Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Alternator Mobil, Fungsi, Hingga Cara Kerjanya

Cara Memperbaiki Alternator Mobil, Fungsi, Hingga Cara Kerjanya

Cara memperbaiki alternator mobil cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Ketika kondisi alternator mengalami kerusakan, terkadang sering terabaikan.

Sehingga kerusakan pada alternator tersebutlah yang mengakibatkan kinerjanya kurang maksimal. Alternator menjadi salah satu komponen yang ada pada kendaraan.

Komponen tersebut menjadi penunjang kelistrikan dalam sebuah mobil. Alternator biasa disebut dengan dinamo untuk menyuplai kelistrikan. Mengingat kelistrikan berpengaruh pada beberapa fitur dalam mobil.

Mulai dari fitur injeksi, lampu, whisper, kipas pendingin, dan masih banyak yang lainnya. Meski tanpa alternator, mobil masih tetap bisa berjalan. Hanya saja, fitur yang ada pada kendaraan akan tidak berfungsi.

Karena perannya yang begitu penting, sebaiknya pemilik kendaraan harus bisa melakukan pengecekan secara berkala. Bahkan Anda juga harus tahu bagaimana cara memperbaiki alternator mobil.

Panduan Cara Memperbaiki Alternator Mobil dengan Tepat

Alternator memiliki fungsi yang cukup penting untuk kendaraan roda empat, termasuk mobil. Jika kondisinya melemah atau bahkan rusak, tentu akan berpengaruh pada komponen lainnya.

Baca Juga : Kekentalan Oli untuk Mobil Tua Ternyata Mempengaruhi Performa Mesin

Terutama pada bagian kelistrikan kendaraan. Jika alternator rusak membuat aliran listrik pada baterai terputus. Apabila kondisi ini Anda biarkan saja maka mengakibatkan mobil mogok.

Sebagai pemilik kendaraan, mengetahui cara memperbaikinya adalah jalan terbaik. Adapun cara yang bisa Anda lakukan ketika alternator mengalami kerusakan yaitu:

  1. Bersihkan komponen tersebut
  2. Bongkar alternator
  3. Cek bearing alternator dengan dinamo teaser
  4. Sebaiknya periksa diameter slip ring rotor. Jika kurang dari 12,5 mm, maka bisa dipastikan rotor perlu diganti.
  5. Periksa juga rumah bearing
  6. Cek panjang brush pada regulator. Jika panjangnya kurang dari 4 mm, maka perlu diganti dengan yang baru
  7. Cek juga gulungan stator. Jika ukuran tahanan stator kurang dari 20 Ohm, bisa saja terjadi kebocoran
  8. Ukur tahapan slip ring. Ketika ukurannya di bawah 1,5-4 Ohm, Anda harus membersihkannya
  9. Setelah Anda melakukan pengecekan semua komponen tersebut, pasang bearing kembali dan cek dengan dinamo teaser.

Ketika cara memperbaiki alternator mobil Anda lakukan, maka memudahkan komponen tersebut berfungsi kembali. Lantas apa sebenarnya fungsi dari alternator?

Baca Juga : Variasi Kap Mesin Mobil dengan Air Flow, Ini Cara Merawatnya

Fungsi Alternator Mobil

Menggunakan cara memperbaiki alternator mobil bisa membantu Anda menghidupkan kembali sistem kelistrikan. Fungsi dari alternator mobil itu sendiri merupakan sumber energi listrik.

Seperti yang sudah kita ketahui jika sebagian besar komponen mobil membutuhkan aliran listrik. Bahkan alternator juga berfungsi untuk menyuplai asupan listrik pada aki. Aki hanya menopang komponen elektrik mesin mobil.

Cara Kerja Alternator

Setelah Anda tahu cara memperbaiki alternator mobil dan fungsinya, tentu juga perlu tahu bagaimana kinerjanya.

Cara kerja komponen mobil satu ini yaitu menggerakkan medan magnet yang berada pada sebuah kumparan.

Sehingga akan menimbulkan energi listrik. Arus bolak-balik atau Alternating Current merupakan tegangan arus listrik dari alternator.

Baca Juga : Ciri-Ciri Mobil Harus di Spooring Agar Aman dan Nyaman Saat Berkendara

Karena arus bolak-balik tidak tepat untuk sistem kelistrikan mobil, maka diubah menjadi arus searah atau Direct Current menggunakan rectifier.

Ciri-Ciri Alternator Perlu Diganti

Sebelum Anda tahu bagaimana cara memperbaiki alternator rusak, kenali dulu ciri-cirinya. Ada banyak yang bisa Anda ketahui ketika komponen tersebut bermasalah. Sehingga selalu cek kondisinya secara berkala.

Ciri-ciri alternator bermasalah antara lain:

  • Ketika mobil dan lampu indikator tak menyala, tentu kelistrikan tidak mengalir
  • Saat suara bising muncul, maka bearing rusak atau diode rectifier terputus
  • Mobil tidak bisa distarter dan lampu redup karena sistem kelistrikan tidak mendapatkan suplai energi
  • Saat rpm mesin naik, lampu akan terlihat terang namun berkedip. Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan hal buruk terjadi atau overcharge. Jika output berada dalam tegangan 15 volt, maka temperatur aki menjadi panas karena mendidih.

Sebenarnya banyak sekali komponen mobil yang memiliki masa pemakaian tersendiri. Apalagi ketika kondisinya rusak, membuat kinerja akan berkurang.

Hal ini juga bisa terjadi pada altenator mobil. Mengingat perannya cukup vital, ada baiknya jika Anda memberikan pengecekan secara berkala. Sehingga Anda bisa tahu kapan komponen perlu ganti.

Ada baiknya juga jika Anda tahu fungsi dan cara kerja alternator mobil. Selain itu, sebaiknya Anda juga perlu tahu cara memperbaiki alternator mobil dengan tepat. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -