Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita CiamisFestival Penyanyi 3 Warna, Upaya Promosikan Pariwisata Ciamis

Festival Penyanyi 3 Warna, Upaya Promosikan Pariwisata Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Festival Penyanyi 3 Warna digelar Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berlangsung di Plaza Kuliner Tourist Informasi Center (TIC) Ciamis, dan diikuti sebanyak 70 peserta.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Ciamis, serta menghidupkan kembali ekonomi masyarakat sekitar TIC.

Kepala BP2D Kabupaten Ciamis, Endang mengatakan, banyak peserta dari berbagai daerah yang mengikuti Festival Penyanyi 3 Warna ini. Dalam festival ini, pihak panitia juga membagi dua kategori, yakni dewasa dan remaja.

“Kebetulan untuk jumlah peserta kita batasi 70 orang. Penyelenggaraan festival ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan,” katanya, Kamis (16/12/2021).

Endang menjelaskan, para peserta menyanyikan tiga genre musik, yakni Sunda, pop dan dangdut. Nantinya juri akan menilai dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

Baca Juga : Herdiat Minta BP2D Optimalkan Potensi Pariwisata Ciamis

“Kompetisi ini memang sangat berbeda, yang mana para peserta harus membawakan tiga genre musik agar bisa mendapatkan juara umum,” kata Endang.

Menurutnya, banyak manfaat dari kompetisi ini. Orang dari luar daerah akan lebih mengenal pariwisata Ciamis. Karena dalam setiap kesempatan, pihak panitia menginformasikan mengenai objek-objek wisata yang berada di Kabupaten Ciamis.

“Selain dari sisi promosi wisata, setidaknya kita menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar TIC Ciamis. Karena para peserta selalu membeli jajanan UMKM yang berjualan sekitar lokasi kegiatan,” ujarnya.

Endang berharap kegiatan ini bisa terus terlaksana setiap tahunnya, agar lebih mengenalkan kembali pariwisata Kabupaten Ciamis. (Fahmi/R3/HR-Online/Editor-Eva)