Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Setelah Salat Fajar, Sunnah Rasul Menyempurnakan Pahala

Doa Setelah Salat Fajar, Sunnah Rasul Menyempurnakan Pahala

Doa setelah salat fajar ternyata masih menjadi pertanyaan besar. Salat fajar atau yang sering kita sebut dengan salat qobliyah subuh merupakan salat sunnah yang dilaksanakan sebelum kita memulai salat subuh.

Kita sebagai umat muslim bukan hanya mempunyai kewajiban untuk menunaikan ibadah salat wajib saja, meskipun hal itu memang paling utama.

Tetapi kita juga dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah. Sebagaimana hukum dari sunnah itu sendiri, apabila kita mampu untuk melaksanakannya, Allah akan memberi balasan berupa pahala. Tapi jika kita tidak melaksanakan salat sunnah tersebut, kita tidak akan mendapatkan dosa.

Sudah pernahkah Anda melaksanakan salat sunnah ini? Apakah setelah salat tersebut Anda berdoa, menggunakan waktu untuk hal lainnya, atau malah ngobrol dengan jamaah salat lainnya?

Sebenarnya kita bisa melakukan amalan sunnah ini di rumah, masjid, atau juga mushola. Tetapi bagi kaum laki-laki, alangkah lebih baiknya jika melaksanakan salat ini di masjid.

baca juga: Doa Saat Hujan Angin, Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Amalkan Doa Setelah Salat Fajar

Perlu Anda ketahui, hadis riwayat Muslim menjelaskan bahwa dua rakaat salat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan semua isinya.

Jadi, dengan adanya hadis, sudah tidak perlu lagi kita pertanyaan apa yang akan kita dapatkan nantinya setelah melakukan amalan sunnah tersebut.

Bukankah semasa hidup, kita hanya bertugas melakukan kebaikan secara terus-menerus untuk mengumpulkan pahala? Jika kita melakukan amalan sunnah salat fajar tersebut, dengan niat yang ikhlas Allah akan memberikan kita pahala.

Mengenai bagaimana cara melakukan salat sunnah tersebut, sama soalnya dengan kita yang akan menjalankan salat fardhu. Perbedaan yang mencolok terletak di bagaimana niat dan waktu pengerjaannya.

Selain harus melaksanakan salat sunnah, dalam amalan ini juga terdapat rangkaian dzikir setelah salat. Hal tersebut alangkah lebih baiknya juga kita lakukan saat menunggu jeda fajar dan salat subuh.

Tapi, bagaimana bacaan doa setelah salat fajar? Salat itu memang di dalamnya terdiri dari doa. Namun, beberapa salat juga mempunyai doa tersendiri yang hendak kita lafadzkan. Seperti halnya dengan salat sunnah fajar ini. Sudah tahukah Anda bagaimana lafadz doanya?

baca juga: Cara Mengirim Doa untuk Almarhum, Kewajiban dalam Islam

Lafadz Doa Qobliyah Subuh

Sebelum kita melafalkan atau membaca doa setelah salat fajar, hendaknya kita juga membaca dzikir pagi terlebih dahulu.

Biasanya rangkaian dzikir pagi itu ada ayat kursi, surat An-Nass, Al-Falaq, Al-Ikhlas sebanyak 3x, tasbih, tahmid, sholawat nabi, dan lainnya.

Setelah itu, kita juga bisa melanjutkan dengan membaca doa khusus tersebut. Untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana, simak penjelasannya berikut ini.

“Allahumma robbi jibriila wa israafiula wa mikaiila wa muhammadi annabii a’udzubika minannaar”.

Artinya adalah “Wahai Allah, Tuhan dari malaikat Jibril, Isrofil, Mikail, dan Nabi Muhammad. Aku berlindung kepada-Mu dari api neraka”.

Biasanya Nabi Muhammad SAW membaca doa setelah salat fajar dengan posisi duduk. Hal ini dilakukan setelah Rasul melakukan salat fajar sebanyak 3 kali.

baca juga: Doa Turun Hujan, Berikut Lafal dan Artinya yang Mudah Dihafalkan

Keutamaan Salat Sunnah

Apa saja keutamaan salat sunnah qobliyah ini? Mengapa kita harus melakukannya dan apa yang akan kita dapatkan? Perlu Anda ketahui juga bahwa salat itu terdiri dari bacaan-bacaan doa.

Seperti halnya doa setelah salat fajar. Bukankah dalam doa tersebut kita juga meminta perlindungan hanya kepada Allah untuk dijauhkan dari siksa neraka?

Itulah salah satu manfaat yang akan kita dapatkan apabila mampu melaksanakan sunnah tersebut dengan rasa ikhlas, selalu mengharap rida Allah, serta rutin.

Seperti halnya penjelasan dari hadis riwayat Muslim, salat fajar merupakan amalan yang lebih baik daripada dunia seisinya. Berapa luas dunia yang kita tempati? Ada berapa banyak pulau?

Ada berapa banyak gedung, rumah mewah yang bisa kita jual? Bukankah semua itu merupakan keuntungan dunia? Tapi salat qobliyah lebih baik dari semua itu.

Tidak cukup itu saja yang membuat kita harus melaksanakan salat fajar, melainkan kita juga akan mendapatkan pahala yang nantinya berdampak kebahagiaan. Allah akan membangunkan surga untuk kita.

Jadi, untuk mendapatkan semua hal atau keuntungan dalam kehidupan kita, hendaknya melaksanakan amalan sunnah yang salah satunya adalah doa setelah salat fajar. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -