Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Karburator Banjir, Cara Mengatasi Hingga Pengaruhnya

Efek Karburator Banjir, Cara Mengatasi Hingga Pengaruhnya

Efek karburator banjir bisa membahayakan para pengendara. Bahkan salah satunya motor akan mati dengan sendirinya. Masalah yang muncul pada kendaraan sepeda motor tentu bisa saja terjadi kapan dan di mana saja.

Hal ini bisa terjadi pada semua komponen yang bersangkutan dengan kinerja kendaraan. Apalagi jika pemilik sepeda motor tidak mau melakukan perawatan secara berkala.

Tentu tidak semua komponen bisa bekerja secara optimal. Setiap komponen sepeda motor memiliki usia pemakaian atau perlu perawatan yang tepat.

Untuk menghindari munculnya masalah, ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan secara rutin. Salah satu yang bisa Anda lakukan yaitu perawatan semua komponen. Terutama yang cukup vital.

Karburator banjir bisa menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan. Jika tidak segera Anda atasi, tentu banyak masalah yang bisa muncul.

Efek dari masalah ini pun cukup berimbas parah pada performa kendaraan. Mengingat karburator menjadi komponen yang memiliki peran penting.

Jika kondisinya tidak normal membuat Anda kesulitan untuk menggunakannya. Sayangnya, efek karburator banjir bukan hanya itu saja. Masih banyak efek buruk dari kondisi ini.

Baca Juga : Penyebab Rantai Motor Sering Lepas, Salah Satunya karena Kendur

Karena itu, sebaiknya Anda cek kondisinya secara berkala. Jika timbul masalah seperti ini segeralah untuk mengatasinya.

Kenali Efek Karburator Sepeda Motor Banjir

Ketika kendaraan Anda sedang mengalami masalah, pastikan bisa segera mengatasinya. Apalagi jika masalah tersebut adalah karburator banjir. Pastikan segera mengatasinya agar tidak menimbulkan masalah baru.

Ada beberapa efek yang bisa ditimbulkan dari masalah ini. Salah satu efek yang akan terjadi yaitu sepeda motor tidak bisa menyala. Hal ini dikarenakan bensin yang masuk pada ruang bakar justru berlebihan.

Apalagi jika Anda tetap memaksakan untuk menyalakannya. Tentu kendaraan akan mati. Hal ini terjadi karena banyaknya bensin yang mengalir pada ruang bahan bakar. Sehingga busi akan kesulitan untuk membakarnya.

Jika masalah ini Anda alami, alangkah sebaiknya segera cari solusi. Apalagi jika sepeda motor Anda akan segera digunakan untuk kepentingan mendadak. Hal ini membuat Anda merasa jengkel karena sepeda motor tidak bisa dinyalakan.

Baca Juga : Ciri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Salah satu efek karburator banjir yaitu kendaraan tidak bisa hidup. Hal ini karena banyaknya bahan bakar yang mengalir sehingga membuat busi tidak bisa mematik pengapian.

Ketika masalah ini Anda alami, cara aman untuk mengatasinya yaitu menguras karbunya. Hal ini membuat Anda bisa menyalakan kembali sepeda motor.

Karbu perlu Anda kuras, dengan catatan Anda tahu apa penyebab karbu banjir. Kondisi ini juga akan membuat bahan bakar semakin boros.

Efek karburator banjir ini akan cukup terasa ketika Anda mengendarai motor. Bahkan jika bensin keluar terlalu berlebih membuat kendaraan mudah terbakar.

Tetesan bensin itulah yang memicu adanya masalah. Salah satu kendaraan yang banyak mengalami hal ini yaitu pada sepeda motor tua.

Untuk itu, bagi Anda yang memiliki motor tua, ada baiknya jika selalu cek kondisi karbu. Sebab motor tua akan lebih rawan terjadi karburator banjir.

Baca Juga : Penyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Berpengaruh pada Pembakaran Mesin

Efek karburator banjir juga akan mengakibatkan pengaruh pada kinerja mesin. Sehingga pengecekan rutin tentu membuat masalah ini akan semakin kecil Anda hadapi. Jika Anda biarkan saja, bensin akan terus-menerus keluar.

Bensin pun hanya akan terbuang sia-sia. Mengingat karburator memiliki fungsi yang cukup vital pada sistem pembakaran sepeda motor, tentu kondisinya harus baik-baik saja.

Karena alasan inilah, ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan bagaimana karburator dalam kondisi baik. Dengan mengetahui kondisi karburator, risiko munculnya karburator banjir lebih kecil.

Memiliki sepeda motor memang harus pintar dalam melakukan perawatan. Salah satunya yaitu dengan cara melakukan pengecekan komponen secara rutin, termasuk karburator.

Sebaiknya Anda selalu cek kondisinya sebelum menggunakan sepeda motor. Sehingga tidak akan berakibat fatal ketika motor Anda kendarai, termasuk efek karburator banjir.

Risiko timbulnya banyak masalah akan terhindari dengan aman dan mudah. Dengan Anda pahami efek karburator banjir, harapannya Anda bisa lebih peduli dengan kendaraan. Berkendara pun bisa aman dan nyaman. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -