Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita BisnisDesain Kemasan Produk dan Strategi Jitu dalam Merancangnya

Desain Kemasan Produk dan Strategi Jitu dalam Merancangnya

Desain kemasan produk harus menjadi bagian penting dalam perencanaan bisnis secara baik dan efektif. Tak sedikit produk berkualitas yang akhirnya terpuruk hanya karena tampilan kemasannya yang buruk. Apalagi membuatnya juga tidak sulit.

Merencanakan dan merancang bentuk kemasan yang menarik bukan hal yang mudah. Tak sedikit orang yang salah dalam membangun branding hingga akhirnya tak ada konsumen yang tertarik.

Kemasan produk merupakan bagian dari branding yang tak kalah penting. Untuk menarik perhatian konsumen, kemaran tak harus “berteriak” hanya karena banyaknya produk sejenis yang saling bersaing.

Seperti penonton televisi, masyarakat sekarang sudah makin cerdas. Termasuk dalam memilih produk yang baik dan berkualitas.

Baca Juga: Prospek Bisnis Paling Menjanjikan, Modal Kecil Pasar Tak Pernah Sepi

Begitu juga saat anda ingin membuat sebuah kemasan untuk produk yang anda jual. Sebuah kemasan produk yang efektif akan mampu menarik perhatian pembeli sehingga menaikkan penjualan dan memberikan keuntungan.

Fungsi Desain Kemasan Produk

Persoalannya kemudian adalah, bagaimana sih cara merancang desain kemasan produk yang efektif? Ada banyak tujuan dari pembuatan suatu kemasan produk bisnis.

Selain untuk melindungi kebersihan dan kualitas produk dari kerusakan dan pengaruh luar, juga untuk memudahkan dalam proses distribusinya. Kemasan juga berguna sebagai media informasi dan membangun brand.

Banyak pelaku bisnis, terutama usaha kecil, yang tidak memperhatikan soal ini. Lihat kemasan produk yang banyak mereka jual di pasar atau toko kelontong yang hanya berupa bungkus plastik bening dengan tulisan nama produsennya.

Selain terkesan buatan pelaku bisnis amatiran, pembuatannya juga cenderung asal-asalan. Terutama hanya untuk memenuhi fungsi sebagai pembungkus saja. Tak lebih dari itu.

Hanya karena desain kemasan produk yang tidak menarik, sehingga produk tetangga tidak bisa masuk ke supermarket atau jaringan distribusi yang lebih luas. Parahnya lagi, konsumen pun lebih tertarik dengan kemasan produk yang menarik.

Misalnya, tak sedikit produk keripik ketela buatan tetangga rumah atau home industri yang lebih enak dan lebih berkualitas ketimbang produk pabrik besar yang mungkin berisiko karena mengandung bahan kimia. Namun konsumen lebih memilih keripik ketela buatan pabrik yang punya kemasan lebih apik.

Baca Juga: Cara Menghadapi Persaingan Bisnis, Begini Stateginya untuk Menang

Tips Merencanakan Kemasan

Karena itulah penting sekali membuat kemasan produk yang menarik. Selain agar mampu bersaing dengan produk sejenis, ini juga penting untuk bisa memenangkan persaingan yang sangat ketat.

Nah, berikut ini beberapa strategi dan kiat dalam membangun dan merencanakan desain kemasan produk yang efektif.

Logo dan Nama Produk

Rencanakan terlebih dahulu logo dan nama produk yang singkat namun mudah orang mengingatnya. Membangun bisnis untuk jangka panjang harus kita lakukan dengan perencanaan yang matang dan tidak bisa sambil jalan.

Logo dan nama produk yang tepat akan menjadi brand anda yang akan selalu teringat dalam benak konsumen.

Target Pasar

Kenali target pasar anda dan rencanakan desain kemasan sesuai segmentasi anda tersebut.

Jika target produk anda adalah untuk anak-anak, maka anda harus berani menggunakan warna-warni yang beragam dan cerah. Begitu juga gambar atau ilustrasi yang Anda gunakan mesti populer di kalangan anak-anak.

Namun jika segmen pasar anda adalah wanita dewasa, sebaiknya hindari penggunaan desain ramai semacam itu.

Hindari Kontroversi

Dalam merancang desain kemasan produk sebaiknya perhatikan aturan hokum yang ada. Hindari menggunakan gambar, foto, atau ilustrasi yang berpotensi mengundang kontroversi.

Baca Juga: Ternak Kroto Bagi Pemula, Usaha Modal Kecil yang Potensial

Kecuali jika anda memang dengan sengaja merencanakan adanya kontroversi untuk mengundang perhatian.

Jika anda menggunakan gambar sapi untuk produk yang anda pasarkan di Bali, tentunya produk anda tak akan ada yang mau membeli. Pastikan juga gambar yang anda gunakan adalah original dan tidak menggunakan hak cipta orang lain.

Kemasan yang Simpel

Permudah konsumen yang membeli produk anda untuk membukanya. Kesulitan saat membuka kemasan, apalagi harus dengan menggunakan bantuan alat seperti gunting atau pisau, akan membuat ribet.

Bentuk kemasan semacam ini akan membuat produk anda akan semakin jauh dari konsumen. Jika Anda membiarkannya, maka tentunya bisa membuat usaha Anda akan semakin cepat menuju kebangkrutan.

Karena itulah sangat penting merencanakan desain kemasan produk yang benar-benar menarik. Kemasan tak sekedar untuk membungkus produk, namun juga berfungsi strategis dalam membangun branding produk Anda. Jika Anda kesulitan membuatnya sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya. (R11/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -