Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita Banjar167 Eselon IV Pemkot Banjar Berganti Jadi Pejabat Fungsional

167 Eselon IV Pemkot Banjar Berganti Jadi Pejabat Fungsional

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 167 pejabat Eselon IV di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemkot) Banjar, Jawa Barat, dilantik dan dikukuhkan menjadi pejabat fungsional, di Gedung Banjar Convention Hall, Pamongkoran, Jumat (31/12/2021).

Penghapusan pejabat Eselon IV yang mulai tahun depan tersebut, sebagai penyesuaian Permenpan RB Nomor 17/2021, tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke Dalam Jabatan Fungsional.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pemkot Banjar, Kaswad mengatakan, pejabat Eselon IV di Pemkot Banjar ada dari 300 lebih. Namun, hanya 167 pejabat yang dilakukan penyetaraan jabatan fungsional.

Sedangkan sisanya masih tetap menjadi tenaga administrator. Sehingga, tidak dilakukan  penyetaraan, karena sesuai Permenpan RB untuk satuan kerja berbasis kewilayahan. 

“Pejabat Eselon IV yang masih tetap jadi tenaga administrator seperti camat, lurah dan UPTD pada dinas tertentu,” kata H. Kaswad kepada wartawan usai pelantikan.

Pemkot Banjar Juga Kukuhkan Selain Pejabat Fungsional

Selain Eselon IV yang beralih menjadi pejabat fungsional, pada pelantikan ini juga dilakukan pengukuhan sejumlah Eselon II, III, dan eselon IV, serta jabatan kepala sekolah dan puskesmas.

Adapun rinciannya, untuk Eselon II sebanyak 7 orang, Eselon III 51 orang, Eselon IV sebanyak 61 orang. Kemudian, kepala sekolah 2 orang, dan kepala puskesmas 8 orang.

“Sehingga jumlah yang dilakukan pelantikan hari ini ada 296 orang,” terangnya.

Kaswad menjelaskan, pengukuhan tersebut karena terjadi perubahan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) di lingkungan Pemkot Banjar. “Hal itu sebagaimana ketentuan peraturan terbaru,” jelas Kaswad.

Lebih lanjut terkait penyetaraan dari jabatan Eselon IV menjadi fungsional tersebut, apakah akan berpengaruh pada tunjangan? Kaswad menjelaskan, bahwa sementara ini tidak berpengaruh.

Karena menurutnya, pada saat beralih ke fungsional, tunjangan yang didapat masih sama dengan tunjangan yang diterima saat menjabat Eselon IV.

“Untuk tunjangan Eselon IV yang sekarang menjadi fungsional itu masih sama, seperti waktu menjabat struktural Eselon IV,” jelasnya.

Harapan Wali Kota Banjar

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Wali Kota Banjar, Ade Uu Sukaesih mengatakan, agar para pejabat yang telah dilantik bisa menyesuaikan diri dengan jabatannya.

Selain itu, ia juga berharap agar para pegawai meningkatkan etos kerja, serta bekerja dengan penuh dedikasi untuk kemajuan Kota Banjar.

“Saya harap nantinya dapat melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, meningkatkan etos kerja dan dedikasi untuk kemajuan Kota Banjar,” katanya. (Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)