Selasa, Mei 24, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Samping Obat Pencahar, Jangan Sampai Berlebihan

Efek Samping Obat Pencahar, Jangan Sampai Berlebihan

Selain manfaatnya, efek samping obat pencahar sebaiknya juga perlu Anda waspadai. Terlebih jika menggunakan obat berbahan kimia yang bisa berdampak buruk bagi tubuh. Karena itu batasi penggunaannya lantaran dampaknya bisa berbahaya.

Sembelit atau konstipasi, menurut Wikipedia, merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Gangguan ini berupa mengerasnya feses sehingga mengalami kesulitan saat akan mengeluarkannya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sembelit ini. Seperti tubuh mengalami dehidrasi, pola makan tidak sehat, panas dalam, stress, hingga karena adanya gangguan pada bagian usus.

Gangguan ini termasuk umum terjadi pada semua usia dan kalangan. Kondisi tersebut juga akan menyebabkan rasa tidak nyaman, khususnya pada bagian perut. Karena itulah banyak orang yang mencoba mengatasi dengan minum obat pencahar.

Ketika Anda mengalami sembelit atau masalah pada proses BAB atau buang air besar, maka banyak cara yang biasanya kerap kita gunakan untuk membantu melancarkannya.

Salah satunya adalah penggunaan obat pencahar. Penggunaan obat secara terus menerus atau terlalu sering tentu saja bisa memberikan berbagai macam efek samping obat pencahar pada tubuh anda.

Mulai dari perut kembung hingga memicu infeksi saluran pencernaan. Saat ini ada banyak jenis obat pencahar yang tersedia di pasaran.

Baca Juga : Perut Terasa Penuh, Ternyata Ini Penyebab dan Gejalanya

Baik yang terbuat dari bahan herbal alami hingga buatan pabrik dengan bahan kimia. Obat pencahar termasuk obat bebas yang tidak perlu menggunakan resep dokter.

Dari berbagai jenis produk yang ada, tak sedikit pula yang menawarkan khasiat ampuh dalam mengatasi gangguan BAB.

Bahkan ada pula yang mengklaim manfaatnya juga baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Kenali Efek Samping Obat Pencahar

Untuk mengatasi sembelit atau gangguan BAB banyak cara yang bisa kita lakukan. Seperti dengan mengonsumsi makanan berserat, minum jamu, hingga mengonsumsi obat pencahar yang banyak tersedia di apotik,

Nah, bagi Anda yang kerap menggunakan obat pencahar, perlu mengetahui apa saja efek samping obat pencahar terhadap kesehatan tubuh anda. Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kram Pada Perut

Salah satu dampak yang umum terjadi adalah timbulnya kram pada bagian perut. Kram pada perut ini bisa terjadi sebagai reaksi obat yang sedang berjalan.

Baca Juga : Manfaat Asam Jawa yang Ampuh Atasi Asma dan Melancarkan Darah

Tandanya seperti adanya kontraksi pada dinding perut yang akan membuat feses akan bergerak lancar ke bagian rektum dan dinding. Tak jarang kram terasa melilit yang sangat menyakitkan.

Baca Juga :

Sehingga nantinya, anda akan merasakan reaksi kram yang sangat berlebihan pada bagian perut ketika obat sudah bereaksi.

Kram pada bagian perut ini sendiri bisa anda rasakan pada bagian saluran pencernaan bagian bawah.

Perdarahan Anus

Penggunaan secara berlebihan juga akan memberikan efek samping obat pencahar berupa diare. Diare yang berlangsung terus menerus akan memicu terjadinya perdarahan pada bagian anus.

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya iritasi pada lapisan dinding rektum ketika obat bekerja. Sehingga perdarahan anus pun tidak bisa terhindarkan. Jika ini terjadi sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Reaksi pada lapisan dinding rektum ini terjadi karena organ pencernaan sedang bekerja melembutkan feses yang mengeras. Hal ini karena adanya campuran obat pencahar tersebut.

Baca Juga : Penyebab Kekurangan Kalium dan Dampaknya yang Bisa Berbahaya

Perut Kembung

Perut yang kembung ini sendiri bisa terjadi karena adanya penggunaan obat pencahar. Ketika obat sudah kita konsumsi, akan menyebabkan kerja otot dan saluran pencernaan akan lebih cepat berkontraksi.

Kembung yang terjadi akan reda seiring dengan meredanya sembelit yang anda rasakan. Kembung pada bagian perut ini biasanya anda rasakan ketika obat mulai memberikan reaksi.

Naiknya Gas Perut

Selain itu, efek samping obat pencahar juga bisa memicu naiknya gas perut. Reaksi obat akan menyebabkan kandungan dalam gas akan terasa lebih naik dalam perut anda. Hal ini akan membuat Anda ingin selalu buang air besar.

Kondisi tersebut terjadi ketika reaksi obat yang kita konsumsi akan menyebabkan kandungan serat yang ada dalam obat bekerja. Ini juga akan membuat produksi gas yang ada dalam perut menjadi meningkat.

Itulah berbagai efek samping obat pencahar yang sebaiknya Anda waspadai. Karena itu, penting mengonsumsi obat pencahar yang sesuai anjuran pemakaian dan jangan sampai berlebihan untuk mencegah dampak negatifnya. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -