Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Oper Gigi Mobil yang Halus, Menjaga Kenyamanan Berkendara

Cara Oper Gigi Mobil yang Halus, Menjaga Kenyamanan Berkendara

Cara oper gigi mobil yang halus tentu harus diketahui para pemilik mobil manual. Dengan mengetahui teknik tersebut, tentu membuat rasa nyaman selama berkendara.

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak dijadikan pilihan karena mampu melindungi diri saat hujan maupun panas. Bahkan mampu membawa banyak barang maupun penumpang.

Namun dari banyaknya kelebihan yang dimiliki, pastikan Anda bisa mengendarainya dengan aman dan tepat.

Salah satunya dalam menggunakan gigi mobil manual. Lantas bagaimana sebenarnya cara untuk mengoper gigi mobil yang halus?

Tentu tidak bisa Anda lakukan begitu saja. Sebenarnya ada teknik yang bisa Anda lakukan untuk mengopernya dengan rasa yang halus.

Berbeda bagi Anda yang mengendarai mobil matik. Sudah tidak perlu memikirkan tentang cara oper gigi.

Umumnya perubahan gigi sering terasa kasar membuat penumpang merasa kurang nyaman. Sebab, saat pergantian gigi mobil akan mengalami hentakkan ketika kopling terhubung kembali.

Baca Juga : Modifikasi Interior Mobil, Perhatikan Bagian-Bagian Ini Agar Lebih Nyaman

Hal ini memang wajar dan sering terjadi. Apalagi bagi Anda pengemudi pemula belum bisa melakukan cara oper gigi mobil yang halus. Karena alasan inilah, pastikan Anda perlu belajar untuk bisa melakukan pengoperan secara halus.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan agar hal ini tidak terjadi. Sehingga Anda dan penumpang akan tetap merasa nyaman selama berkendara.

Panduan Cara Oper Gigi Mobil yang Halus Bagi Pemula

Mengoper gigi pada mobil manual tentu hal yang sering terjadi. Saat Anda ingin melakukannya, pastikan bisa mengoper secara halus. Sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu melatih feeling. Pastikan Anda bisa merasakan saat posisi gigi, putaran mesin, hingga kecepatan kendaraan.

Sebenarnya memindahkan gigi pada mobil manual termasuk salah satu yang cukup sulit Anda lakukan, apalagi bagi pemula.

Menyetir mobil manual tentu membutuhkan kesabaran. Khususnya saat harus mengoper persneling sambil menginjak pedal kopling.

Baca Juga : Jenis Sekring Mobil, Hadir dengan 4 Pilihan Berbeda Bentuk dan Warna

Sebaiknya jangan langsung lompat dari gigi tinggi ke tingkatan terendah. Lakukan secara bertahap. Sehingga perpindahan gigi tidak akan terasa kasar.

Bagi Anda pemula yang sedang belajar menyetir mobil manual, sebaiknya gunakan langkah berikut ini.

Pastikan melakukan cara perpindahan gigi secara tepat. Sehingga tidak akan mengganggu tingkat kenyamanan berkendara.

Menginjak Kopling Secara Penuh

Cara oper gigi mobil yang halus yaitu dengan menginjak kopling secara penuh. Sebaiknya lakukan pada pijakan kopling secepat mungkin meski posisinya pada pedal gas ditekan sedikit.

Menekan kopling secara cepat tidak akan memiliki pengaruh penting. Cukup tekan kopling, maka tenaga yang tersalur dari mesin ke sistem transmisi terputus secara cepat.

Saat posisi seperti ini, maka kendaraan akan berjalan berdasarkan sistem gaya inersia yang terjadi sebelumnya.

Baca Juga : Starter Mobil Mati, Ada Penyebab yang Perlu Segera Ditangani

Saat kondisi ini, maka Anda akan merasakan laju kendaraan yang terasa halus seperti getaran dan sistem transmisi yang terasa hilang.

Lepas Pedal Gas

Adapun cara oper gigi mobil yang halus selanjutnya yaitu melepas pijakan pada pedal gas. Anda akan terbiasa dengan kondisi di mana proses pelepasan pedal gas terjadi bersamaan menekan pedal kopling secara penuh.

Dengan melepas pedal gas tersebut secara sementara, maka membuat putaran mesin menurun.

Hal ini mengakibatkan getaran pada kendaraan tidak akan terlalu besar dan tak menghentak. Pastikan menekan kopling secara penuh.

Geser Tuas Persneling Sesuai Gigi yang Dibutuhkan

Setelah melepas pedal gas, sebaiknya geser tas persneling pada posisi gigi yang Anda butuhkan.

Pastikan ketika Anda menggeser bagian tuas persneling gigi transmisi telah masuk. Cara oper gigi mobil yang halus ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan.

Melepas Injakan Pedal Kopling

Setelah Anda menemukan posisi posisi tersambungnya mesin dengan transmisi, selanjutnya lepas pedal kopling. Sebaiknya angkat injakan pedal kopling secara perlahan.

Anda bisa merasakan perpindahan transmisi ke mesin. Setelah merasa pas, baru Anda bisa melepas injakan pedal kopling secara penuh.

Cara yang satu ini menjadi tanda berakhirnya perpindahan gigi. Sehingga Anda akan merasakan perpindahan secara halus.

Dengan cara oper gigi mobil yang halus membuat Anda dan penumpang merasa lebih nyaman. (R10/HR-Online-Editor-Eva)

- Advertisment -