Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruContoh Tulang Tak Beraturan dalam Pembelajaran dan Anatomi Manusia

Contoh Tulang Tak Beraturan dalam Pembelajaran dan Anatomi Manusia

Contoh tulang tak beraturan nyatanya masih menjadi sesuatu hal yang belum diketahui oleh banyak orang. Manusia pastinya tidak bisa bergerak tanpa mempunyai otot dan tulang. Kerangka atau tulang merupakan alat gerak pasif. Sedangkan otot sendiri adalah alat gerak aktif.

Sebagai kerangka manusia, tulang merupakan komponen yang sangat penting untuk menyangga tubuh serta melindungi berbagai jenis organ vital manusia. Rangka pada tubuh manusia ini juga merupakan rangka endoskeleton, yakni rangka di dalam tubuh.

Banyak orang yang menganggap bahwa tulang-tulang yang berada dalam tubuh mempunyai bentuk yang bisa kita sebutkan. Misalnya saja tulang pipih dan tulang pendek. Padahal dalam tubuh kita juga ada tulang tidak beraturan.

Baca Juga: Contoh Tulang Pendek dalam Anatomi Manusia dan Pembelajaran

Pengertian dan Contoh Tulang Tak Beraturan

Mungkin sebagian dari kita tidak menyadari akan apa saja tulang-tulang yang terdapat dalam tubuh. Namun untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan, kita harus mengetahuinya.

Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan tulang tersebut sehingga dapat terhindar dari kerusakan atau tulang keropos.

Bukan hanya itu saja, melainkan jika kita sudah mengetahui contoh tulang tak beraturan, kelak di kemudian hari kita bisa mengajarkan kepada anak cucu kita.

Nah, sebelum kita membahas lebih dalam akan apa saja contoh tulang tak beraturan, ada baiknya jika kita ketahui bagaimana pengertian serta fungsinya.

Pengertian tulang tak beraturan sama seperti namanya. Sudah pasti tulang-tulang ini tidak mempunyai bentuk atau tidak beraturan dan cenderung kompleks.

Dari pengertiannya tersebut, apakah sudah terlintas bagaimana bentuk tulang-tulang tersebut dalam tubuh kita?

Baca Juga: Contoh Tulang Pipih Pada Manusia Lengkap dengan Penjelasannya

Fungsi Tulang

Sebelum kita lanjut membahas contoh tulang tak beraturan, ketahui bagaimana dan untuk apa fungsi tulang ini pada tubuh kita.

Perlu Anda ketahui bahwasannya tulang ini memiliki fungsi khusus. Tidak heran apabila demikian, apalagi jika kita mengingat namanya adalah tulang tidak beraturan.

Pada bagian mana saja yang terdapat tulang tak beraturan tersebut? Tulang tak beraturan ini bisa kita temukan pada tulang pelvis.

Tulang ini mempunyai peranan untuk melindungi organ yang berada di bawah. Ada juga tulang rahang yang fungsinya untuk makan serta berbicara.

Baca Juga: Karakteristik Tulang Pipa, Definisi, Hingga Struktur dan Jenis-Jenisnya

Kemudian tulang tak beraturan juga bisa kita ketahui dari adanya tulang belakang dalam tubuh kita. Untuk fungsi dari tulang yang satu ini adalah melindungi sumsum tulang belakang kita.

Nama tulang tak beraturan ini sendiri adalah tulang ireguler. Seperti halnya bentuknya, memang tidak bisa kita kategorikan sebagai tulang panjang, pendek, maupun datar. Kita akan lebih mudah menemukan contoh tulang tak beraturan dalam tubuh. (R10/HR-Online)

- Advertisment -