Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Rawan dalam Anatomi Tubuh, Miliki Peranan Penting

Contoh Tulang Rawan dalam Anatomi Tubuh, Miliki Peranan Penting

Contoh tulang rawan dalam tubuh harus kita ketahui. Dengan tujuan, kita mampu untuk merawat sebaik-baiknya. Sebab tulang tersebut sangatlah rawan.

Mendengar kata tersebut, sudah pasti hal yang muncul di kepala itu rawan berarti mengkhawatirkan. Perlu Anda ketahui, peranan dari tulang rawan ini sendiri sangatlah penting pada tubuh kita.

Tulang yang satu ini merupakan sejenis jaringan ikat dan terdiri dari sel-sel. Sel-sel tersebut disebut dengan kondrosit. Sebelumnya, sudah pernahkah Anda mendengar istilah tulang rawan?

Baca Juga: Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras pada Tubuh Manusia

Pengertian dan Contoh Tulang Rawan

Untuk mengetahui apa saja contoh tulang rawan, tentunya kita harus mengetahui apa pengertian serta jenis-jenisnya. Untuk pengertiannya sendiri adalah tulang yang terdapat pada struktur tubuh, sifatnya fleksibel, dan elastis.

Seperti penjelasan sebelumnya, tulang ini tersusun dari sel-sel tulang rawan yang disebut sebagai kondrosit. Sedangkan letak dari kondrosit berada di dalam rongga yang kecil atau lacuna.

Lacuna dikelilingi sebuah matriks tulang rawan berupa serabut elastis, fibrosa, dan kolagen. Perlu Anda ketahui matriks dalam latuna disintetis kondrosit sehingga akan menghasilkan kondrin.

Sinonim dari tulang rawan adalah kartilago. Tulang rawan ini bisa menjadi lentur, sebab matriksnya mengandung serabut kolagen dan elastik. Kolagennya juga tinggi yang semakin menguatkan tulang rawan tersebut.

Sedangkan untuk contoh tulang rawan, bisa kita temui pada laring hidung, persendian, tenggorokan, telinga, juga tulang belakang. Tetapi kita juga akan lebih mudah mengetahui mana yang termasuk tulang rawan dan bukan dengan mengetahui bagaimana ciri-ciri tulang tersebut.

Pertama, tulang tersebut mempunyai sel yang terdiri atas sel tulang rawan. Kemudian substansi dari tulang tersebut dasarnya adalah protein dan serat.

Lalu memiliki bentuk khusus seperti jaringan ikat dengan fungsinya menyokong jaringan lunak. Terakhir adalah tulang ini mempunyai renggang, penyokong structural, serta adanya distorsi juga menjadikannya lebih fleksibel.

Baca Juga: Jenis Tulang Rawan dan Fungsinya Untuk Melindungi Organ Manusia

Manfaat Tulang Kartilago

Tapi, apa fungsi kartilago? Nah, jadi bukan hanya contoh tulang rawan saja yang harus kita ketahui, melainkan juga fungsinya.

Fungsinya adalah sebagai salah satu bagian yang menantang histologi. Kehadiran dari tulang ini juga mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan hewan, terutama ikan.

Ketahuilah bahwa tulang ini memegang tulang secara bersamaan dan membantu dalam pembentukan tulang pada anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

Jaringan yang terdapat dalam tulang ini juga tidak pernah berhenti tumbuh. Pada bagian sendi, ia berperan seolah menjadi bantal.

Baca Juga: Tulang Rawan Hialin, Struktur dan Fungsinya dalam Organ Tubuh

Jenis-Jenis Tulang

Kemudian untuk jenisnya sendiri ada tiga macam. Pertama adalah tulang rawan hialin yang sifatnya keras dan sedikit fleksibel. Nama tulang ini berasal dari bahasa Yunani. Hyalos yang berarti kaca. Pasalnya, tulang ini memang menyerupai kaca.

Kedua ada tulang fibrosa. Sifat dari jenis tulang ini lebih kuat dari hialin. Memiliki fungsi untuk memberi kekuatan, melindungi jaringan yang lebih dalam, sokongan, juga proteksi. Selanjutnya adalah elastin yang lebih fleksibel daripada kedua jenis sebelumnya.

Dengan tujuan lebih mudah dalam mengingat dan memahami contoh tulang rawan tersebut, maka mengenai semua seluk-beluk yang berkaitan dengan tulang tersebut harus Anda pelajari. (R10/HR-Online)

- Advertisment -