Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruChipset Exynos 2200 Estimasi Rilis Awal Tahun untuk Sektor Gaming

Chipset Exynos 2200 Estimasi Rilis Awal Tahun untuk Sektor Gaming

Chipset Exynos 2200 akan hadir untuk menyambut tahun baru 2022. Chipset ini merupakan besutan dari perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung.

Samsung berkolaborasi dengan AMD membuat chipset untuk digunakan pada produk mereka yang akan datang. Menurut beberapa bocoran yang ada, chipset ini sepertinya fokus untuk gaming.

Baca Juga: Chipset 5G Terbaru Besutan Samsung Diperkenalkan, Apa Saja?

Teknologi Chipset Exynos 2200 Samsung Akan Rilis Tahun Depan

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Samsung. Brand ini seringkali melintas di TV, bahkan penggunanya dapat Anda temukan sehari-hari.

Samsung dapat dikatakan menguasai sebagian besar pasar ponsel di Indonesia. Sejak dulu produk keluaran Samsung selalu dapat mengambil hati masyarakat.

Tak hanya ponsel, perusahaan ini juga aktif mengeluarkan jenis teknologi lainnya. Beberapa diantaranya earphone, tablet atau pad, dan masih banyak lagi.

Perusahaan Samsung selalu menghadirkan teknologi baru di setiap produknya. Salah satunya sebagai pencetus ponsel lipat Android layar sentuh pertama.

Baru-baru ini terdapat beberapa bocoran mengenai Samsung yang akan menghadirkan dapur pacu terbaru. Exynos 2200 merupakan perkiraan nama yang akan Samsung berikan kepada chipset terbarunya.

Nama chipset tentunya tidak asing lagi karena merupakan salah satu komponen yang wajib Anda perhatikan saat membeli ponsel atau perangkat elektronik lain. Namun, apa arti dari chipset itu sendiri?

Singkatnya, chipset pada ponsel sama dengan CPU (Central Processing Unit) yang ada di komputer. Artinya, chipset pada ponsel berperan seperti otak yang berguna untuk menjalankan ponsel.

Chipset pada ponsel memiliki tugas yang lebih kompleks daripada CPU komputer. Pada perangkat ponsel, chipset memiliki tambahan tugas berupa mengelola USB, baterai, sensor, konektivitas, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Snapdragon 8 Gen 1 Rilis, Ini Vendor HP yang Akan Menggunakannya

Bocoran Spesifikasi Chipset Exynos

Perilisan chipset Exynos 2200 merupakan peningkatan dari versi sebelumnya, Exynos 2100. Leaker dari FrontTron juga membagikan bagaimana chipset generasi terbaru ini akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Perusahaan mengkonfirmasi jika peluncuran chipset terbaru akan berlangsung pada awal tahun depan. Samsung mengatakan bahwa perilisan chipset mereka kali ini sebagai kado tahun baru untuk para pengguna setianya.

Samsung juga sudah meluncurkan sebuah video teaser di akun YouTube resmi mereka. Video tersebut berbentuk animasi yang menggambarkan seorang anak tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya dan hanya bisa menghabiskan waktu dengan terhubung melalui game seluler.

Terlihat juga adegan sang anak sedang berada di kamarnya dengan poster bertuliskan 2200. Sontak saja memicu spekulasi peluncuran chipset Exynos 2200.

Belum ada banyak bocoran mengenai spesifikasi chipset flagship Samsung ini. Bocoran nama Exynos 2200 juga masih simpang siur.

Tidak menutup kemungkinan jika nama komersil akan berubah. Hal tersebut mirip pada chipset Qualcomm yang memiliki bocoran nama Snapdragon 888, namun berakhir memiliki nama komersil Snapdragon 8 Gen 1.

Selain nama, bocoran yang beredar lainnya mengklaim bahwa chipset flagship terbaru Samsung ini akan menawarkan kinerja maksimal yang meningkat 31-34 persen.

Sementara itu, kinerja lanjutannya disebut akan naik 17-20 persen dari chipset generasi sebelumnya.

Cocok Untuk Kegiatan Gaming

Beberapa orang menganggap bahwa game adalah kebutuhan primer di hidupnya. Saat ini game bahkan bisa menjadi sumber penghasilan. Tentunya agar lancar bermain game harus dengan perangkat yang mendukung.

Melalui info yang dibagikan GSMArena, Exynos 2200 akan menawarkan keunggulan besar atas Snapdragon 888 di 3DMark Wild Life. Meski begitu, belum ada informasi tambahan mengenai perbandingan pasti kinerja SD 888 vs 898.

Chipset ini akan memiliki dasar arsitektur RDNS 2 dari AMD yang biasa Anda temukan di APU, kartu grafis, konsol PlayStation 5, dan Xbox One Series. Selain itu, GPU AMD akan menawarkan beberapa fitur unik lainnya seperti Ray Tracing.

Dengan spesifikasi tersebut, chipset Exynos 2200 dapat mendukung game dalam grafik tinggi pada perangkat yang membuat para gamer nantikan perilisannya.

Baca Juga: Perbandingan Chipset Snapdragon dan Exynos, Lebih Unggul Mana?

Estimasi Peluncurannya

Melalui GSMArena, Exynos 2200 kemungkinan akan meluncur di pasaran pada awal atau paruh pertama tahun 2022. Tepatnya, sebelum bulan Februari.

Perilisan chipset Exynos 2200 akan berbarengan dengan rilisnya ponsel seri Galaxy S22. Chipset biasanya akan meluncur ke pasaran satu bulan sebelum ponsel hadir secara resmi ke publik.

Dengan kata lain, besar kemungkinan ponsel Samsung mendatang akan menggunakan chipset generasi terbaru mereka ini. (R10/HR-Online)

- Advertisment -