Kamis, Mei 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Dinamo Wiper Lemah Lengkap dengan Cara Memperbaikinya

Ciri-Ciri Dinamo Wiper Lemah Lengkap dengan Cara Memperbaikinya

Ciri-ciri dinamo wiper lemah bisa dilihat dari beberapa tanda. Salah satunya lampu indikator wiper. Jika lampu indikator dan kunci menyala, Anda bisa ketuk dinamo menggunakan obeng atau palu karet.

Pada umumnya, langkah tersebut akan membuat wiper bergerak kembali. Dalam setiap kendaraan tentu terdiri atas berbagai komponen yang memiliki fungsi cukup penting.

Hal ini sengaja diberikan untuk memberikan kemudahan dan keselamatan bagi pengendara. Salah satu yang berperan penting yaitu wiper.

Seperti yang sudah banyak diketahui jika berkendara dengan mobil ada saja kendala yang bisa dihadapi. Salah satunya saat musim hujan.

Berkendara di musim hujan pastikan komponen dalam kondisi prima. Tak terkecuali wiper. Karena wiper mampu membantu membuat kaca mobil menjadi lebih bersih dan jelas.

Sehingga pandangan saat berkendara akan jauh lebih mudah. Anda juga tidak akan berisiko terganggu pandangannya yang bisa mengakibatkan timbulnya kecelakaan.

Untuk itu, karena perannya yang cukup penting, ada baiknya jika Anda selalu cek kondisinya secara berkala. Selain itu, pastikan juga Anda tahu ciri-ciri dinamo wiper lemah.

Baca Juga : Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Jika Anda ketahui masalah lebih awal, akan membantu mengurangi risiko. Bahkan cara untuk mengatasinya juga akan jauh lebih cepat.

Mengenal Ciri-Ciri Dinamo Wiper Lemah

Wiper mobil terdiri dari beberapa komponen yang berperan untuk menjalankannya. Salah satu yang ikut berperan dalam hal ini yaitu dinamo. Dinamo pada wiper menjadi komponen yang vital.

Tanpa adanya komponen tersebut, wiper tidak dapat bergerak. Karena perannya, tidak dapat dipungkiri jika komponen tersebut bisa mengalami kerusakan.

Jika dinamo rusak, wiper tidak akan berfungsi. Untuk penyebab kerusakan yang bisa terjadi cukup bervariasi. Bisa karena usia pemakaian, sekring, gangguan sistem penggerak, dan masih banyak yang lainnya.

Jika dinamo rusak, akan muncul tanda-tanda. Ada beberapa ciri yang harus Anda pahami. Salah satu tanda yang bisa ditimbulkan yaitu wiper tidak mau bergerak sebagaimana mestinya.

Baca Juga : Kekentalan Oli untuk Mobil Tua Ternyata Mempengaruhi Performa Mesin

Jika tidak, dinamo akan terasa panas atau terbakar akibat adanya hubungan arus pendek. Bila wiper tidak mau bergerak, ada baiknya Anda melakukan pengecekan. Sebab, hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri dinamo wiper lemah.

Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil

Setelah Anda mengetahui tentang ciri-ciri dinamo wiper lemah, perlu tahu juga cara untuk mengatasinya. Sehingga jika dinamo tiba-tiba melemah, Anda bisa segera mengatasinya.

Anda tidak perlu panik ketika dinamo wiper melemah. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi dinamo wiper mobil bermasalah.

1. Cek Kondisi Gigi Motor Penggerak

Setelah mengetahui ciri-ciri dinamo wiper lemah, ada baiknya melakukan pengecekan. Sebaiknya Anda cek kondisi gigi motor penggerak. Komponen yang satu ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa dinamo melemah.

Penumpukan kotoran atau pengendapan pada permukaan gigi yang biasa terjadi. Untuk itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan jika wiper mulai tidak dapat berfungsi secara sempurna.

Baca Juga : Sabuk Pengaman Mobil, Kenali Fungsi Hingga Bagian-bagiannya

Cara untuk mengatasi jika masalah ini terjadi yaitu bersihkan permukaan gigi motor penggerak. Namun jika kerusakan terjadi akibat korosi atau karat, ada baiknya Anda mengganti dengan yang baru.

2. Sekring

Sekring wiper yang bermasalah juga termasuk ciri-ciri dinamo wiper lemah. Sebagian besar kasus yang terjadi dinamo rusak akibat sekring bermasalah.

Bisa rusak akibat korsleting atau putus. Gangguan ini bisa mengakibatkan beban arus listrik yang masuk menjadi kurang stabil. Alhasil, dinamo tidak bisa berfungsi secara optimal.

Cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganti sekring baru. Namun perlu Anda perhatikan saat mengganti sekring, pastikan ampere, tipe, hingga modelnya sesuai.

Jika Anda tidak memperhatikan hal tersebut, justru akan menimbulkan kerusakan yang semakin parah.

3. Ganti Dinamo

Jika beberapa komponen sebelumnya sudah Anda periksa dan perbaiki namun tidak berfungsi, sebaiknya untuk mengganti dinamo. Anda bisa periksa pada bagian lampunya.

Jika lampu tidak menyala, ketuk dinamo dengan palu karet. Jika wiper bergerak, maka memang dinamo perlu dicek.

Ada baiknya jika muncul ciri-ciri dinamo wiper lemah, segera bawa ke bengkel. Sebab penggantian dinamo lebih rumit dan kompleks.

Dengan pengecekan rutin, kendaraan akan terasa aman serta nyaman selama perjalanan. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -