Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita TasikmalayaCek Vaksinasi di Tasikmalaya, Kapolda Jabar: Target Desember 70 Persen

Cek Vaksinasi di Tasikmalaya, Kapolda Jabar: Target Desember 70 Persen

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Suntana, menargetkan 70 persen vaksinasi Covid-19 di Jabar sampai akhir Desember 2021. Hal itu ia katakan saat cek vaksinasi Covid-19 di Gedung Islamic Center, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (9/12/2021).

Kedatangan Kapolda Jabar tersebut langsung disambut Kapolres Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya, Dan Brigif Tasikmalaya, Dan Lanud Tasikmalaya. Kemudian, Bupati Tasikmalaya dan Ketua DPRD Tasikmalaya.

Adapun target vaksinasi yang Polres Tasikmalaya gelar tersebut sebanyak 2.000 orang dari berbagai kalangan masyarakat umum, termasuk pelajar dan santri.

Irjen Pol Suntana mengatakan, datang ke Tasikmalaya pertama untuk memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kemudian yang kedua, katanya, adalah untuk mengecek dan memastikan giat vaksinasi berjalan dengan lancar.

“Dan alhamdulillah situasi Kamtibmas serta pelaksanaan vaksinasi kondusif,” katanya, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut Kapolda Jabar menambahkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid19 untuk Provinsi Jawa Barat sendiri, saat ini angkanya hampir mendekati 68 persen.

Oleh karena itu ia berharap, pada akhir Desember 2021 ini bisa mencapai target 70 persen.

Target tersebut bukan tanpa alasan. Sebab menurutnya, beberapa kota dan kabupaten di Jawa Barat saat ini juga tingkat pertumbuhan vaksinasinya tercapai.

“Mudah-mudahan kesehatan masyarakat bertambah. Kalau vaksinnya bagus, kan nanti baraya-baraya urang (saudara-saudara kita) bisa kerja. Kalau bisa kerja kan ekonominya tumbuh,” ucapnya.

Selain mengecek pelaksanaan vaksinasi, Kapolda Jabar juga memberikan bantuan sembako serta hadiah doorprize kepada masyarakat yang ikut vaksin Covid-19.

“Sambil vaksin, memberikan sembako dan kasih doorprize supaya masyarakat semangat dan antusias untuk suntik vaksin,” ujarnya.

Bupati Tasikmalaya Ikut Cek Vaksinasi

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan, pihaknya menargetkan pada pertengahan Desember 2021 sampai 70 persen warga yang ikut vaksinasi.

Ia menuturkan, bahwa untuk data masyarakat Tasikmalaya yang sudah vaksin, sudah hampir di atas 70 persen. 

“Sedangkan untuk data lansia yang sudah vaksin, datanya sama dengan masyarakat umum sudah lebih dari 57 persen,” katanya saat ikut mengecek pelaksanaan vaksinasi bersama Kapolda Jabar, Kamis (9/12/2021).

Lebih lanjut Bupati Tasikmalaya menambahkan, pihaknya bersama TNI/Polri dan gugus tugas terus bekerja secara masif. Hal itu agar target vaksinasi tercapai.

“Mudah-mudahan akhir tahun 2021 ini bisa mencapai 70 persen,” harapnya.

Libur Nataru

Sementara untuk kasus Covid-19 varian baru yakni Omicron, Pemkab Tasikmalaya  berupaya mengarahkan perilaku masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Selain itu juga menjaga kesehatan dan betul-betul masyarakat harus menerapkan 5M.

“Kami percaya vaksin itu dapat memperkuat imun kita lebih kuat. Tetapi cara terhebat agar kita terhindar varian baru virus Corona, adalah perilaku masyarakat,” ujarnya.

Bupati Tasikmalaya pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah tentang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Ade meminta kepada masyarakat yang ingin melakukan acara tahun baru, agar jangan sampai bergerombol atau berkerumun.

“Cukup kita menyambut tahun baru ini dengan berdoa,” katanya.

Selain itu, Bupati Tasikmalaya mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara agar tidak melakukan kunjungan dinas ke luar kota.

“Hal itu untuk meminimalisir warga Kabupaten Tasikmalaya tertular. Selain itu, tidak ada izin cuti,” pungkasnya usai mengakhiri pengecekan vaksinasi bersama Kapolda Jabar. (Apip/R5/HR-Online/Editor-Adi)

- Advertisment -