Minggu, Juli 3, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Samping Pomade bagi Kesehatan Rambut dan Tubuh

Efek Samping Pomade bagi Kesehatan Rambut dan Tubuh

Efek samping pomade ternyata jauh lebih besar ketimbang manfaatnya. Selain bisa memicu timbulnya ketombe, penggunaan minyak rambut ini juga akan membuat rambut mudah rusak. Terlebih jika Anda menggunakannya terlalu sering.

Bagi para pria, rambut yang styling merupakan salah satu hal yang lumrah. Bahkan gaya rambut pria telah menjadi tren gaya hidup baru yang membuat para pria menjadi semakin stylish.

Istilah pomade untuk menunjuk produk minyak rambut yang banyak dijual. Awalnya pomade terbuat dari minyak buah apel dan bahan alami lainnya.

Namun seiring kemajuan zaman, tak sedikit produk pomade yang terbuat dari bahan kimia. Kabarnya, dengan menggunakan pomade akan membuat penampilan para pria terlihat berbeda dan semakin keren.

Tapi tahukah Anda jika ternyata ada efek samping pomade yang sebaiknya Anda tahu. Pomade sendiri sempat populer pada era 1950-an.

Wabah penggunaan minyak rambut ini kemudian masuk dan merembet menjadi gaya rambut anak muda Indonesia. Namun popularitas minyak rambut ini sempat tenggelam.

Akhir-akhir ini pomade kembali populer dan banyak laki-laki yang menggunakannya. Biasanya dalam urusan penataan rambut, banyak yang menggunakan pomade sebagai bahan untuk membantu menata rambut Anda.

Baca Juga : Efektifkah Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat? Ini Cara Menggunakannya

Dengan pomade ini, Anda akan terasa lebih mudah dalam hal menata rambut dan rambut akan tercium lebih wangi, juga lebih gaya serta terlihat modern.

Berbagai Efek Samping Pomade

Namun tahukah Anda bahwa penggunaan pomade ini sendiri memiliki dampak negatif untuk kesehatan.

Ternyata ada beberapa dampak negatif yang bisa Anda dapatkan ketika Anda menggunakan produk penata rambut ini.

Memang penampilan akan lebih keren dengan rambut yang stylish. Akan tetapi, Anda pun perlu mengetahui apa saja dampak negatif yang timbul dari efek penggunaan pomade ini.

Dampak negatif yang timbul akibat penggunaan pomade ini terutama karena efek penggunaan yang terlalu lama, dan juga dalam jangka panjang.

Maka dari itu, agar tidak berpengaruh pada kesehatan rambut dan tubuh Anda, gunakanlah secara bijak dan tidak berlebihan.

Nah, jika Anda penasaran apa saja dampak negatif yang bisa timbul oleh penggunaan pomade yang bisa muncul pada tubuh Anda, berikut ini adalah beberapa efek samping pomade yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga : Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Gigi, Sariawan Hingga Atasi Insomnia

Munculnya Jerawat

Ketika menggunakan pomade rambut akan menjadi lebih berminyak. Minyak yang timbul akan melekat pada rambut. Selain itu, minyak ini akan terserap dan juga menyebar ke area wajah.

Dampaknya wajah akan lebih mudah berjerawat. Hal ini terjadi jika kondisi cuaca dan rambut dalam keadaan panas serta berkeringat. Pomade ini memang dasarnya terbuat dari beberapa campuran minyak.

Rambut Berketombe

Selain itu, risiko rambut yang gatal dan juga berketombe pun bisa Anda rasakan jika Anda menggunakan pomade secara berlebihan.

Beberapa jenis kulit kepala hingga rambut yang sensitif akan membuat Anda merasakan gatal. Kondisi ini bisa memicu terjadinya ketombe jika menggunakan pomade secara berlebihan dan dalam waktu jangka panjang.

Rambut Rontok

Selain itu, efek samping pomade ternyata jauh lebih berbahaya daripada menggunakan gel rambut biasa. Dampak negatif ini sendiri akan menyebabkan rambut menjadi mudah rontok.

Baca Juga : Penyebab Jerawat di Kulit Kepala, Bisa Bikin Rambut Rontok

Hal ini karena penggunaan pomade akan membuat akar rambut berubah menjadi sedikit lebih lemah. Hal ini karena merupakan dampak negatif dari zat kimia yang terkandung dalam minyak rambut ini.

Warna Rambut Menjadi Mati

Efek samping pomade tentunya juga akan berdampak pada rambut, khususnya dampak pada warnanya. Umumnya, warna rambut alami orang Indonesia ini sendiri adalah warna hitam.

Penggunaan pomade dalam jangka waktu lama akan membunuh pigmen alami warna hitam yang ada pada rambut Anda. Hal ini akan membuat warna rambut menjadi buram atau mati, dan tidak terlihat hitam alami.

Kepala Pusing

Pomade terbuat dari berbagai macam campuran bahan-bahan kimia. Selain bisa menyebabkan kerontokan, pomade ini sendiri juga akan memberikan efek ke bagian kepala. Sehingga nantinya akan memicu timbulnya pusing kepala.

Hal ini karena adanya tekanan yang kuat pada efek yang berasal dari pomade. Terlebih jika Anda menggunakan pomade berjenis hold.

Itulah berbagai dampak negatif maupun efek samping pomade bagi kesehatan rambut dan tubuh yang sebaiknya Anda waspadai.

Dampak buruk ini timbul terutama karena penggunaan yang terlalu sering dan berlebihan, sehingga Anda harus membatasi penggunaannya. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -