Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Planet Jovian, Si Kelompok Planet Besar di Tata Surya Kita

Ciri Planet Jovian, Si Kelompok Planet Besar di Tata Surya Kita

Ciri planet jovian di tata surya menarik diketahui. Tata surya kita tersusun dari berbagai planet yang semuanya mengorbit pada matahari sebagai pusatnya.

Planet tersebut dapat kamu klasifikasikan berdasarkan dua kesamaan sifat, yaitu planet terestrial dan planet jovian. Apa itu planet Jovian?

Kenali Ciri Planet Jovian dan Contohnya

Kamu pasti telah mengenal 8 macam planet yang ada di tata surya. Planet-planet itu tentunya berbeda dan memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri, termasuk kelompok jovian.

Tetapi meskipun berbeda, planet tersebut masih bisa dikelompokkan lagi ke dalam suatu klasifikasi yang khas. Salah satunya adalah kategori planet jovian.

Baca Juga: Perbedaan Satelit Alami dan Buatan, Pahami Fungsinya di Tata Surya

Kamu mungkin masih sangat asing dengan nama tersebut karena memang jarang ada yang menyebutkannya.

Planet jovian juga terkenal sebagai raksasa gas. Artinya adalah sekumpulan planet dari kumpulan gas. Planet-planet tersebut tidak memiliki sifat kebumian.

Planet yang masuk ke dalam kelompok planet jovian merupakan planet-planet besar yang tidak memiliki benda padat. Planet-planet tersebut juga cenderung tidak memiliki area permukaan, suhu, dan diameter.

Selain itu, planet yang masuk ke dalam kategori ini juga memiliki tekanan besar, membuat apapun yang masuk akan hancur. Planet jovian tentunya memiliki beberapa kesamaan sifat. Berikut ciri planet jovian secara umum.

Memiliki Ukuran yang Sangat Besar

Planet yang masuk ke dalam kategori planet jovian memiliki ukuran relatif besar. Berbeda dengan planet-planet yang memiliki sifat kebumian, cenderung berukuran normal hingga sedang.

Kelompok planet ini juga memiliki sebutan lain, yaitu Keluarga Jupiter. Hal tersebut karena Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya.

Baca Juga: Bulannya Planet Jupiter, Sistem Jovian Bak Miniatur Tata Surya

Semuanya Memiliki Cincin

Ciri selanjutnya adalah semua planet jovian memiliki cincin di sekelilingnya. Namun, memang yang terlihat dari bumi hanyalah cincin planet Saturnus.

Hal tersebut terjadi karena jarak planet Saturnus yang dekat dengan Bumi. Tentunya diameter cincin planet-planet tersebut sangatlah besar, mengingat ukuran planetnya.

Tidak Memiliki Daratan dan Lautan

Planet dalam kelompok planet jovian tidak memiliki permukaan yang pasti. Sebagian besar isi planet tersebut adalah gas yang bertekanan tinggi. Hal tersebut membuat planet tidak memiliki daratan dan lautan.

Contoh Planet Jovian di Tata Surya

Setelah mengetahui ciri planet jovian, kamu pasti penasaran apa saja contohnya. Berikut 4 planet yang masuk ke dalam kelompok planet jovian.

Jupiter

Planet Jupiter berada di urutan kelima dari matahari. Benda langit ini memiliki ukuran yang sangat besar dan cahaya terang.

Jupiter menjadi anggota planet jovian karena sebagian besar planet tersebut terdiri dari gas. Gas yang terkandung di dalam planet raksasa ini adalah helium dan hidrogen.

Uranus

Planet Uranus masuk ke dalam kelompok planet jovian karena memiliki lautan gas yang bercampur dengan mineral di bagian intinya.

Uranus juga memiliki cincin berjumlah 10 dan 21 satelit yang mengorbitnya. Hal tersebut termasuk ciri planet jovian yang semua planetnya memiliki cincin.

Planet ini memiliki massa jenis air yang berat. Suhu air yang berada di planet ini sangatlah tinggi, yakni bisa mencapai 6.650 derajat Celcius.

Namun, Uranus memiliki tekanan 5 juta kali lebih besar dari Bumi yang memungkinkan air tersebut tetap mencair.

Neptunus

Pusat dari planet ini diperkirakan berupa batuan besar, terdiri atas silikon dan besi. Atmosfer Neptunus terdiri H, He, serta 3% Amoniak Metana.

Baca Juga: Urutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Amoniak dan Metana tersebutlah yang membuat planet Neptunus memancarkan cahaya biru. Pada tahun 1988 peneliti menemukan fakta bahwa Neptunus mengandung banyak sumber daya alam.

Sumber daya alam tersebut berupa kandungan Metana yang matahari ubah menjadi Metil. Metil dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pesawat luar angkasa nantinya.

Saturnus

Planet Saturnus merupakan planet terbesar kedua pada sistem tata surya kita. Saturnus berada di urutan keenam dari matahari.

Karakteristik planet ini memiliki warna kuning bersinar jika terlihat dari Bumi. Saturnus juga memiliki banyak cincin dengan alfabet tertentu yang jumlahnya mencapai 1.000 buah.

Atmosfer planet ini terdiri dari 11% Helium dan 88% Hidrogen dengan suhu mencapai 15.000 derajat Celcius.

Kamu dapat mudah mengidentifikasi kelompok tersebut dengan mengetahui ciri planet jovian yaitu planet besar. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -