Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Reaksi Reduksi Mudah Kita Temukan dalam Kehidupan

Contoh Reaksi Reduksi Mudah Kita Temukan dalam Kehidupan

Contoh reaksi reduksi sudah familiar bagi mereka yang menekuni pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Tetapi untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, semua orang berhak untuk mendapatkan informasi tersebut.

Biasanya kita akan mengetahui apa saja contoh dari reaksi reduksi ini ketika sudah sampai pada pembahasan konsep redoks.

Tahukah Anda apa itu yang dimaksud dengan konsep redoks? Tepat sekali, merupakan suatu reaksi oksidasi yang umumnya disertai dengan reaksi reduksi sehingga sangat lazim apabila disebut reaksi redoks.

Sedangkan untuk oksidasi sendiri merupakan proses yang menyebabkan hilangnya satu maupun lebih elektron yang terdapat dalam zat. Zat tersebut nantinya juga akan menjadi lebih positif.

Baca Juga: Persamaan Reaksi Kimia dalam Pembelajaran dan Kehidupan

Ketahui Contoh Reaksi Reduksi dalam Kehidupan

Sebelum kita mengupas tuntas tentang apa saja contoh dari reaksi reduksi dari konsep redoks tersebut, ketahuilah bahwasannya reduksi sendiri ialah proses yang menyebabkan adanya satu atau lebih elektron pada suatu zat.

Jika pada oksidasi zat, tersebut menjadi lebih positif, maka reduksi akan menyebabkan zat menjadi lebih negatif.

Fotosintesis

Untuk contoh reaksi reduksi yang pertama ada fotosintesis. Proses ini terjadi pada daun tanaman. Apa yang terjadi? Karbondioksida serta air bergabung, kemudian ada sinar matahari melepaskan glukosa serta oksigen.

Glukosa yang terbentuk tersebut untuk seluruh proses fotosintesis. Lebih tepatnya adalah untuk bahan bakar reaksi metabolisme tanaman. Dalam proses fotosintesis ini, air nantinya akan dioksidasi serta karbondioksida reduksi.

Baca Juga: Pengertian Reaksi Redoks dalam Pembelajaran, Ini Penjelasannya

Pembakaran

Kemudian ada pembakaran. Contoh dari reaksi reduksi ini sudah pasti sangat sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, umumnya kita itu hanya melihat perubahan fisikanya saja daripada kimia.

Padahal pembakaran bahan organik serta pembakaran hidrokarbon yang terdapat pada bahan bakar fosil adalah contoh paling penting.

Oksigen pada atmosfer nantinya akan berikatan dengan karbon juga hidrogen dalam senyawa yang terbakar tersebut. Selama proses pembakaran, nantinya oksigen yang terdapat di atmosfer akan berkurang. Sedangkan senyawa yang terbakar justru akan mengalami oksidasi.

Ekstraksi Bijih Besi

Dalam ekstraksi bijih besi terdapat reduksi guna menghilangkan oksigen di dalamnya. Hal yang demikian itu terjadi guna mendapatkan besi murni dengan adanya bantuan karbon monoksida sebagai agen reduksinya.

Pemurnian Tembaga

Pemurnian tembaga juga menjadi salah satu contoh dari reaksi reduksi. Dalam proses pemurnian ini menggunakan sel volta. Ion Cu2+ nantinya akan mengalami reaksi reduksi dengan agen pereduksi berupa magnesium. Sehingga, nantinya juga bakal menghasilkan endapan berupa tembaga murni.

Logam Seng dan Asam Klorida

Ada juga reaksi antara logam dan asam klorida. Ketika logam seng bereaksi dengan asam klorida, akan menyebabkan terlepasnya elektron.

Selanjutnya elektron tersebut akan diterima oleh hidrogen. Hal ini akan menyebabkan seng mengalami reduksi. Sedangkan untuk hidrogen sendiri akan mengalami oksidasi.

Baca Juga: Cara Menentukan Bilangan Oksidasi yang Mudah, Berikut Penjelasannya

Fotografi

Ternyata contoh reaksi ini juga bisa kita temukan pada dunia fotografi. Proses pengembangan film fotografi nyatanya juga menggunakan reaksi redoks.

Ion perak yang terdapat dalam perak bromida aktif dengan direduksi menjadi atom perak. Kemudian atom perak tersebut akan mereduksi bahan kimia, seperti halnya pirogallos atau hidroquinon.

Bukan hanya itu saja, melainkan natrium tiosulfat yang mendapatkan negatif. Beberapa contoh reaksi reduksi dalam kehidupan sehari-hari ini sering kita jumpai bukan? (R10/HR-Online)

- Advertisment -