Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Polimer Alam, Mudah Dijumpai Karena Tersebar Luas di Bumi

Contoh Polimer Alam, Mudah Dijumpai Karena Tersebar Luas di Bumi

Contoh polimer alam ternyata penting untuk kita ketahui. Namun sebelumnya, sudah pernahkah Anda mendengar hal atau istilah tersebut?

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah ada yang mendengar dan beberapa juga masih asing mendengar istilah polimer.

Terkadang juga sebagian dari kita sudah mengenal atau mengetahui istilah tersebut belum paham maksudnya. Uniknya juga, pertama kali seseorang mendengar istilah polimer, ide, atau gagasan yang muncul di kepala adalah plastik.

Tapi sebenarnya, ketika kita mempelajari pelajaran kimia, sudah pasti sering menjumpai pertanyaan, “Apa sebenarnya yang dimaksud dengan polimer alam serta berikan contohnya?”

Nah, untuk Anda yang masih menganggap hal ini asing, tidaklah masalah. Sebab, dengan menyimak penjelasan berikut, Anda nantinya akan mengetahui bagaimana maksud dari istilah polimer.

Baca Juga: Gugus Fungsi Keton dalam Pembelajaran, Berikut Penjelasan Detailnya

Pengertian dan Contoh Polimer Alam

Sebelum kita lebih dalam membahas tentang apa saja yang menjadi contoh polimer alam, supaya ilmu pengetahuan yang kita dapatkan lengkap, maka kita harus mengetahui definisinya.

Perlu Anda ketahui, polimer merupakan rantai berulang dari atom panjang. Terbentuk dari adanya pengikat berupa molekul serta identik dengan monomer.

Sedangkan untuk pengertian polimer alam adalah polimer yang sudah tersedia di alam juga terbentuk secara alami. Jenis polimer ini terbentuk karena reaksi kondensasi secara alami.

Selain itu, polimer alam ini juga berasal dari bahan alam. Seperti halnya kayu, rambut, kulit binatang, kapas, karet alam, dan jenis lainnya.

Kebanyakan polimer alam ini terbentuk dari reaksi kondensasi. Kendati demikian, ada juga yang terbentuk sebab polimerisasi adisi atau karet alam.

Ketahuilah bahwa polymer berasal dari bahasa Yunani. Poly yang artinya adalah banyak, sedangkan mer artinya adalah bagian atau unit.

Baca Juga: Contoh Reaksi Reduksi Mudah Kita Temukan dalam Kehidupan

Sifat Polimer

Biasanya contoh polimer alam mempunyai sifat mudah menyerap air, kurang stabil, sukar untuk dibentuk, dan tidak stabil karena terjadinya pemanasan.

Adanya contoh polimer alam juga merupakan jenis polimer berdasarkan asalnya. Contoh-contoh polimer juga bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena memang sudah tersebar luas di muka bumi ini.

Ada amilum, selulosa, protein, glikogen, sutra, dan wol yang merupakan contoh polimer alam. Selulosa sendiri merupakan polisakarida yang banyak kita temui dalam dinding-dinding sel tanaman.

Selain itu, ada juga pati, kitin, asam nukleat, amilopektin, dan karet alam. Misalnya saja pati, polimer kondensasi yang di dalamnya terdiri dari ratusan monomer glukosa.

Baca Juga: Persamaan Reaksi Kimia dalam Pembelajaran dan Kehidupan

Dalam hal ini, melibatkan molekul air ketika glukosa sedang bergabung secara kimiawi. Mengapa pati menjadi contoh polimer alam? Alasannya adalah polimer dari glukosa monosakarida.

Sedangkan asam nukleat merupakan polimer kondensasi yang terdiri dari 1 gula sederhana, satu gugus asam fosfat, dan satu senyawa nitrogen heterosiklik.

Kemudian karet alam adalah polimer yang terdiri dari adisi ribuan unit monomer isoprena. Pahami contoh polimer alam dengan penjelasan lebih detailnya dalam pembelajaran dan ilmu pengetahuan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -