Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Keras, Fungsi, Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh Tulang Keras, Fungsi, Pengertian dan Ciri-cirinya

Contoh tulang keras dalam kehidupan dan pembelajaran masih saja terdapat banyak orang yang belum paham. Padahal dalam anatomi tubuh manusia, peranan tulang ini juga sangat penting.

Namun, sebenarnya tahukah Anda apa yang dimaksud atau pengertian tulang tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwasannya dalam tubuh manusia terdapat banyak jenis tulang.

Dengan demikian, sudah pasti fungsinya juga berbeda. Namun pada kenyataannya kita sangat jarang mendengar akan istilah tulang keras. Bukankah tulang itu memang keras ya?

Baca Juga: Contoh Tulang Tak Beraturan dalam Pembelajaran dan Anatomi Manusia

Inilah Contoh Tulang Keras dalam Anatomi Manusia

Sebelum kita membahas tentang apa saja yang menjadi contoh tulang keras, ada baiknya juga jika kita mengetahui apa arti, fungsi, dan ciri-cirinya.

Perlu Anda ketahui bahwasannya tulang keras merupakan kulit luar tulang pipa yang keras juga padat. Sifat dari tulang ini juga sangat kaku.

Selain itu, tulang ini dapat terbentuk dari tulang rawan yang sudah mengalami osifikasi atau penulangan. Biasanya tulang ini juga disebut sebagai tulang sejati.

Alasannya merupakan alat gerak yang pasif dengan mempunyai susunan juga mengandung banyak zat kapur, fosfor, dan sedikit zat perekat.

Struktur tulang ini juga sangat kuat serta statis. Peranan dari contoh tulang keras ini sangat penting guna memberikan kekuatan pada tulang.

Baca Juga: Contoh Tulang Rawan dalam Anatomi Tubuh, Miliki Peranan Penting

Karakteristik Tulang

Supaya pengetahuan kita mengenai tulang keras lengkap, maka dengan mengetahui karakteristiknya juga akan mempermudah kita dalam mengidentifikasi.

Ciri-ciri tulang keras tersebut adalah mudah patah ataupun retak. Biasanya mengandung zat kalsium juga fosfor. Selain itu, susunan sel tulang ini membentuk lingkaran konsentris yang berlapis.

Pada tulang ini juga terdapat saluran havers. Terakhir, tulang ini tersusun atas sel-sel tulang, sel-sel perombak tulang, dan sel-sel pembentuk tulang.

Baca Juga: Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras pada Tubuh Manusia

Fungsi

Lalu, untuk apa saja contoh tulang keras dalam tubuh kita? Tentunya fungsi tulang ini sangat beragam. Misalnya saja adalah untuk penyusun rangka.

Rangka pada tubuh manusia dan hewan terdiri dari jaringan tulang juga tulang keras. Sedangkan tulang keras sebagai penyusun yang lebih utama dari sistem rangka tubuh.

Manfaat yang lainnya adalah sebagai tempat pembentukan sel darah. Terkhusus tulang keras yang berbentuk pipa, nantinya akan menjadi tulang tempat pembentukan sel-sel darah baru.

Contohnya adalah eritrosit. Fungsi lainnya sebagai penyokong tubuh, melekatnya otot, melindungi organ yang vital, dan tempat untuk penyimpanan mineral.

Bukan hanya itu saja pastinya, melainkan juga menjadi alat gerak pasif dan memberi bentuk tubuh. Nah, untuk contoh tulang keras itu sendiri bisa kita temui pada tulang aksial (tengkorak, rusuk, dada, juga ruas tulang belakang).

Ada juga pada tulang spons (tulang pipih dan tulang pendek). Terakhir contoh tulang keras adalah pada tulang kompak (jari tangan, tulang selangka, paha, ruas jari kaki, dan telapak kaki). (R10/HR-Online)

- Advertisment -