Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghubungkan iPhone ke TV Tanpa Kabel, Mudah dan Aman

Cara Menghubungkan iPhone ke TV Tanpa Kabel, Mudah dan Aman

Cara menghubungkan iPhone ke TV tanpa kabel mudah. iPhone menjadi salah satu ponsel Android yang banyak dipilih karena kecanggihannya.

Apalagi fitur yang dimiliki juga cukup bervariatif. Namun sayangnya, masih banyak penggunanya yang kurang tahu bagaimana cara menghubungkan dengan TV.

Mungkin cara ini dianggap sulit. Namun sebenarnya jika Anda tahu caranya, mudah sekali. Bahkan tanpa harus menggunakan kabel sekalipun.

Jika Anda sudah lama menggunakan MAC, tentu tahu susah senang pemakaiannya. Bahkan termasuk saat Anda menggunakannya untuk nonton film.

Sayangnya, masih banyak pengguna MAC yang tidak tahu bagaimana cara menghubungkan antara iPhone dengan TV. Menonton film dengan layar smartphone tentu kurang memuaskan.

Karena alasan inilah sebagian besar orang mencari cara bagaimana bisa menghubungkan dengan TV. Sehingga aktivitas menonton Anda pun akan terasa lebih optimal.

Layar MAC yang terbatas dimensinya menjadi salah satu alasan Anda harus tahu cara menghubungkan iPhone ke TV tanpa kabel.

Dengan menghubungkan antara keduanya, Anda bisa mendapatkan tampilan layar besar yang maksimal. Asalkan semua perangkat mendukung, maka untuk menyambungkan keduanya tidak akan sulit.

Baca Juga: Hotspot iPhone Tidak Muncul di Perangkat, Berikut Solusinya!

Inilah Cara Mudah Menghubungkan iPhone ke TV Tanpa Kabel

Banyak pemilik perangkat Android yang menginginkan penggabungan ponsel dan TV. Salah satunya iPhone dengan TV. Sebenarnya cara yang bisa Anda lakukan cukup mudah.

Dengan catatan, perangkat Anda sudah memiliki fitur Mirroring. Cara untuk mengetahui apakah sudah memiliki fitur tersebut, Anda bisa cek spesifikasi TV.

Jika TV belum memiliki fitur tersebut, misalnya untuk TV tabung atau biasa, tentu Anda membutuhkan perangkat tambahan. Anda juga perlu menyiapkan kabel untuk menghubungkan antara iPhone dan TV.

Anda pun tidak bisa menggunakan fitur Mirroring yang ada pada Macbook. Berikut ini ada beberapa cara mudah dan aman untuk bisa menggabungkan antara iPhone dengan TV.

Menggunakan Perangkat Chromecast

Cara menghubungkan iPhone ke TV tanpa kabel bisa dengan bantuan perangkat Chromecast. Perangkat yang satu ini adalah produk Google.

Jika Anda menggunakan perangkat ini, harus memiliki sambungan dengan WiFi yang sama antara keduanya. Adapun cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu:

Baca Juga: Rekam Suara Internal dan Eksternal Android Dengan Mudah

  1. Anda bisa colokkan perangkat Chromecast ke TV yang akan tersambung dengan iPhone.
  2. Lakukan konfigurasi pada perangkat tersebut agar bisa terhubung dengan WiFi.
  3. Install aplikasi Google Home pada iPhone Anda melalui Play Store.
  4. Pada bagian TV, Anda bisa pilih saluran ke HDMI.
  5. Selanjutnya akan diminta untuk proses sinkron antara TV dan iPhone. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasukkan kode yang ada pada TV ke ponsel.
  6. Setelah proses sinkron berhasil, tentu TV dan iPhone akan tersambung. Lalu bisa Anda gunakan untuk menonton.

Menggunakan AirPlay

Teknologi AirPlay merupakan buatan Apple yang cukup bagus untuk aktivitas streaming. Dengan menggunakan perangkat ini, tentunya beragam file iPhone bisa Anda hubungkan ke TV.

Bahkan menariknya lagi, perangkat ini juga dapat menggunakan iPhone di TV. Jika Anda ingin menggunakannya, cukup mudah. Adapun cara yang bisa Anda lakukan ketika menggunakan perangkat AirPlay yaitu:

  1. Gunakan iPhone untuk kendalinya. Selain itu, untuk bisa memainkan screen mirroring, ketuk undian.
  2. Setelah itu, ketika layar pada posisi terkunci terdapat ikon gelembung dengan TV di dalamnya. Biasanya akan muncul pada bagian pojok.
  3. Untuk mirroring sendiri terdapat menu screen yang bisa Anda manfaatkan untuk mengontrol. Selanjutnya Anda bisa pilih menu hentikan pencerminan.

Baca Juga: Buat Stiker WA Tanpa Aplikasi Tambahan di Ponsel dan PC

Cara untuk menggunakan perangkat AirPlay cukup mudah. Anda bisa buka menu Airplay, namun sebelumnya hidupkan Apple TV. Pilih opsi Everyone dan hidupkan fitur AirPlay Macbook.

Anda bisa pilih menu utama System Preferences > Display dan klik Display Tab. Pilih AirPlay Display dan tekan On. Pilih tanda centang pada Show mirroring options di menu bar when available.

Pada layar perangkat akan muncul AirPlay dalam kotak segitiga dan Anda bisa klik. Pilih Apple TV untuk menampilkannya dalam perangkat iPhone. Cara menghubungkan iPhone ke TV tanpa kabel pun bisa Anda lakukan dengan mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -