Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mencuci Baju Bahan Rayon Agar Kain Tidak Mudah Menyusut

Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Agar Kain Tidak Mudah Menyusut

Cara mencuci baju bahan rayon tidak bisa sembarangan. Jika salah dalam melakukannya justru bahan akan menyusut atau menciut setelah dicuci. Merawat baju berbahan rayon memang tidak bisa Anda anggap sepele.

Bahan yang terbuat dari bubuk kayu ini mudah sekali menciut. Agar bisa membuat bahan tetap dalam kondisi bagus, pastikan Anda tahu bagaimana cara merawatnya.

Sehingga baju bahan rayon masih tetap bisa Anda kenakan meski dalam waktu lama. Banyak sekali bahan yang digunakan untuk membuat baju. Semua jenis bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hal ini juga bisa Anda temukan pada bahan rayon. Agar baju yang Anda miliki tetap dalam kondisi bagus dan awet, sebaiknya cari tahu bagaimana perawatan yang tepat.

Baca Juga: Style Outer Pria, Rekomendasi Bagi Anda yang Ingin Tampil Maskulin

Panduan Cara Mencuci Baju Bahan Rayon Agar Tidak Menyusut

Rayon adalah salah satu jenis bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan berbagai jenis busana. Bahkan termasuk hijab. Sayangnya merawat pakaian bahan rayon tidaklah mudah.

Perlu perlakuan khusus agar bahan tidak menyusut. Kain bahan rayon akan mudah rusak saat dalam kondisi basah. Karena alasan inilah tentu Anda perlu tahu bagaimana cara mencucinya dengan tepat.

Bahan yang satu ini dianjurkan dicuci dengan cara dry clean atau mencuci menggunakan tangan. Agar tidak salah dalam merawat kain rayon, simak tips berikut ini.

Baca Juga: Cara Mencuci Baju Sesuai Bahannya, Pakaian Tetap Awet

Gunakan Conditioner Rambut

Cara mencuci baju bahan rayon yang pertama yaitu menggunakan conditioner rambut. Menggunakan bahan yang satu ini berfungsi untuk membuat serat bahan rayon menjadi lembut.

Bahkan dapat terhindar dari risiko bahan menyusut. Sehingga ukurannya pun akan sama seperti bahan semula. Cara untuk mencuci kain bahan rayon yaitu gunakan satu sendok conditioner rambut dengan air hangat.

Rendam dan biarkan kurang lebih 30 menit. Remas secara perlahan kemudian bentangkan di atas handuk kering. Selanjutnya gulung keduanya dan ambil kain rayon lalu jemur.

Gunakan Sampo Bayi

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan ketika mencuci kain rayon. Selain conditioner, Anda bisa gunakan sampo bayi. Caranya pun hampir sama ketika Anda menggunakan conditioner.

Cukup campur sampo dengan air hangat. Selanjutnya kucek perlahan secara lembut. Jika sudah, remas secara perlahan. Hindari pembilasan dan pemerasan. Sehingga tidak akan merusak tekstur bahan kain.

Baca Juga: Gamis Rayon Viscose, Perhatikan Perawatannya Agar Lebih Awet

Hindari Menggunakan Mesin Cuci

Agar tidak menyusut yaitu menghindari penggunaan mesin cuci. Jika Anda mencucinya dengan mesin cuci, justru pakaian bahan rayon akan mudah menciut. Karena alasan inilah bahan rayon membutuhkan perawatan khusus.

Bahkan Anda juga harus menghindari memeras kain rayon. Hal ini bertujuan agar ukuran busana tetap dalam kondisi sama.

Bagi Anda yang memiliki busana bahan tersebut, ada baiknya jika mengetahui bagaimana cara mencuci baju bahan rayon yang tepat. Gunakan tips tepat agar ukuran baju tidak menyusut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -