Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Tambal Ban Tubles dengan Langkah Sederhana Namun Efektif

Cara Tambal Ban Tubles dengan Langkah Sederhana Namun Efektif

Cara tambal ban tubles ternyata tidak sulit. Bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Benarkah demikian? Pengguna ban tubles saat ini memang sudah banyak sekali.

Selain lebih awet dan aman, pengguna juga akan bisa melakukan penambalan sendiri ketika bocor. Ban menjadi komponen penting pada kendaran tentu Anda juga harus memilih yang tepat.

Pastikan Anda memilih ban dengan kualitas bagus agar tidak susah menggantinya. Sebab, seiring penggunaannya tentu ban juga mengalami keausan.

Kita tahu bahwa tidak sedikit orang yang mengalami ban bocor ketika berada di perjalanan. Jika sudah terjadi hal tersebut tentu akan membuat pengendara merasa kesal.

Salah satu yang kini banyak dilakukan para pemilik sepeda motor yaitu mengganti ban dengan kualitas bagus. Salah satunya yaitu ban tubles.

Selain kualitasnya yang bagus, tipe ban ini tidak langsung kempes ketika mengalami kebocoran. Anda bisa melakukan penambalan sendiri ketika hal buruk tersebut terjadi.

Kenyataannya cara tambal ban tubles berbeda dengan jenis biasanya. Dalam keadaan mendesak pun Anda justru bisa menambal nya sendiri di rumah. Namun dengan catatan Anda memiliki perlengkapannya sendiri di rumah.

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Turun Mesin Agar Kendaraan Kembali Prima

Adapun beberapa alat yang Anda butuhkan antara lain cleaning hook, lem, karet penambal, dan pengait. Setelah Anda siapkan peralatan bisa mengikuti langkah penambalan yang tepat.

Cara Tambal Ban Tubles Sendiri Secara Efektif

Ban kendaraan memang sering mengalami yang namanya masalah. Salah satu yang sering dihadapi para pemilik kendaraan yaitu bocor.

Hampir semua jenis ban bisa mengalami yang namanya kebocoran. Begitu juga dengan ban tubles.

Jika bocornya ban berada di tempat ramai dan dekat dengan tukang tambal mungkin bukan masalah yang serius. Berbeda jika masalah ini berada di area yang sepi.

Tentunya ini menjadi masalah yang perlu segera mendapatkan solusi. Untuk bisa mengatasi masalah kebocoran ban dimanapun berada, tidak ada salahnya jika Anda tahu caranya yang tepat.

Berikut ini ada beberapa langkah tepat jika Anda ingin belajar menambal ban tubles sendiri.

Baca Juga : Fungsi Alur pada Ban Kendaraan Sesuai dengan Jenisnya

1. Cari Tahu Titik Kebocoran

Cara tambal ban tubles yang pertama yaitu mengetahui titik bocornya ban itu sendiri. Namun pastikan Anda memiliki persiapan alat untuk melakukan penambalan sendiri di rumah.

Tekanan ban tubles tidak akan habis seperti pada tipe lainnya. Sehingga tekanan angin pada ban hanya akan berkurang sedikit demi sedikit.

Meski tidak langsung habis, namun gejalanya akan terasa saat Anda masih mengendarainya. Indikator ban tubles bocor yaitu akan terasa berat saat dikendarai.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui titik kebocorannya yaitu dengan memompanya. Selanjutnya siram dengan air sabun secara perlahan. Jika ban bocor akan muncul gelembung udara.

Namun sebelum mengatasinya, Anda juga bisa gunakan metode string untuk mengatasi kebocoran. Dengan catatan Anda tahu jenis kebocoran ban tubles.

2. Bersihkan Permukaan Ban

Pada langkah yang kedua Anda bisa pastikan ban dalam kondisi bersih terlebih dulu. Setelah benar-benar bersih baru lakukan cara tambal ban tubles.

Anda bisa gunakan cleaning looking atau pembuka lubang yang sudah dipersiapkan sejak awal. Alat tersebut memiliki bentuk seperti sekrup dan ada ulirannya.

Sebaiknya tusuk bagian yang bocor dengan alat tersebut sampai titik bocor terbuka agak lebar. Masukkan ulir dan putar hingga masuk, setelah itu, cabut dengan mengulirnya secara berlawanan.

Baca Juga : Tips Memilih Warna Velg Motor, Sesuaikan dengan Cat Bodi Kendaraan

3. Masukkan Karet Penambal

Untuk langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memasukkan karet penambal ke pengait. Cara tambal ban tubles yang satu ini cukup mudah. Anda cukup ambil satu karet dengan bentuk memanjang seperti cacing.

Setelah itu, masukkan sampai setengah ke lubang pengait. Alat pengait yang satu ini memiliki bentuk seperti jarum dengan dimensi berukuran besar.

Setelah Anda lakukan barulah berikan olesan lem pada karet penambal. Pastikan lem terolesi secara merata pada seluruh permukaan karet.

4. Cek Kembali Kebocoran dengan Menusuknya

Setelah Anda lakukan beberapa langkah sebelum nya jangan lupa untuk melakukan pengecekan. Jika semua sudah siap segeralah menusuk bagian yang bocor tadi dengan pengait.

Tekan hingga setengah karet dan lumuri lem secara merata. Selanjutnya tarik pengait secara cepat dan biarkan yang tertinggal hanyalah karet penambal saja.

Gunting ujung karet yang menjuntai hingga terlihat rapi. Itulah beberapa cara tambal ban tubles sendiri secara efektif yang bisa Anda coba. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -