasi yang berasal dari tempat tidak resmi. Selain itu, terdapat pula banyak aplikasi bajakan yang beredar di internet.

Hal ini tentunya sangat berbahaya apabila APK tersebut Anda gunakan atau masuk ke perangkat HP. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu memilih situs yang terpercaya sehingga keamanannya telah terjamin.

Selain itu, Anda juga dapat install antivirus pada perangkat. Pilih antivirus yang sesuai dengan kebutuhan. Salah satu fungsi adanya antivirus adalah untuk membantu Anda dalam mendeteksi malware yang muncul di APK.

Hal terpenting lainnya yang perlu Anda perhatikan saat mengunduh APK tidak resmi adalah pastikan perizinan APK di pengaturan telah aktif.

Dengan mengetahui tips dan cara membuka file APK untuk perangkat HP di atas, maka Anda dapat install aplikasi yang Anda inginkan secara lebih aman. (R10/HR-Online)

- Advertisment -