Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita CiamisDPUPRP: Jalan Kabupaten Ciamis yang Rusak Mencapai 80 Kilometer

DPUPRP: Jalan Kabupaten Ciamis yang Rusak Mencapai 80 Kilometer

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Dari total 846 kilometer jalan berstatus jalan kabupaten di Ciamis, Jawa Barat, 80 kilometer di antaranya rusak dan memerlukan perbaikan pada tahun 2022 mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, Andang Firman, Selasa (7/11/2021).

“Khusus jalan kita terus ada perbaikan tiap tahun anggaran. Supaya jalan yang rusak dan merupakan jalan kabupaten Ciamis bisa diperbaiki dengan baik menggunakan aspal hotmix,” ungkap Andang.

Menurut Andang, selain perbaikan jalan, pihaknya juga melakukan pemeliharaan jalan, hal tersebut dilakukan agar ketika ada kerusakan bisa dengan segera tertangani dan kondisi jalan bisa bertahan lama.

Baca Juga: Diperbaiki Warga, Jalan Cinyasag-Panawangan Ciamis Tak Kebagian Banprov

Selain itu kata dia, untuk jalan rusak berat seperti jalan perbatasan dan statusnya merupakan jalan kabupaten Ciamis, pihaknya mengupayakan perbaikan sebaik mungkin dengan menyesuaikan anggaran.

“Saat ini sudah banyak ruas jalan kabupaten baik yang berbatasan langsung dengan kabupaten lain maupun jalan di wilayah perbatasan tiap kecamatan kondisinya sudah baik. Warga masyarakat bisa merasakan manfaat dari perbaikan tersebut,” katanya.

Andang melanjutkan, pihaknya juga sudah menentukan perbaikan jalan di tahun 2022 mendatang. Artinya jalan yang kategorinya rusak dan belum mendapatkan perbaikan bisa mendapatkan giliran.

“Pemeliharaan maupun peningkatan perbaikan jalan, kami upayakan semaksimal mungkin. Agar jalan yang sering dikeluhkan warga masyarakat akibat rusak bisa kita betulkan. Tentunya berdasarkan tingkat kerusakan,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap tahun 2022, semua jalan rusak bisa diperbaiki, baik pengaspalan hotmix maupun pemeliharaan.

“Hal tersebut sangat penting, kalau tidak dipelihara bisa saja kondisi jalan tidak bertahan lama,” katanya.

Agar Tak Cepat Rusak, Pemeliharaan Jalan Kabupaten di Ciamis Ditingkatkan

Bahkan pemeliharaan yang biasanya dilakukan tiga atau enam bulan sekali, saat ini UPTD Jalan diperintahkan melakukan pemeliharaan setiap bulan. Pemeliharaan tersebut dilakukan sesuai dengan tingkat kerusakan.

Andang menambahkan, apabila anggaran tahun 2022 selesai dan status jalan kabupaten semuanya beres, maka anggaran bisa dialihkan untuk perbaikan jalan desa. Sehingga nantinya jalan desa juga bisa menggunakan aspal hotmix.

“Mudah-mudahan tahun 2022 semua jalan Kabupaten Ciamis selesai kita perbaiki dan tinggal melakukan pemeliharaan. Anggaran nantinya bisa kita alihkan untuk jalan desa yang perlu perbaikan,” jelasnya. 

Sementara itu, sebelumnya jalan rusak yang berstatus sebagai jalan kabupaten di Ciamis, Jawa Barat banyak dikeluhkan warga. 

Salah satunya dialami oleh warga Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis yang bertahun-tahun melewati jalan rusak. 

Warga kemudian berinisiatif untuk memperbaiki jalan rusak dengan swadaya. Penelusuran HR Online ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, ternyata jalan tersebut tidak kebagian dana Banprov Jabar. (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -